Sukses

Beauty

Manfaat Penggunaan Minyak Esensial untuk Merawat Rambut Rontok dan Tips yang Bisa Dilakukan

Fimela.com, Jakarta Penggunaan minyak esensial untuk merawat rambut rontok serta permasalahan lainnya sebenarnya sudah dilakukan sejak dulu. Ya, sebelum munculnya produk-produk hair care seperti yang sekarang, banyak orang zaman dulu justru memanfaatkan sejumlah bahan alami yang diekstrak menjadi hair oil untuk merawat kesehatan serta keindahan rambut mereka. Sebab, mereka tahu bahwa di dalam berbagai minyak esensial tersebut tersimpan banyak khasiat yang luar biasa, termasuk pula bisa dipercaya sebagai cara agar rambut tidak rontok.

Tapi, sebenarnya apa itu hair oil dan bisakah produk ini dipercaya untuk benar-benar memperbaiki serta merawat rambut yang rontok? Buat yang masih belum paham sepenuhnya tentang apa itu hair oil, produk yang juga disebut dengan minyak esensial rambut ini merupakan ekstrak alami yang diperoleh dari berbagai bagian tumbuhan seperti daun, bunga, kulit kayu, akar, dan biji. Minyak ini biasanya mengandung aroma khas dan sifat terapeutik dari tumbuhan asalnya.

Nah, dalam penggunaan minyak esensial untuk merawat rambut rontok, tentunya kamu wajib tahu terlebih dulu apa saja yang menjadi penyebab rambut rontok. Dengan begitu, minyak esensial ini dapat dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin. Adapun penyebab rambut rontok bisa berasal dari lingkungan yang berdebu dan penuh polusi, penggunaan produk rambut yang kurang tepat, tubuh yang kekurangan nutrisi, hingga kebiasaan buruk seperti penggunaan alat pemanas rambut.

Oleh karena itu, dibutuhkan penggunaan minyak esensial untuk merawat rambut rontok yang kamu alami. Apa saja, ya?

1. Minyak Lavender untuk Rambut yang Lebat dan Kuat

Memanfaatkan minyak lavender untuk rambut rontok jadi salah satu hal yang dapat dilakukan. Asal kamu tahu bahwa manfaat minyak lavender untuk rambut sendiri ternyata banyak banget, lho. Selain bisa mengurangi jumlah kerontokan, minyak esensial yang satu ini pun juga berkhasiat buat bikin rambut lebih lebat dan kuat. 

Minyak lavender memiliki kemampuan untuk merangsang folikel rambut dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Dengan aliran darah yang lebih baik, nutrisi yang diperlukan oleh folikel rambut dapat terserap dengan lebih efisien dan bikin rambut nggak rontok lagi. Selain itu, minyak lavender untuk rambut pun juga dikenal memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu mengurangi tingkat stres. Aromaterapi dengan minyak lavender dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi ketegangan, yang kemudian dapat berkontribusi pada kesehatan rambut yang lebih baik.

2. Minyak Rosemary untuk Rambut yang Kuat dan Bervolume

Penggunaan minyak esensial untuk merawat rambut rontok bisa pula diwujudkan melalui minyak rosemary. Sudah bukan rahasia lagi jika minyak rosemary untuk rambut memiliki segudang manfaat yang luar biasa, termasuk dalam hal merawat rambut yang rontok. Minyak rosemary sendiri mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, salah satu penyebab utama kerontokan rambut. 

Selain itu, minyak rosemary untuk rambut juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit kepala yang iritasi atau meradang, sehingga mengurangi risiko kerontokan rambut yang disebabkan oleh peradangan. Apabila ingin menggunakan minyak rosemary untuk rambut yang mengalami kerontokan, kamu bisa langsung saja menuangkan beberapa tetesnya di permukaan kulit kepala. Lalu, pijat perlahan kira-kira 10-15 menit sebelum akhirnya dibilas menggunakan sampo yang tepat. Lakukan tips ini 2 kali seminggu untuk dapatkan hasil yang optimal.

3. Minyak Kemiri untuk Rambut Rontok dan Kembalikan Kilaunya

Minyak kemiri untuk rambut menjadi pilihan berikutnya yang dapat diandalkan untuk mengatasi kerontokan parah. Penggunaan minyak esensial untuk merawat rambut rontok sendiri bukanlah hal yang baru. Malahan, bahan ini sudah sering digunakan dalam rangkaian perawatan rambut karena khasiatnya yang nggak bisa dipandang sebelah mata.

Dalam mengatasi kerontokan, minyak kemiri untuk rambut ini bekerja dengan memperbaiki sirkulasi darah yang ada di kulit kepala dan memperkuat akar rambut biar kerontokan bisa diminimalisir. Hebatnya lagi karena minyak kemiri untuk rambut juga dapat dipercaya untuk melembapkan dan menghaluskan rambut serta mencegah munculnya ketombe dan masalah kulit kepala lainnya.

Nah, dalam menggunakan minyak kemiri untuk rambut, ada beberapa metode yang dapat dipilih. Pertama, ambil beberapa tetes minyak kemiri dan pijatkan secara perlahan ke kulit kepala selama beberapa menit. Diamkan selama 30 menit hingga 1 jam sebelum dicuci dengan sampo. Cara kedua yaitu menjadikan minyak kemiri sebagai masker rambut. Caranya campurkan minyak kemiri dengan bahan alami lain seperti madu atau minyak kelapa, lalu aplikasikan sebagai masker rambut. Biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas.

Terakhir, manfaatkan minyak kemiri sebagai penggunaan harian. Ini bisa dilakukan dengan menuangkan beberapa tetes minyak kemiri pada ujung rambut untuk melembapkan dan menghindari ujung rambut bercabang.

4. Minyak Jojoba untuk Merangsang Pertumbuhan Rambut

Jangan pernah meremehkan manfaat minyak esensial untuk rambut yang satu ini. Minyak jojoba atau jojoba oil telah lama dikenal sebagai salah satu minyak alami yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Penggunaan minyak esensial untuk merawat rambut rontok pun dianggap sangat efektif berkat berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Di dalam minyak jojoba sendiri setidaknya terdapat mineral dan aneka vitamin seperti vitamin E dan vitamin B kompleks, nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, bahan alami ini juga memiliki peran penting dalam membuat rambut dan kulit kepala jadi lebih lembap serta terhindar dari ketombe dan kerontokan.

Cara menggunakan minyak esensial untuk rambut ini pun terbilang gampang. Kamu bisa menjadikan minyak jojoba sebagai kondisioner dengan mengoleskannya pada rambut setelah keramas. Sehabis itu, biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih. Alternatif lainnya, minyak jojoba ini dapat pula dimanfaatkan dengan menjadikannya sebagai masker. Cukup campurkan minyak jojoba dengan minyak kelapa atau minyak zaitun, kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan sampo.

5. Minyak Serai yang Bikin Kulit Kepala Lebih Sehat

Agar rambut tidak rontok, kamu bisa banget mengandalkan khasiat ajaib dari minyak serai. Sama seperti minyak esensial lainnya, minyak serai juga memiliki kemampuan untuk menguatkan akar rambut sehingga jumlah kerontokan yang kamu alami bisa dikurangi. Manfaat minyak esensial untuk rambut yang satu ini pun nggak hanya sampai di situ saja. Sebab, penggunaan minyak serai secara rutin dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih lebat dan sehat.

Cara menggunakan minyak esensial untuk rambut seperti minyak serai bisa dilakukan dengan cukup menuangkan beberapa tetes saja di permukaan kulit kepala dan batang rambut. Setelah itu, pijat perlahan dan diamkan selama 15-30 menit. Jika sudah, cuci menggunakan sampo hingga bersih total. 

6. Minyak Kamomil yang Mampu Menutrisi Batang Rambut dan Kulit Kepala

Minyak kamomil jadi minyak esensial selanjutnya yang bisa digunakan agar rambut tidak rontok dengan mudah. Ya, dalam mengatasi kerontokan dan merawat kesehatan serta keindahan rambut, minyak yang satu ini memang nggak perlu diragukan lagi manfaatnya. Bahkan jika kamu mengalami kerontokan akibat paparan sinar UV matahari atau karena terkena debu dan polusi, maka bahan alami satu ini bakal jadi solusi yang efektif. Sebab, di dalam minyak kamomil terkandung antioksidan yang membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat faktor lingkungan.

Buat mendapatkan manfaat minyak esensial untuk rambut dari minyak kamomil, kamu bisa menjadikannya sebagai masker rambut alami. Campurkan minyak kamomil dengan bahan alami lainnya seperti madu atau yogurt. Kemudian, oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Cara menggunakan minyak esensial untuk rambut Cara numbuhin rambut cepat dianggap begitu efektif apalagi bila dilakukan secara rutin. 

7. Minyak Bergamot yang Menjaga Kesehatan dan Keindahan Rambut

Agar rambut tidak rontok, nggak ada salahnya jika kamu memasukkan minyak bergamot ke dalam rangkaian perawatan sehari-hari. Minyak alami ini merupakan hasil dari ekstraksi kulit buah bergamot. 

FYI, manfaat minyak esensial untuk rambut yang berasal dari minyak bergamot pun juga nggak kalah hebatnya dari yang lain. Misalnya saja hair oil ini mampu mengatasi rambut yang rontok, menguatkan akar rambut dan mencegah berbagai kerusakan, sebagai cara numbuhin rambut cepat, meningkatkan kilau dan warna rambut, hingga menenangkan kulit kepala yang iritasi. 

Cara menggunakan minyak esensial untuk rambut yang satu ini pun juga cukup praktis. Kamu bisa langsung memakainya saja dengan cara meneteskan minyak bergamot ke rambut dan kulit kepala. Ratakan dan kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu, jangan lupa membersihkannya kembali menggunakan sampo hingga nggak ada lagi sisa-sisa hair oil yang menempel. 

8. Peppermint Oil yang Dapat Meningkatkan Jumlah Folikel Rambut

Tips terakhir yang bisa dicoba agar rambut tidak rontok adalah dengan mengandalkan peppermint oil. Cara numbuhin rambut cepat menggunakan peppermint oil sendiri dipercaya sangat efektif dan bahkan mampu membawakan segudang dampak positif lainnya bagi kesehatan dan keindahan rambut. 

Adapun ragam manfaat minyak esensial untuk rambut yang bisa didapatkan dari peppermint oil yakni pertumbuhan rambut yang meningkat, akar rambut lebih kuat dan nggak mudah rontok, menutrisi kulit kepala sehingga lebih sehat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, untuk menggunakannya, kamu juga bisa mencampurkan peppermint oil dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Lalu, lakukan pijatan ringan pada kulit kepala dengan menggunakan campuran minyak tersebut. Lakukan selama kira-kira 15 menit, lalu keramaslah menggunakan sampo hingga bersih.  

Tips yang Bisa Dilakukan Selain Menggunakan Minyak Esensial

Selain dengan menggunakan minyak esensial untuk rambut rontok, kamu wajib pula memanfaatkan beberapa produk hair care lainnya agar hasil yang bisa didapatkan lebih maksimal. Manfaat minyak esensial untuk rambut memang banyak sekali, tetapi bukan berarti kamu bisa berpuas hati dengan hanya menerapkan metode perawatan seperti ini. 

Agar rambut tidak rontok, penggunaan sampo, kondisioner, masker rambut, vitamin rambut, hingga serum rambut sangat penting untuk selalu diperhatikan. Sebab, ini bisa saja menjadi cara numbuhin rambut cepat dan sekaligus merawat berbagai kerusakan rambut yang efektif. So, agar rambut tidak rontok, ingatlah berbagai informasi tersebut, ya. Semoga bermanfaat!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading