Sukses

Beauty

4 Cara Mudah Merawat Acne Prone Skin Agar Terbebas dari Jerawat yang Mengganggu

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit wajah dengan permasalahan seperti acne prone pada dasarnya memang memerlukan perawatan yang khusus dan rutinitas yang tepat. Sebab, jenis kulit seperti ini biasanya sangat rentan mengalami komedo, jerawat, hingga kemerahan. Nah, umumnya kondisi ini dapat diderita oleh orang-orang pemilik kulit berminyak. Akan tetapi, orang-orang dengan kulit kering pun juga bisa lho mengalami acne prone. 

Jika kamu juga merasakan hal serupa seperti ini, cobalah untuk lebih memperhatikan langkah-langkah perawatan kulit wajah dalam sehari-harinya. Bila bingung, kamu dapat mengintip tips mudah merawat acne prone skin berikut ini agar kulit tetap sehat dan masalah jerawat dapat dikendalikan. Apa saja itu?

1. Gunakan Pembersih Wajah yang Lembut

Memilih pembersih wajah yang tepat adalah langkah pertama yang penting dalam merawat kulit berjerawat. Gunakan pembersih yang dirancang khusus untuk kulit berjerawat dan bebas dari bahan-bahan yang keras. Pembersih wajah yang lembut dapat membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan bakteri tanpa menyebabkan iritasi. Selain itu, pilih juga produk yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide, yang dikenal efektif dalam mengobati jerawat.

2. Gunakan Toner Bebas Alkohol

Toner dapat membantu menyeimbangkan pH kulit dan mengangkat sisa-sisa kotoran yang mungkin tertinggal setelah mencuci wajah. Namun, pastikan memilih toner yang bebas alkohol untuk menghindari iritasi dan kulit kering. Toner yang mengandung bahan-bahan seperti witch hazel atau tea tree oil bisa kamu pilih untuk dapat membantu mengurangi peradangan dan minyak berlebih pada kulit.

3. Gunakan Moisturizer Non-Comedogenic

Kulit berjerawat tetap membutuhkan kelembapan untuk menjaga kesehatan dan elastisitasnya. Untuk itu, pilih moisturizer yang non-komedogenik agar pori-pori di kulit wajahmu nggak tersumbat. Produk dengan tekstur ringan dan bebas minyak adalah pilihan yang baik untuk kulit berjerawat. Selain itu, kamu pun juga bisa memilih moisturizer dengan bahan seperti hyaluronic acid atau gel lidah buaya dapat memberikan kelembapan tanpa membuat kulit terasa berat atau berminyak.

4. Hindari Menyentuh Wajah dan Memencet Jerawat

Menyentuh wajah dengan tangan yang kotor dapat memperburuk kondisi jerawat. Selain itu, memencet jerawat dapat menyebabkan iritasi, peradangan, dan bahkan infeksi yang lebih parah. Inilah mengapa, lebih baik biarkan jerawat sembuh dengan sendirinya atau gunakan obat jerawat yang direkomendasikan oleh dokter kulit.

Merawat kulit yang berjerawat sendiri memang memerlukan kesabaran dan konsistensi. Tetapi, dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan memilih produk yang tepat, kamu pasti dapat mengendalikan permasalahan pada acne prone skin dan membuatnya tetap sehat. Selain perawatan topikal, penting juga untuk menjaga pola makan sehat, cukup istirahat, dan mengelola stres, karena faktor-faktor ini juga berperan dalam kesehatan kulitmu. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading