Sukses

Beauty

Cara Membuat Ramuan Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut rontok parah tentu saja bisa jadi kekhawatiran bagi banyak orang. Bukan hanya mampu bikin rambut berguguran di mana saja dan kapan saja, masalah kerontokan juga berpotensi mengakibatkan kebotakan yang pastinya dapat mengganggu estetika penampilan. Tapi, tahukah kamu bahwa cara mengatasi rambut rontok sendiri bukanlah hal yang sulit. Kamu bisa mencoba ragam cara membuat ramuan alami untuk mengatasi rambut rontok yang dialami.

Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan, kamu dapat membuat produk untuk mengatasi rambut rontok yang berkhasiat dan efektif. Menariknya, berbagai ramuan tersebut juga bisa disesuaikan berdasarkan ragam penyebab rambut rontok itu sendiri. Jadi, buat kamu yang memiliki isu rambut rontok akibat stres, polusi, hingga perawatan yang kurang tepat, cobalah untuk menerapkan cara membuat ramuan alami untuk mengatasi rambut rontok sebagai berikut ini.

Penasaran apa saja cara yang dimaksud? Berikut tips mengatasi rambut rontok parah secara alami!

1. Masker Santan Kelapa

Cara membuat ramuan alami untuk mengatasi rambut rontok yang pertama bisa dilakukan dengan memanfaatkan santan kelapa. Meskipun sering digunakan sebagai bahan masakan, namun siapa sangka jika hasil perasan daging buah kelapa tua ini juga dapat memberikan manfaat baik sebagai cara mengatasi rambut rontok. 

Di dalam santan kelapa sendiri terdapat kandungan zinc, vitamin E, vitamin B6, kalium, serta fosfor yang mampu memperkuat batang rambut dan menjadikannya lebih halus. Bahan alami satu ini juga dipercaya dapat mempertahankan protein pada rambut sehingga rambut bisa terhindar dari efek negatif paparan sinar UV matahari yang merupakan salah satu penyebab rambut rontok. 

Untuk membuat ramuan alami agar rambut tidak rontok, cukup panaskan saja ¼ cangkir santan kelapa ke dalam panci hingga sedikit hangat. Setelah itu, aplikasikan ke seluruh kulit kepala dan pijat perlahan dan lembut selama 15 menit. Jika sudah, tutup rambut menggunakan shower cap dan diamkan selama 45 menit. Terakhir, bilas dan cuci rambut menggunakan sampo yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ulangi cara ini sekali seminggu untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 

2. Ramuan Aloe Vera

Cara membuat ramuan alami untuk mengatasi rambut rontok berikutnya bisa kamu coba dengan menggunakan aloe vera. Ya, bahan alami yang satu ini bisa banget diandalkan untuk menjaga kesehatan rambut serta mengatasi berbagai permasalahanya, termasuk kerontokan. Dengan aneka kandungan berkhasiat seperti vitamin A, D, serta zat besi dan protein, bahan alami ini bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan sebagai produk untuk mengatasi rambut rontok.

Bukan hanya itu, aloe vera juga dianggap mampu menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit kepala dan mengurangi efek negatif sinar UV matahari yang merupakan salah satu penyebab rambut rontok. Nah, agar rambut tidak rontok, kamu bisa lho mencoba membuat ramuan aloe vera ini di rumah.

Caranya, campurkan setengah cangkir gel aloe vera dengan minyak rosemary secukupnya. Usapkan pada kulit kepala dan rambut hingga merata. Kemudian bungkus rambut dengan shower cap dan diamkan semalaman. Di pagi harinya, kamu bisa mencuci rambut dengan sampo dan bilas hingga nggak ada lagi sisa-sisa ramuan atau busa sampo yang menempel. Lakukan cara ini seminggu sekali untuk dapatkan bikin rambut kuat dan nggak gampang rontok, ya.

3. Campuran Plain Yogurt, Minyak Kelapa, dan Madu

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya bisa kamu coba dengan mencampurkan yogurt, minyak kelapa, dan madu. Dalam merawat dan memelihara rambut agar tetap sehat, yogurt memiliki banyak khasiat yang mungkin saja belum kamu ketahui. Ya, di dalam bahan ini terdapat kandungan kalsium, kalium, protein, dan vitamin D yang bisa menutrisi serta menguatkan rambut dari akarnya. 

Di sisi lain, minyak kelapa juga nggak kalah berkhasiatnya. Bahan alami satu ini memiliki kandungan asam laurat yang mampu memperbaiki kerusakan rambut dan mencegah kehilangan lebih banyak protein. Minyak kelapa pun juga dapat memberikan kelembapan dan dipercaya sebagai salah satu solusi agar rambut tidak rontok dengan mudah. 

Sama pentingnya, madu pun memiliki kebaikan yang nggak boleh kamu anggap remeh. Sedari dulu, bahan alami ini telah dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Hal ini bahkan dibuktikan sendiri oleh sejumlah penelitian yang menyebutkan bahwa di dalam madu terdapat berbagai macam nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, antioksidan dan enzim. Beragam kandungan tersebut tentunya berperan penting untuk mengatasi ragam kerusakan rambut, termasuk pula kerontokan. 

Buat kamu yang ingin mencoba cara membuat ramuan alami untuk mengatasi rambut rontok ini, cukup campurkan 2 sdm yogurt, 1 sdm minyak kelapa, dan ½ sdm madu asli. Setelah itu, oleskan secara merata ke rambut dan juga kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian keramas menggunakan sampo yang tepat dan jangan lupa dibilas hingga bersih sempurna.  

4. Masker Minyak Zaitun  

Nggak perlu mahal-mahal untuk melakukan perawatan ke salon, sebab kamu bisa mengatasi rambut rontok parah secara alami dengan menggunakan minyak zaitun. Perlu kamu ketahui bahwa manfaat minyak zaitun untuk rambut rontok sebenarnya ada banyak. Penggunaannya yang rutin dapat membuat rambut semakin indah, sehat, dan tentunya kuat. Manfaat ini semua dapat diperoleh berkat ragam kandungan yang ada di dalamnya, seperti vitamins E dan vitamin K, asam palmitat, asam oleat, dan squalene.

Demi bisa mendapatkan khasiat dari minyak zaitun untuk rambut rontok, maka kamu bisa meracik sendiri bahan alami ini menjadi ramuan yang mujarab. Untuk cara membuat ramuan alami untuk mengatasi rambut rontok dapat dilakukan dengan menghangatkan 2 sdm minyak zaitun selama 10-30 detik. Setelah itu, oleskan secara merata dari akar ke ujung rambut. Pijat perlahan dan tutup rambut dengan shower cap atau handuk. Selanjutnya, diamkan selama 15-30 menit dan keramaslah jika sudah selesai.

5. Ekstrak Ginseng Merah

Ginseng merah merupakan salah satu tanaman obat yang khasiatnya sudah dikenal secara luas oleh banyak orang. Tumbuhan yang sering dijumpai di wilayah Asia Timur ini bahkan dianggap ajaib karena bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk pula rambut. 

Yup, ginseng merah sendiri memang merupakan obat rambut rontok paling ampuh karena mengandung ginsenosides yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan merangsang aliran darah ke folikel rambut. Dengan begitu masalah kerontokan bisa dicegah dan rambut jadi lebih indah serta sehat.  

Fakta menariknya lagi, cara mengatasi rambut rontok menggunakan ginseng merah ternyata gampang banget, lho. Cukup parut 3 batang ginseng merah yang sudah dibersihkan. Lalu, saring dan ambil air hasil perasannya. Jika sudah, oleskan air tersebut ke seluruh kulit kepala dan batang rambut. Diamkan selama 30 menit dan cuci menggunakan sampo yang sesuai jenis kulit serta rambut kamu. Terapkan cara membuat ramuan alami untuk mengatasi rambut rontok dan buktikan sendiri manfaatnya!

6. Minyak Kemiri

Produk untuk mengatasi rambut rontok selanjutnya dapat dibuat dengan memanfaatkan minyak kemiri. Asal kamu tahu bahwa nutrisi yang dimiliki oleh minyak kemiri untuk rambut rontok ternyata ada banyak. Mulai dari zat asam, lemak, hingga vitamin B yang mampu menutrisi rambut dan membuatnya jadi lebih kuat serta nggak gampang rontok.

Selain memanfaatkan minyak kemiri untuk rambut rontok, bahan satu ini pun dapat kamu andalkan untuk bikin rambut tampak lebih tebal, bervolume, serta berkilau. Jika tertarik, cobalah untuk membuat ramuan alami dengan menggunakan minyak kemiri sebagai bahan utamanya. 

Caranya, cukup campurkan 5 sdm minyak kemiri dengan 3 sdm santan kelapa asli. Setelah itu, oleskan merata dari batang hingga ke ujung rambut. Diamkan selama 3 menit dan cuci kembali dengan sampo. Lakukan cara mengatasi rambut rontok parah secara alami ini sekali seminggu untuk dapatkan manfaatnya. 

7. Kayu Manis

Ramuan untuk mengatasi rambut rontok parah secara alami selanjutnya bisa kamu racik dengan memanfaatkan kayu manis. Sama seperti yang lainnya, bahan alami satu ini dapat digunakan untuk merawat kesehatan rambut dan mengatasi berbagai permasalahannya seperti kerontokan. 

Agar rambut tidak rontok, kamu bisa menyiapkan bubuk kayu manis organik sebanyak 3 sdm. Setelah itu, campurkan dengan minyak kelapa dalam suhu dingin hingga menyatu dengan sempurna dan oleskan ke seluruh kulit kepala dan batang rambut. Tutup rambut dengan shower cap atau handok dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah, bilas dan keramaslah menggunakan sampo yang tepat. Lakukan cara mengatasi rambut rontok seperti ini dengan rutin, yaitu seminggu sekali, agar bisa mendapatkan hasil baiknya.

8. Campuran Bawang dan Madu

Selain berfungsi sebagai bahan makanan, ternyata bawang dan madu pun bisa dipercaya sebagai salah satu obat rambut rontok paling ampuh. Ya, dari campuran bawang dan madu, kamu bisa membuat produk untuk mengatasi rambut rontok yang lebih terjangkau tapi khasiatnya tetap bisa dirasakan. 

Membuat ramuan agar rambut tidak rontok dengan kedua bahan ini juga mudah dan bisa diterapkan sendiri di rumah. Caranya adalah dengan menyiapkan 2 siung bawang yang sudah dicincang halus. Setelah itu, campurkan dengan 3 sdm madu asli. Campuran bahan-bahan ini nantinya bisa kamu aplikasikan ke kulit kepala dan batang rambut. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 2 jam sebelum kamu keramas. Lakukan tips ini setiap hari untuk dapatkan rambut yang kuat dan indah. 

9. Masker Pisang

Buah seperti pisang pun bisa dimanfaatkan sebagai obat rambut rontok paling ampuh. Di dalam buah ini terdapat kandungan asam folat yang berkhasiat mengatasi rambut rontok. Bagi kamu yang penasaran dengan manfaat baiknya, maka bisa banget mencoba cara mengatasi rambut rontok menggunakan pisang yang mudah.

Caranya, hancurkan satu buah pisang dan campurkan dengan minyak zaitun, madu, serta susu atau santan. Setelah itu, oleskan secara merata ke seluruh kulit kepala dan diamkan selama 15-30 menit. Jika sudah selesai, jangan lupa membersihkannya menggunakan sampo hingga nggak ada sisa-sisa ramuan yang tertinggal. Lakukan cara ini dengan benar agar rambut tidak rontok lagi.

Well, itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok parah secara alami. Dari berbagai ramuan alami di atas, mana nih yang akan kamu coba? Apapun yang dipilih, pastinya harus wajib dilakukan dengan rutin dan tepat, ya. Jangan lupa pula seimbangkan dengan pemakaian hair care agar rambut tidak rontok. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading