Sukses

Beauty

Jangan Cuma Fokus pada Skincare, Intip Rutinitas Body Care yang Penting untuk Maksimalkan Cantikmu

Fimela.com, Jakarta Rutinitas perawatan wajah mungkin sudah jadi hal yang lumrah untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan glowing. Nggak jarang juga nih kamu rela mengeluarkan uang hingga ratusan ribu rupiah untuk produk skincare wajah yang berkualitas. Tapi, apakah kamu sudah melakukan perawatan tubuh dengan motivasi dan energi yang sama seperti kamu merawat wajah, Sahabat Fimela?

Well, wajah memang jadi bagian tubuh yang pertama kali terlihat ketika berjumpa dengan orang lain. Tapi, memperhatikan perawatan kulit tubuh secara menyeluruh juga nggak kalah penting. Bagian kulit yang lain juga rentan terkena berbagai masalah seperti jerawat di punggung atau dada, sunburn di area lengan dan kaki, masalah kulit kering bersisik, dan masih banyak lagi. Yuk, saatnya terapkan juga rutinitas body care yang tepat untuk sayangi diri seutuhnya sekaligus maksimalkan cantikmu!

Eksfoliasi Kulit Tubuh Secara Rutin

Eksfoliasi bukan hanya rutinitas yang penting untuk wajah. Proses ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk sehingga merangsang pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat, cerah dan lembut.

Jadi, jangan pernah menyepelekan manfaat eksfoliasi kulit tubuh, lho! Kamu bisa memanfaatkan produk scrub dengan butiran lembut yang dapat memaksimalkan rutinitas yang satu ini. Bahkan, beberapa produk juga dikenal memiliki formula untuk menyamarkan selulit.

Eksfoliasi juga bisa dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar, seperti bubuk kopi. Dikenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, scrub kopi bisa mengangkat sel kulit mati yang ada di permukaan kulit dengan lembut yang membuat kulit lebih halus, mengurangi efek kulit bersisik, dan dapat menutrisi dan menjaga kelembapan alaminya.

Lakukan Double Cleansing Saat Mandi

Double cleansing ternyata nggak hanya diperlukan untuk membersihkan wajah saja, lho. Rutinitas ini juga penting untuk merawat tubuh secara menyeluruh. Sama seperti membersihkan wajah, tubuh juga memerlukan perawatan serupa untuk mengangkat kotoran secara lebih menyeluruh.

Langkah pertama adalah mandi dengan sabun yang memiliki formula lembut dan tidak mengikis kelembapan alami pada tubuh. Gunakan sponge dan fokus pada area yang mengalami kondisi kering dan kasar. Setelah selesai dibilas, aplikasikan body wash yang memiliki kandungan busa melimpah agar rutinitas mandi jadi semakin menyenangkan. Cara ini dapat membantu membersihkan sisa kotoran atau residu yang ditinggalkan dari pemakaian produk sebelumnya. Hasilnya adalah kulit yang benar-benar bersih dan cantik alami.

Jaga Kelembapan Tubuh dengan Cara yang Tepat

Setelah mandi, jangan langsung mengeringkan tubuh 100% dengan handuk. Saat kulit dalam kondisi lembap, gunakan body lotion untuk menjaga kelembapannya dengan maksimal. Pastikan kandungan lotion yang kamu pakai memiliki kemampuan untuk mengunci hidrasi alami kulit, misalnya saja shea butter, cocoa butter, atau jojoba oil. Hal ini sangat penting agar kulit tetap terhidrasi dan lembut sepanjang hari.

Selain mengaplikasikan lotion, kamu juga bisa menggunakan produk pelembap lainnya seperti body oil. Produk ini dapat memberikan kelembapan ekstra bagi pemilik kulit kering atau yang mengalami sensasi kulit terasa sangat kering setelah terpapar air panas atau bahan kimia keras yang terkandung dalam deterjen. Gunakan secukupnya agar tidak terasa lengket di kulit.

Gunakan Body Spray untuk Cegah Jerawat Punggung

Jerawat yang muncul di dada atau punggung memang nggak kelihatan, tapi bisa menimbulkan rasa kurang nyaman. Pemilihan body wash yang tepat bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Namun selain itu, kamu juga bisa mulai melakukan perawatan dengan body spray yang memiliki formula untuk mengatasi jerawat punggung.

Hampir sama seperti produk perawatan kulit wajah yang mencegah jerawat, body spray juga biasanya memiliki kandungan salicylic acid yang dikenal sebagai formula tepat untuk mencegah jerawat. Cara pemakaiannya juga mudah tinggal disemprotkan saja secukupnya di area yang rentan berjerawat, seperti punggung atau dada.

Jangan Lupa Gunakan Sunblock

Melindungi kulit tubuh dari risiko paparan radiasi sinar matahari juga nggak kalah penting. Jadi, jangan hanya menggunakan sunscreen untuk wajah saja. Penting juga memperhatikan perlindungan untuk kulit bagian tubuh lainnya dengan produk yang tepat.

Gunakan sunblock minimal 15 menit sebelum keluar rumah dan jangan lupa re-applying produk setiap 2 jam sekali untuk memberikan perlindungan yang maksimal. Pilih sunblock dengan tingkat SPF sesuai kebutuhanmu dan pastikan kandungan formulanya aman dipakai dan tidak menyebabkan kulit kering.

Merawat kulit tubuh sama pentingnya dengan wajah, jadi jangan pernah malas mengaplikasikannya secara rutin dalam kehidupan sehari-hari. Selamat merawat diri, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading