Sukses

Beauty

Contek Tips Merawat Rambut Agar Tetap Kuat dan Sehat, Yuk Wujudkan Tampilan Idamanmu

Fimela.com, Jakarta Tips merawat rambut agar tetap kuat dan sehat sudah seharusnya kamu ketahui untuk mewujudkan tampilan yang diidam-idamkan. Apalagi karena memiliki rambut yang indah dan terbebas dari masalah bisa bikin rasa percaya diri meningkat dan kamu pun jadi lebih berani untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Nggak hanya itu, rambut yang terawat bisa pula menyempurnakan penampilan dan naikin mood to the max.

Meski begitu, ternyata masih banyak orang yang belum paham bagaimana tips merawat rambut agar tetap kuat dan sehat yang tepat dan efektif. Bahkan ada beberapa yang nggak tahu apa urutan perawatan rambut yang benar agar hasilnya bisa maksimal. Hal ini tentunya sangat disayangkan, ya. Sebab, kalau mau memiliki rambut yang sehat, kuat, dan bebas dari masalah yang menyebalkan, hal-hal penting seperti ini wajib banget diketahui biar semua yang dilakukan nggak berakhir sia-sia.

Nah, buat kamu yang masih pemula dan sedang mencari cara merawat rambut agar sehat dan terbebas dari kerontokan serta masalah lainnya, ada baiknya untuk membaca informasi seperti berikut ini. Pasalnya, selain bermanfaat untuk bantu kamu mewujudkan rambut sehat yang diidamkan, ragam tips ini nyatanya juga mudah diterapkan dan nggak mahal seperti ketika melakukan perawatan di salon kecantikan. Mau tahu apa saja tips merawat rambut agar tetap kuat dan sehat? Contek dulu yang satu ini!

1. Keramas Menggunakan Sampo untuk Rambut Rontok dan Tipis

Membersihkan kulit kepala dan batang rambut dari berbagai kotoran merupakan tips merawat rambut agar tetap kuat dan sehat yang pertama. Urutan perawatan rambut paling awal ini wajib banget kamu terapkan. Sebab jika kotoran dan partikel-partikel kecil lainnya yang menumpuk di kepala nggak rutin dibersihkan, yang ada malah menambah permasalahan dan mengatasinya pun bakal jadi lebih sulit.

Ketika keramas, kamu tentunya harus memperhatikan produk perawatan rambut yang digunakan. Pilihlah sampo untuk rambut rontok dan tipis dengan kandungan bahan-bahan alami yang terbukti khasiatnya. Misalnya saja, kamu bisa memilih produk yang dilengkapi dengan ginseng, urang aring, centella asiatica, dan lainnya.

Selain dari kandungannya, kamu pun harus mencari produk sampo untuk rambut rontok dan tipis yang sesuai dengan jenis rambut serta kulit kepala. Pasalnya, beda jenis rambut dan kulit kepala, maka beda juga produk sampo yang dibutuhkan. Oleh karena itu, biar hasil perawatan bisa lebih optimal, maka perlu tahu dulu jenis dan kondisi rambut yang dimiliki.

2. Jangan Lupakan Kondisioner Sehabis Mencuci Rambut

Urutan perawatan rambut berikutnya yang dapat dilakukan setelah penggunaan sampo untuk rambut rontok dan tipis yaitu dengan mengaplikasikan kondisioner. Produk perawatan rambut satu ini memiliki peran yang penting dalam penerapan tips merawat rambut agar tetap kuat dan sehat. Sayangnya, banyak yang sering mengabaikan manfaat baik dari kondisioner ini.

Setelah memakai sampo untuk rambut rontok dan tipis, kebanyakan orang terkadang melewati penggunaan kondisioner. Hal ini bukan hanya terjadi sebanyak 1 atau 2 kali saja, tetapi lebih dari itu. Padahal, jika rutin menggunakan kondisioner, rambut bisa lebih lembap, kuat, ternutrisi, dan bahkan lebih minim terkena risiko kerusakan. Akan tetapi, nggak ada kata terlambat untuk merawat rambut kamu. 

Ketika sudah memiliki kesadaran akan pentingnya penggunaan produk ini, maka mulailah dengan mencari kondisioner yang dibutuhkan. Untuk merawat rambut agar sehat, kamu dapat memilih kondisioner yang punya sifat menghidrasi dan volumizing. Lalu, cari juga produk hair care ini yang mampu melembutkan serta bikin rambut jadi lebih berkilau.

3. Rawat Rambut Rontok Menggunakan Masker yang Menutrisi

Tips merawat rambut agar tetap kuat dan sehat yang nggak kalah pentingnya adalah dengan menggunakan masker. Produk perawatan rambut ini memiliki banyak sekali manfaat selain dari bikin rambut lebih kuat dan bebas rontok. Adapun kegunaan dari produk perawatan rambut ini adalah untuk memberikan nutrisi, hidrasi, meningkatkan tekstur dan kelenturan rambut, memperbaiki kerusakan rambut, serta mencegah patah dan ujung rambut bercabang.

Cara merawat rambut agar sehat menggunakan masker rambut bisa dilakukan sehabis keramas. Keringkan rambut dengan handuk, tapi jangan sampai kering sempurna. Cukup ciptakan kondisi rambut yang lembap dan lalu aplikasikan masker rambut secara merata. Pijat secara perlahan, kemudian diamkan selama beberapa menit. Jika sudah, bilas dengan air hingga bersih dan jangan lupa keringkan kembali.

Cara merawat rambut agar sehat menggunakan masker rambut ini idealnya bisa dilakukan seminggu sekali atau sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan produk. Jangan lupa pula untuk memilih produk masker rambut yang sesuai dengan jenis rambut untuk dapatkan hasil yang optimal.

4. Gunakan Vitamin Rambut Agar Lembut dan Halus

Tips merawat rambut agar tetap kuat dan sehat berikutnya yaitu dengan menggunakan vitamin rambut. Produk perawatan rambut satu ini penting banget untuk digunakan, terlebih lagi apabila kamu memiliki masalah kerontokan akibat pemakaian alat-alat styling rambut atau karena paparan debu serta sinar UV matahari sehari-hari. 

Selain mengurangi jumlah kerontokan, vitamin rambut agar lembut dan halus ini juga memiliki banyak manfaat lainnya, lho. Misalnya saja seperti mempertahankan dan memperbaiki struktur rambut, membuat rambut lebih berkilau, dan menjadikannya lebih mudah diatur. Selain itu, vitamin rambut agar lembut dan halus pun bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah munculnya uban atau rambut putih.

Dalam urutan perawatan rambut, vitamin rambut bisa diaplikasikan sebelum menggunakan alat-alat hair styling atau setelah keramas. Penggunaan vitamin rambut secara rutin pastinya akan bisa memberikan nutrisi baik bagi kulit kepala hingga ujung batang rambut. Oleh karena itu, produk perawatan satu ini sangat dibutuhkan untuk bantu ciptakan rambut idealmu.

5. Rasakan Manfaat Serum Rambut yang Mampu Memperbaiki Ragam Kerusakan

Cara merawat rambut agar sehat yang bisa dilakukan berikutnya adalah dengan memanfaatkan serum. Produk perawatan rambut ini tentunya harus masuk ke dalam rangkaian hair care harianmu. Dibuat dari bahan-bahan aktif yang menutrisi, serum rambut yang bagus mampu mengatasi kerontokan, rambut kusut, bercabang, dan kerusakan lainnya

Nggak hanya sampai di situ, serum rambut yang bagus biasanya juga mengandung silikon, yang pada dasarnya memiliki kemampuan untuk melindungi rambut dari berbagai macam permasalahan serta memaksimalkan kekuatan batang rambut agar lebih kuat, indah, dan sehat.

Sama seperti produk perawatan lainnya, penggunaan serum rambut pun juga harus selalu menyesuaikan kebutuhan yang kamu miliki. Pasalnya, beda tipe dan permasalahan rambut, maka beda juga produk serum yang dibutuhkan. Misalnya saja jika kamu memiliki rambut yang kusut dan frizzy, maka pilihlah serum yang dilengkapi dengan kemampuan melembutkan dan menghaluskan rambut. Begitu juga jika memiliki rambut kering dan sering patah atau rontok, maka wajib mencari serum rambut yang mampu memberikan kelembapan maksimal.

6. Hindari Produk-Produk Perawatan yang Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Asal kamu tahu bahwa penyebab rambut bercabang juga bisa berasal dari hair care yang biasa dipakai sehari-hari. Ya, siapa sangka jika produk-produk tersebut akan jadi ancaman berbahaya bagi kesehatan rambut yang kamu sayangi. Hal ini bisa terjadi karena beberapa produk perawatan rambut biasanya mengandung ragam bahan keras atau berbahaya, yang seharusnya nggak boleh digunakan.

Jika nggak teliti tentang kandungan bahan-bahan tersebut, bisa-bisa rambut akan berpotensi rusak dan bakal sulit untuk memulihkannya. Oleh karena itulah, cara merawat rambut agar sehat harus mulai diseimbangkan dengan menghindari ragam produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia berbahaya. 

7. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Kebiasaan kecil yang sering disepelekan pun bisa pula menjadi penyebab rambut bercabang, patah, hingga rontok. Misalnya saja saat kamu mengikat rambut terlalu kencang. Buat yang memiliki rambut panjang, mungkin hal ini jadi salah satu yang sering dilakukan. Sebab, mengikat rambut sendiri bisa menghindarkan kamu dari kegerahan dan mencegah munculnya rasa risih di saat beraktivitas. 

Sayangnya, mengikat rambut dengan terlalu kencang dapat menyebabkan stres dan trauma folikel, yang kemudian bisa berujung pada kerontokan. Inilah mengapa, agar rambut tidak rontok dengan mudah, kamu bisa hindari mengikat rambut yang terlalu kencang dan upayakanlah untuk membiarkan rambut bernapas tanpa aksesori apapun yang menempel. Cara merawat rambut rontok pastinya sangat bisa dicoba untuk mewujudkan rambut kuat dan sehat sesuai yang kamu impikan.

8. Penuhi Asupan Nutrisi Harian

Agar rambut tidak rontok, penting pula untuk memenuhi asupan nutrisi harian lewat berbagai makanan yang bergizi seimbang. Nyatanya, beberapa jenis makanan bisa membantu mengurangi risiko kerontokan dan kerusakan rambut lainnya. Misalnya saja seperti makanan yang mengandung protein. Telur, ikan, hingga biji-bijian yang pada dasarnya kaya akan protein dapat membantu mengurangi kerontokan dan memperkuat akar serta batang rambut.

Makanan yang tinggi akan zat besi dan vitamin seperti sayur-sayuran serta buah-buahan pun juga memiliki peranan penting dalam merawat rambut biar sehat dan nggak gampang rontok. Jika makanan yang masuk ke tubuh selalu kamu perhatikan, percayalah bahwa ini akan menjadi cara merawat rambut rontok yang efektif dan penuh khasiat.

9. Jangan Sering Begadang

Selain makanan, kamu juga wajib memperhatikan jam istirahat yang cukup agar rambut tidak rontok. Perlu diketahui bahwa penyebab rambut bercabang lainnya ternyata bisa bersumber dari durasi tidur malam yang kurang. Sering begadang hingga tengah malam atau bahkan pagi buta dapat menyebabkan stres serta bikin rambut rentan terkena permasalahan, seperti kerontokan misalnya. 

Sebaliknya, apabila kamu tidur yang cukup dan berkualitas, tentunya imunitas tubuh akan terjaga dan rambut pun bisa terhindar dari berbagai macam kerusakan yang menjengkelkan. Inilah mengapa, cara merawat rambut rontok yang tepat berikutnya bisa dilakukan dengan menghindari aktivitas begadang dan mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari. 

10. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Cara merawat rambut rontok yang terakhir bisa dilakukan dengan rutin melakukan olahraga. Aktivitas fisik yang satu ini bukan hanya bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh saja, tetapi juga pada rambut. Ya, berolahraga yang dilakukan di sela-sela rutinitas harianmu nyatanya bisa diandalkan sebagai solusi mudah dan tepat agar rambut tidak rontok. Maka dari itu, jangan malas untuk menggerakan tubuh dan seimbangkan pula dengan kebiasaan-kebiasaan baik lainnya, ya.

Well, itu dia beberapa tips merawat rambut biar bisa tetap kuat dan sehat. Jangan lupa dicoba dan semoga bermanfaat!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading