Sukses

Beauty

5 Tips Mengatasi Makeup Patchy agar Selalu Tampil Flawless

Fimela.com, Jakarta Saat musim panas mendekat dan suhu meningkat, selain berkeringat dan dehidrasi, satu masalah umum akan mulai muncul, yaitu makeup yang patchy. Patchy adalah istilah yang digunakan pada saat mengaplikasikan bedak, foundation, atau concealer yang tidak menempel sempurna di kulit. Hasilnya, makeup terlihat tidak rata, tidak natural, cenderung tebal seperti dempul.

Makeup patchy mungkin menjadi mimpi terburuk bagi pecinta riasan, terutama saat kamu telah menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan sisa makeup. Ada beberapa penyebab makeup yang patchy atau tidak merata, mulai dari pemilihan dan pemakaian produk makeup yang tidak sesuai, hingga kondisi kulit itu sendiri. 

Jika kamu kesulitan membangun rutinitas alas bedak yang tepat, jangan khawatir. Ternyata, ada cara untuk menghindari makeup patchy, dan yang diperlukan hanyalah hidrasi dan kombinasi produk yang tepat. Melansir dari henzirdagi.com, berikut ini tips mengatasi makeup patchy agar selalu tampil flawless.

1. Gunakan primer

Primer bertindak sebagai dasar makeup Sahabat Fimela. Ini memastikan kulit menjadi halus dan pengaplikasian makeup yang lancar. Menggunakan primer berkualitas baik sebelum mengaplikasikan foundation adalah kunci untuk menghindari makeup patchy, karena dapat mengecilkan pori-pori dan menghaluskan tekstur kulit. Primer juga mencegah makeup creasing

2. Gunakan setting spray

Salah satu alasan utama makeup patchy adalah tidak mengaturnya dengan benar. Sahabat Fimela perlu mengatur makeup untuk memastikannya tidak bergeser. Rapikan makeup dengan setting spray atau setting powder untuk menghindari makeup patchy. Kamu juga dapat menggunakan keduanya saat melakukan re-touch makeup.

3. Gunakan beauty blender yang lembab

Kebanyakan penata rias ternama selalu menyarankan beauty blender lembab saat merias wajah. Pasalnya, kelembaban beauty blender memungkinkannya menyerap produk berlebih. Ini memastikan makeup terlihat dewy dan alami.

4. Pilih produk makeup yang tepat

Penting untuk memilih produk makeup yang tepat sesuai dengan jenis kulitmu. Jika Sahabat Fimela memiliki kulit berminyak dan menggunakan foundation yang dewy untuk makeup, maka hasilnya tidak akan merata. Bagi pemilik kulit berminyak, gunakan foundation dan concealer dengan hasil akhir matte, serta produk bedak untuk membentuk kontur wajah. Gunakan foundation, concealer, contour, dan blush on yang memiliki hasil akhir dewy jika kamu memiliki kulit kering.

5. Jangan lupa untuk eksfoliasi

Anggaplah kulit Sahabat Fimela sebagai kanvas dan makeup sebagai cat. Jika kanvas tidak bersih, maka lukisan tidak akan pernah indah. Eksfoliasi 2x seminggu untuk menghilangkan sel kulit mati. Ini akan menciptakan permukaan makeup yang halus dan memastikan makeup tidak menjadi patchy.

 

Penulis: Miftah DK.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading