Sukses

Beauty

7 Cara Mudah Membuat Hand and Body Lotion Sendiri di Rumah

Fimela.com, Jakarta Merawat kulit adalah salah satu rutinitas penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan. Salah satu produk perawatan kulit yang sering digunakan adalah hand and body lotion. Namun, seringkali kita merasa bingung memilih produk yang tepat di pasaran karena banyaknya pilihan dan bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Membuat hand and body lotion sendiri di rumah bisa menjadi solusi yang tepat. Selain lebih aman karena menggunakan bahan-bahan alami, juga bisa menyesuaikan formulanya sesuai dengan kebutuhan kulit. Tidak hanya itu, membuat hand and body lotion sendiri juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan memuaskan.

Ada beberapa langkah-langkah mudah untuk membuat hand and body lotion sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan proses yang sederhana, Sahabat Fimela bisa memiliki hand and body lotion yang alami dan menyehatkan kulit. Berikut cara membuat hand and body lotion di rumah:

Cara Membuat Hand and Body Lotion

1. Persiapkan Bahan-bahan Alami

Pertama-tama, perlu menyiapkan bahan-bahan alami yang akan digunakan. Beberapa bahan yang diperlukan antara lain minyak kelapa, shea butter, minyak almond, dan minyak esensial favorit. Pastikan semua bahan yang digunakan berkualitas baik untuk hasil yang maksimal.

2. Lelehkan Shea Butter dan Minyak Kelapa

Langkah selanjutnya adalah melelehkan shea butter dan minyak kelapa. Gunakan metode double boiler untuk melelehkan kedua bahan ini agar tidak merusak kandungan nutrisi di dalamnya. Panaskan hingga kedua bahan tersebut benar-benar meleleh dan tercampur dengan baik.

3. Campurkan Minyak Almond

Setelah shea butter dan minyak kelapa meleleh, tambahkan minyak almond ke dalam campuran tersebut. Minyak almond dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti melembapkan dan menutrisi. Aduk hingga semua bahan tercampur merata.

 

Cara Membuat Hand and Body Lotion

4. Tambahkan Minyak Esensial

Untuk memberikan aroma yang menyegarkan dan menambah manfaat hand and body lotion, tambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit. Pilih minyak esensial yang sesuai dengan kebutuhan kulit, seperti lavender untuk relaksasi atau tea tree untuk kulit berjerawat. Aduk kembali hingga minyak esensial tercampur rata.

5. Dinginkan dan Kocok

Setelah semua bahan tercampur rata, dinginkan campuran tersebut di dalam kulkas selama beberapa menit. Setelah agak mengeras, kocok campuran tersebut menggunakan mixer hingga teksturnya menjadi lembut dan fluffy. Proses ini akan membuat hand and body lotion lebih mudah diaplikasikan ke kulit.

6. Simpan dalam Wadah Bersih

Pindahkan hand and body lotion yang sudah jadi ke dalam wadah bersih dan kedap udara. Simpan di tempat yang sejuk dan kering agar hand and body lotion tetap awet dan tidak cepat rusak. Gunakan wadah bekas hand and body lotion yang sudah dibersihkan atau membeli wadah baru yang khusus untuk produk perawatan kulit.

7. Aplikasikan Secara Rutin

Gunakan hand and body lotion buatan sendiri ini secara rutin setelah mandi atau kapan pun kulit terasa kering. Oleskan secara merata ke seluruh tubuh dan pijat perlahan agar hand and body lotion meresap dengan baik ke dalam kulit. Dengan penggunaan rutin, kulit akan terasa lebih lembut, lembap, dan sehat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading