Sukses

Beauty

MUA Pawit dan Billy Maju ke Grand Final ULTIMA II WPMC 2024 Wakili Jakarta

Fimela.com, Jakarta Merayakan 65 tahun kiprahnya di industri kecantikan Tanah Air, ULTIMA II kembali menggelar kompetisi bergengsi bagi para Makeup Artist (MUA) di Indonesia bertajuk Wonderwear Professional Makeup Challenge (WPMC) 2024. Ajang ini menjadi panggung bagi para MUA lokal untuk menunjukkan bakat dan kemampuannya, meningkatkan profil, serta membuka peluang karier yang tak terbatas.

Mengusung tema “Where Beauty Meets the PRO”, WPMC 2024 digelar dalam dua tahapan yakni Local Competition dan Grand Final. Local Competition WPMC diadakan di 6 kota besar di Indonesia, mulai dari Jakarta, Pekanbaru, Surabaya, Medan, Bandung, dan Solo, memperlombakan kategori Traditional Bridal dan Commercial Look. Juara pertama di setiap kategori dari masing-masing kota berhak maju ke babak Grand Final pada 23 September 2024 di Jakarta. Mereka akan berlomba dengan kategori International Bridal untuk memperebutkan posisi Grand Winner, Runner Up 1 & 2, Most Favorite 1 & 2, dan terakhir Top Instagram Vote.

Dalam Local Competition WPMC 2024 Kota Jakarta yang berlangsung di Metropolitan Mall Bekasi, Kamis (27/6/2024), MUA Pawit Septiadi keluar sebagai juara pertama pada kategori Traditional Bridal dan berhak maju ke babak Grand Final WPMC 2024. Konsep makeup look Palembang Modifikasi buatannya berhasil meraih nilai tertinggi dari dewan juri.

Atas pencapaian tersebut, Pawit mengungkapkan kegembiraannya bisa menjadi wakil Jakarta dan berkesempatan untuk tampil di babak Grand Final WPMC 2024.

"Alhamdulillah, seneng banget bisa jadi perwakilan Jakarta untuk Grand Final di bulan September nanti. Padahal aku sudah lama nggak ikut kompetisi. Aku tadi mengusung tema adat Palembang dengan konsep modern dan tidak terlalu menor, menyesuaikan dengan identitas produk ULTIMA II yang terkenal dengan flawless-nya dari primer, foundation dan loose powder-nya," tuturnya.

Pawit menceritakan alasan memilih konsep makeup look traditional bridal Palembang karena ia tertarik dengan konsep Palembang yang identik dengan glamour yang tercermin dari aksesorisnya, kain songketnya dan perpaduan warna merah yang menjadi ciri khas Palembang. Berkat produk ULTIMA II yang berkualitas memudahkan dirinya untuk menyelesaikan makeup look Palembang dalam waktu 45 menit.

Makeup Look Gleaming Glam Bawa Billy Masuk Grand Final WPMC 2024

Dari kategori Commercial Look, MUA Billy dari Bekasi berhasil keluar menjadi juara pertama usai konsep makeup look Gleaming Glam mendapatkan nilai tertinggi dari dewan juri. Pencapaian ini terasa sangat spesial karena merupakan pengalaman pertama Billy mengikuti lomba dengan brand besar seperti ULTIMA II.

"Sangat-sangat kaget dan takjub, kayak nggak percaya karena ini first time ikut lomba di ULTIMA II. Awalnya ragu karena ini tuh brand besar dan persaingan ketat. Tapi percaya diri aja dan Alhamdulillah berhasil. Aku masih nggak percaya dan deg-degan," ungkap Billy.

Billy mengaku keberhasilan membuat makeup look Gleaming Glam ini tak luput dari kualitas produk ULTIMA II.

"Kompetisi pertama dengan one brand ULTIMA II bisa se-the best (look-nya) itu. Pengaplikasian semuanya oke, terutama aku paling suka eyeshadow-nya bisa se-pigmented itu (warnanya keluar). Bener-bener the best product," kata Billy.

Karakter Makeup Look Traditional Bridal dan Commercial Look

Corporate Training Manager ULTIMA II Indonesia, Corazon Bernardus yang menjadi Juri Local Competition WPMC 2024 Kota Jakarta mengapresiasi antusiasme para peserta yang telah memberikan kemampuan terbaiknya dalam kompetisi makeup kategori traditional bridal dan commercial look. Sebelum mengumumkan pemenang, wanita yang akrab dipanggil Miss Cora ini mengaku takjub karena hasil nilai antar pemenang berbeda tipis.

Menurutnya, kategori traditional bridal dan commercial look memiliki karakter hasil akhir makeup yang berbeda. Traditional bridal lebih mengedepankan makeup look yang tahan lama tetapi tetapi harus juga terlihat segar.

"Karena pernikahan ini makeup untuk sepanjang hari, jadi mengedepankan complexion yang memang harus selalu rapi dan tahan lama. Maka itu Teknik yang benar-benar kita cari dari MUA-MUA yang mengikuti kompetisi kali ini," ujarnya.

 

Sedangkan untuk commercial look, Miss Cora mengatakan pihaknya mengedepankan untuk mencari tampilan yang ketika di foto itu minim retouch.

"Ini bisa jadi editorial look atau buat photoshoot gitu. Makanya lebih mengedepankan penilaian pada teknik makeup yang memang halus secara blending. Sehingga ketika di-retouch akan jauh lebih bagus lagi," jelasnya.

Setelah Jakarta sudah memiliki wakil yang maju ke Grand Final WPMC 2024, Miss Cora berharap antusiasme peserta di kota-kota selanjutnya jauh lebih besar lagi

"Antusiasme peserta di Jakarta ini sudah sangat bagus. Aku harap di kota-kota lain antusiasmenya bisa jauh lebih besar lagi. Dan sebenarnya menurut pengalaman juga memang kalau di kota-kota di luar Jakarta antusiasmenya bisa jauh lebih banyak," ujarnya.

Untuk Local Competition WPMC kota selanjutnya, Miss Cora mengingatkan para peserta untuk memiliki strategi yang baik supaya bisa menghasilkan makeup look terbaik.

"Tips dari aku untuk para peserta itu harus punya strategi. This is a competition. Sehingga perlu punya strategi yang baik, perlu punya perencanaan yang matang. Tidak boleh lupakan detail. Kadang-kadang sebagai MUA kalau kita kompetisi, udah pusing dengan sewa baju, cari model gitu. Sampai kita melupakan konsep kita, nyambung gak nih nanti sama tema yang diajukan untuk dinilai. Karena itu juga menjadi salah satu penilaian dari dewan juri WPMC 2024.

Sebagai informasi dalam kompetisi WPMC 2024, dewan juri menilai peserta melalui sejumlah kriteria yakni disiplin, detail, kombinasi warna, teknik makeup, kreativitas & kesesuaian dengan tema, dan total look.

Atas keberhasilan Pawit Septiadi menjadi juara pertama pada kategori traditional bridal dan Billy pada kategori commercial look, masing-masing meraih hadiah uang tunai senilai Rp 3 juta, product ULTIMA II senilai Rp1 juta beserta beauty tools  dari Armando Caruso. Keduanya juga masuk babak Grand Final WPMC 2024 pada bulan September 2024 dengan tema International Bridal makeup look.

Exclusive Beauty Activities dan Promo ULTIMA II Selama WPMC 2024

Wonderwear Professional Makeup Challenge (WPMC) 2024 tidak hanya menghadirkan kompetisi merias, tetapi juga menyajikan serangkaian program, beauty workshop, networking dan publisitas serta berbagai promo produk ULTIMA II. Misalnya, Store ULTIMA II di Metropolitan Mall Bekasi menawarkan discount up to 10% + tambahan diskon 10% (All Item Senin - Jumat), discount 25% minimal purchase Rp 400.000 dan flash sale delicate lipstick Rp50.000 (Hanya untuk 20 pengunjung pertama). Selain itu, juga menggelar berbagai exclusive beauty activities menarik seperti Demo Skin Knowledge, Makeup Demo, dan Face Yoga.

WPMC 2024 tidak hanya menjadi merupakan wadah yang tepat bagi para MUA tetapi juga para beauty enthusiast untuk mengekspresikan kecantikan melalui bentuk seni yang terinspirasi dari para beauty profesional yang telah lebih dulu berkecimpung untuk memberikan edukasi dan teknik terbaik di bidang kecantikan dan tata rias serta berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Sebelumnya, Sully Suharjo selaku General Manager Sales & Marketing ULTIMA II mengatakan WPMC 2024 menjadi peluang emas bagi para MUA lokal untuk meningkatkan profil mereka di kancah kecantikan. Selain itu, para MUA dapat mengasah kemampuan, memperluas jaringan, dan koneksi dengan para profesional di industri dan meraih peluang karir yang menjanjikan.

"Dengan tema ‘Where Beauty Meets the PRO’ di kompetisi WPMC tahun ini, kami ingin mendorong para MUA di Indonesia untuk dapat mengekspresikan karyanya agar dikenal oleh lebih banyak masyarakat serta dapat memanfaatkan peluang ini sebagai pintu gerbang yang akan membawa mereka untuk memulai perjalanan karir profesional baik untuk mereka yang sudah memulai maupun yang baru akan terjun di industri kecantikan,” ujar Sully Suharjo.

Daftar Pemenang ULTIMA II Local Competition Kota Jakarta

Kategori Traditional Bridal:

Juara 1: Pawit Septyadi - Palembang Modifikasi

Juara 2: Zainal Supiyan - Sunda Siger

Juara 3: Neng Deti - Bugis Modifikasi

Juara Favorit: Fauzi Rahardian - Palembang Modifikasi

Kategori Commercial Look:

Juara 1: Billy - Gleaming Glam

Juara 2: Perwitasari - Glam in the Town

Juara 3: Nurhamim - Glam Fun

Juara Favorit : Made Deny - Natural Glam

Setelah Jakarta, Local Competition WPMC 2024 akan berlangsung di kota Medan, Pekanbaru, Surabaya, Bandung, dan Solo. Tak ingin ketinggalan keseruannya, temukan informasi menarik lainnya seputar WPMC 2024 website www.ultimaii.com/WPMC2024 dan Instagram @ultimaii_id.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading