Sukses

Beauty

Formula Hero untuk Lawan Jerawat, Kandungan Skincare Apa Saja yang Bisa Digunakan bersama Salicylic Acid?

Fimela.com, Jakarta Bagi yang memiliki masalah kulit berminyak dan berjerawat, melakukan perawatan yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatannya dan mencegah kondisi jerawat semakin parah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memilih skincare yang tepat, misalnya yang memiliki kandungan salicylic acid.

Bukan rahasia lagi, kandungan yang satu ini dikenal sebagai formula hero yang dapat mengatasi jerawat dengan efektif. Dilansir dari situs kesehatan Alodokter, salicylic acid dikena untuk mengobati jerawat dan menyamarkan bekasnya yang membandel. Bahan yang satu ini juga dapat membersihkan komedo dan pori-pori kulit.

Namun, pemakaian skincare dengan kandungan tersebut harus dilakukan dengan hati-hati memperhatikan kandungan skincare pendamping lainnya agar tidak menimbulkan masalah kulit kering dan mengelupas. Jadi, apa saja sih bahan skincare lain yang aman dikombinasikan dengan salicylic acid?

A Dynamic Duo: Salicylic Acid & Niacinamide

Kombinasi pertama yang bisa memberikan hasil mengagumkan adalah Salicylic Acid dan Niacinamide. Keduanya sangat cocok buat kamu yang ingin mengurangi masalah minyak berlebih sekaligus meningkatkan level hidrasi kulit dengan maksimal.

Baik Salicylic Acid maupun Niacinamide bekerja untuk mengendalikan minyak berlebih, mengecilkan pori-pori, serta membersihkan masalah pori-pori yang tersumbat. Namun jika masih pemula, disarankan untuk mengaplikasikan kombinasi ini dengan level konsentrasi terendah dulu agar kulit bisa melakukan proses adaptasi. Jika tidak ada reaksi alergi, kamu bisa mengaplikasikannya untuk skincare routine pagi dan malam secara teratur.

Perfect Pairing: Salicylic Acid & Hyaluronic Acid

Memang perlu berhat-hati jika menggunakan kombinasi 2 ingredients berjenis acid supaya tidak menimbulkan iritasi. Nah, salah satu kombinasi yang direkomendasikan untuk merawat wajah berjerawat adalah Salicylic Acid dan Hyaluronic Acid. Keduanya bisa jadi formula ampuh bagi kamu yang ingin meningkatkan level kelembapan kulit secara alami.

Hyaluronic acid dikenal sebagai kandungan skincare yang dapat menjaga kulit agar lebih kencang dan kenyal, sehingga membua wajah tampak lebih sehat. Penggunaan formula ini juga dapat menyeimbangkan efek pemakaian salicylic acid yang dapat membuat kulit kering dan mengelupas.

Atasi Hiperpigmentasi: Salicylic Acid & Alpha Arbutin

Punya masalah bekas jerawat atau kondisi hiperpigmentasi lainnya yang jadi concern perawatan kulit selama ini? Well, kamu bisa menggunakan kombinasi Salicylic Acid dan Alpha Arbutin dalam rutinitas perawatan wajah.

For your information, Alpha Arbutin sendiri adalah jenis hydroquinone yang lebih stabil dan dikenal dengan efeknya yang lebih minim iritasi. Keduanya bisa jadi kombinasi super untuk merawat kulit, namun penggunaannya tetap perlu perhatian lebih seperti minimalisir paparan langsung terhadap sinar matahari. Misalnya, dengan bergantian menggunakannya untuk skincare pagi dan malam.

Tingkatkan Elastisitas Kulit: Salicylic Acid dan Vitamin C

Satu lagi nih kandungan skincare yang bisa memberikan manfaat super ketika dikombinasikan dengan Salicylic Acic, yaitu Vitamin C. Keduanya dapat membantu mengatasi produksi minyak berlebih, membersihkan pori-pori yang tersumbat, meratakan warna kulit, hingga memperbaiki elastisitas dan kekenyalan kulit.

Namun, pilih kandungan vitamin C yang memberikan efek paling minim iritasi, misalnya saja Ascorbic Acid. Bahan ini merupakan bentuk vitamin C paling murni yang lebih lembut pada kulit. Namun, keduanya dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari sehingga sebaiknya digunakan secara bergantian pada pagi dan malam.

Dengan kombinasi skincare yang tepat, perawatan wajah berjerawat bisa berjalan lebih maksimal yang juga membantu kulit agar tampak lebih sehat dan glowing. Jadi, mana nih kombinasi skincare yang paling cocok dengan kebutuhanmu, Sahabat Fimela?  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading