Sukses

Beauty

Ragam Manfaat Penggunaan Bahan Alami dalam Perawatan Rambut Rontok

Fimela.com, Jakarta Penyebab rambut rontok parah pada wanita bisa sangat beragam. Mulai dari penggunaan alat styling rambut yang berlebihan, paparan sinar UV matahari, salah menggunakan produk perawatan, hingga kurangnya nutrisi di dalam tubuh. Sayangnya, nggak banyak yang tahu bahwa faktor-faktor tersebutlah yang menjadi alasan kenapa rambut rontok parah setiap hari. Ini juga sebabnya, kebanyakan dari mereka nggak paham bagaimana cara mengatasi rambut rontok wanita, termasuk ragam manfaat penggunaan bahan alami dalam perawatan rambut rontok.

Namun, dengan mengetahui jawaban dari kenapa rambut rontok parah setiap hari tersebut, kamu pun pastinya akan bisa mengatasi permasalahan yang sangat menyebalkan ini dengan tepat dan seefisien mungkin. Selain tentunya dengan mengubah lifestyle sehari-hari, penting juga mengandalkan tips mengatasi rambut rontok parah secara alami biar hasil perawatan bisa lebih maksimal.

FYI, cara alami ini bukan hanya mampu memberikan khasiat baik bagi kesehatan dan keindahan rambutmu lho, tetapi juga lebih minim risiko sehingga aman dilakukan sehari-hari. Selain itu, berbagai perawatan rambut rontok dengan ragam bahan alami ini bisa dilakukan di rumah, sehingga kamu pun bisa lebih hemat. Mau tahu apa saja manfaat penggunaan bahan alami dalam perawatan rambut rontok? Yuk, langsung simak saja di bawah ini!

1. Aloe Vera

Tips mengatasi rambut rontok parah secara alami yang pertama bisa dilakukan dengan menggunakan aloe vera atau lidah buaya. Sudah bukan rahasia lagi jika bahan alami yang satu ini memiliki banyak khasiat yang luar biasa. Selain daripada penggunaannya sebagai bahan makanan atau minuman, aloe vera pun juga kerap dimanfaatkan dalam industri kesehatan dan juga kecantikan. Salah satunya adalah sebagai cara mengatasi rambut rontok yang jitu.

Manfaat penggunaan bahan alami dalam perawatan rambut rontok yang didapatkan lewat aloe vera juga beragam. Di antaranya untuk meningkatkan sirkulasi udara agar rambut bisa kuat dan nggak gampang rontok, menenangkan kulit kepala, hingga memberikan kelembapan pada rambut yang kering. Selain itu, aloe vera pun dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kulit dan batang rambut dari debu dan polusi jalanan, yang mana merupakan salah satu penyebab rambut rontok parah pada wanita.

Menariknya, cara pakai lidah buaya untuk rambut yang mengalami kerontokan sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan setengah gelas gel aloe vera murni. Setelah itu, oleskan secara merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas hingga bersih. Meskipun sederhana dan praktis, namun cara pakai lidah buaya untuk rambut yang seperti ini dapat memberikan efek soothing dan relaxing pada kulit kepalamu. 

2.  Minyak Kelapa

Umumnya, penyebab rambut rontok parah pada wanita bisa terjadi karena kurangnya kelembapan yang pas. Tapi, kamu nggak perlu khawatir lagi. Sebab, mengatasi rambut rontok wanita yang seperti ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan minyak kelapa. 

Buat yang belum tahu, minyak kelapa sendiri dapat mengatasi rambut rontok parah secara alami berkat kemampuan yang dimilikinya. Yup, salah satu keuntungan memakai minyak kelapa adalah bisa mengembalikan dan sekaligus menjaga kelembapan yang ada pada rambut. Selain itu, bahan alami ini juga mengandung vitamin dan mineral yang bantu menguatkan folikel rambut dan membuatnya menjadi lebih lembut, halus, serta berkilau. 

Manfaat penggunaan bahan alami dalam perawatan rambut rontok yang didapatkan melalui minyak kelapa ini tentunya nggak boleh kamu skip begitu saja. Apalagi karena minyak kelapa sendiri merupakan bahan yang mudah didapatkan dan harganya pun relatif murah. Kapan lagi kamu bisa merawat rambut yang rontok dengan bahan alami murah meriah tapi nggak murahan seperti minyak kelapa?

3. Minyak Kemiri

Memanfaatkan bahan alami untuk rambut rontok bisa banget dilakukan dengan minyak kemiri. Di dalam bahan alami ini, terdapat kandungan protein yang bagus untuk membuat rambut lebih kuat. Selain itu, kandungan nutrisi lainnya seperti asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9, serta vitamin E pun mampu merevitalisasi rambut biar bisa tampak bervolume dan nggak lepek.

Cara mengatasi rambut rontok wanita dengan memanfaatkan minyak kemiri memang mampu memberikan khasiat kesehatan yang luar biasa. Apalagi, penggunaan bahan alami ini dapat dilakukan dengan mudah dan nggak perlu sampai mengeluarkan budget yang berlebihan. 

Nah, buat yang ingin merasakan manfaat penggunaan bahan alami dalam perawatan rambut rontok, kamu bisa langsung saja mengoleskan minyak kemiri ke seluruh batang rambut hingga ke kulitnya. Diamkan selama 20-30 menit hingga minyak kemiri meresap dengan sempurna. Jangan lupa lakukan tips ini sebelum keramas, ya.

4. Masker Putih Telur

Manfaat penggunaan bahan alami dalam perawatan rambut rontok bisa juga didapatkan melalui pemakaian putih telur. Meskipun bahan ini memiliki aroma amis, tetapi jangan pernah sekali-kali menyepelekan khasiat ajaibnya buat rambutmu. Dalam mengatasi rambut rontok parah secara alami, putih telur telah dilengkapi dengan ragam kandungan nutrisi baik seperti  sulfur, protein, biotin, zinc, dan kandungan-kandungan lainnya yang nggak kalah berkhasiatnya.

Jika alasan kenapa rambut rontok parah setiap hari karena paparan sinar matahari dan alat styling yang bersuhu panas, maka nggak ada salahnya untuk mencoba masker putih telur sebagai solusinya. Terlebih lagi, bahan ini bukan hanya mampu memulihkan kesehatan rambut yang rontok, tetapi juga bisa mengatasi masalah rambut bercabang, rambut yang kering, hingga mendukung proses pertumbuhan rambut yang baru.

Caranya, kamu bisa mengambil 1 butir telur ayam. Campurkan bagian putih telur dengan 1 sdm minyak zaitun. Setelah itu, aplikasikan hingga ke ujung rambut. Tutup menggunakan shower cap atau handuk dan diamkan selama 20 menit. Jika sudah selesai, jangan lupa keramas hingga bersih dan nggak ada lagi aroma atau sisa telur yang tertinggal.

5. Alpukat

Alpukat bukan hanya enak dikonsumsi tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi rambut rontok yang mujarab. Ya, manfaat penggunaan bahan alami dalam perawatan rambut rontok yang didapatkan dari alpukat memang ada banyak. Sebab, di dalam buah alpukat sendiri terdapat kandungan protein alami yang bagus untuk menjaga kulit kepala dan batang rambut. Selain itu, vitamin E, D, serta antioksidan yang ada di dalamnya pun mampu bikin rambut lebih kuat, lembut, dan bersinar. 

Apabila kamu mengeluhkan masalah kerontokan, maka nggak ada salahnya untuk mencoba bahan alami untuk rambut rontok yang satu ini. Bahan alami untuk rambut rontok ini bisa kamu jadikan sebagai masker rambut yang menyehatkan dan menutrisi. Caranya, cukup hancurkan 1 buah alpukat yang sudah matang. Kemudian campurkan dengan 1 sdm madu murni. Oleskan campuran tersebut ke batang rambut hingga merata dan diamkan selama beberapa menit. Jika sudah, keramaslah menggunakan sampo yang tepat dengan jenis rambut dan kulit kepalamu.

6. Teh Hijau

Suka dengan teh hijau? Jika iya, maka kamu wajib tahu bahwa bahan ini bukan hanya bisa untuk diminum tetapi juga sebagai solusi untuk mengatasi rambut rontok parah secara alami. Yup, teh hijau punya banyak banget khasiat yang bisa diandalkan sebagai obat rambut rontok paling ampuh. Sebab, di dalam bahan ini terdapat sejumlah nutrisi baik, seperti antioksidan dan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dipercaya mampu memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan, serta bantu merangsang pertumbuhan rambut yang baru.

Mengatasi rambut rontok wanita menggunakan teh hijau juga terbilang gampang. Kamu hanya perlu menyeduh 2 sdm teh hijau kering. Setelah itu, air seduhannya tersebut bisa kamu buat untuk membilas rambut sebelum keramas. Cara lainnya, kamu dapat langsung meminum air seduhan bahan alami untuk rambut rontok ini. Tapi ingat, jangan tambahkan gula ataupun creamer, ya.

7. Buah Bit

Jika penyebab rambut rontok parah pada wanita adalah karena penyumbatan sirkulasi darah ke kulit kepala dan rambut, maka buah bit ini bisa menjadi solusi ampuh yang bisa kamu coba. Cara mengatasi rambut rontok menggunakan buah bit sendiri dikatakan efektif karena sejumlah khasiat yang tersimpan di dalamnya. Mulai dari vitamin C dan B6, folat, mangan, betaine, dan kalium, semua nutrisi ini dipercaya dapat melancarkan sirkulasi dari, sehingga rambut bisa lebih kuat dan agar rambut nggak rontok.

8. Akar Licorice

Tips mengatasi rambut rontok parah secara alami berikutnya bisa dilakukan dengan mengandalkan khasiat dari akar licorice. Obat rambut rontok paling ampuh ini nyatanya mampu membantu menenangkan kulit kepala dan meningkatkan kesehatan rambut serta kulit kepala. Semua ini bisa terjadi tentunya berkat ragam kebaikan yang ada di dalamnya, seperti antioksidan dan zat antiinflamasi. 

Mengatasi rambut rontok wanita menggunakan akar licorice juga cukup mudah. Kamu hanya perlu membuat pasta dengan mencampurkan 1 sdm akar licorice bubuk, ¼ sdt kunyit bubuk, dan 1 cangkir susu putih hangat. Setelah itu, oleskan ke kulit kepala dan batang rambut hingga rata dan diamkan selama kurang lebih 2 jam sebelum kamu keramas. Lakukan tips ini 2 kali seminggu agar rambut nggak rontok, sehat, dan halus.

9. Konsumsi Sayur Bayam

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan mengonsumsi sayur bayam. Bahan ini bisa dikatakan sebagai obat rambut rontok paling ampuh karena nutrisinya yang banyak, misalnya saja seperti tinggi akan zat besi, vitamin A, C, dan protein. Bukan hanya itu saja, sayuran hijau ini pun nyatanya juga mengandung omega-3, magnesium, kalium, dan kalsium, yang mampu membuat rambut lebih berkilau serta sebagai solusi agar rambut nggak rontok dengan mudah. 

10. Makan kacang Kenari

Terakhir, kamu dapat mengonsumsi kacang kenari sebagai cara mengatasi rambut rontok. Siapa yang sangka jika kacang satu ini memiliki biotin, vitamin B (B1, B6 dan B9), vitamin E, protein, dan magnesium, yang mampu memperkuat kutikula rambut dan menyehatkan kulit kepala. 

Selain mengatasi rambut rontok parah secara alami, kacang kenari pun juga dipercaya dapat memulihkan kerusakan lainnya pada rambut akibat paparan sinar UV matahari yang berbahaya. Itulah mengapa, agar rambut nggak rontok dan sehat terus, cobalah untuk makan kacang kenari dengan cukup dan nggak berlebihan. 

Well, itu tadi sejumlah ragam manfaat dari bahan alami dalam perawatan rambut rontok. Selamat mencoba dan semoga rambutmu sehat selalu, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading