Sukses

Beauty

Rekomendasi Shampo untuk Meluruskan Rambut, Gunakan Tips Ini untuk Memilih yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Memilih shampo untuk meluruskan rambut jadi salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan. Selain rambut bergelombang dan keriting yang indah, rambut lurus serta lembut pun juga jadi hal yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Namun, untuk mendapatkan rambut yang benar-benar lurus sendiri diperlukan banyak usaha, salah satunya adalah dengan memilih shampo untuk meluruskan rambut.

Akan tetapi, perlu kamu pahami bahwa penggunaan shampo yang bagus untuk meluruskan rambut sendiri tak bisa memberikan hasil yang sama dengan penggunaan alat-alat pemanas, seperti catokan. Inilah alasan mengapa tak ada yang namanya produk shampo pelurus rambut permanen.

Shampo untuk meluruskan rambut sendiri umumnya dimanfaatkan untuk merawat dan mempermudah penataan rambut sebelum atau setelah proses pencatokan. Dengan begitu, rambut akan terhindar dari rambut rontok, kering, hingga mengembang. Nah, buat kamu yang ingin menerapkan cara rambut tidak mengembang dan meluruskan rambut menggunakan shampo, cermati dulu beberapa hal di bawah ini sebelum memilihnya. Apa saja, ya?

1. Sesuaikan dengan Jenis Rambutmu

Sebelum memilih shampo yang bagus untuk meluruskan rambut berdasarkan kandungan di dalamnya, kamu harus memastikan dulu produk apa yang cocok dengan jenis rambutmu. Shampo untuk rambut kering, rambut berminyak, dan rambut berketombe memiliki formula yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan masing-masing. Sehingga, mau itu rambut gelombang wanita atau keriting, tetap harus memilih produk shampo yang benar-benar cocok untuk jenis rambut.

Jika kamu memiliki rambut kering, carilah produk shampo yang mampu melembapkan dan menghidrasi. Jika punya rambut berminyak, cari yang produk yang dapat membersihkan bantu mengurangi minyak berlebih. Selanjutnya, apabila rambutmu sering berketombe, maka pilihlah produk shampo yang telah dilengkapi dengan formula anti-ketombe. 

2. Cari yang Memiliki Formula Membersihkan dan Sekaligus Merawat

Setelah tahu apa jenis rambutmu, saatnya bergeser dulu untuk mengetahui kandungan atau formula apa yang dibutuhkan. Nah, salah satu cara memilih shampo untuk meluruskan rambut adalah dengan mencari produk yang memiliki formula membersihkan dan sekaligus merawat. 

Shampo yang bagus untuk meluruskan rambut sekalipun pasti harus mampu membersihkan rambut dan kulit kepala dari minyak berlebih serta debu kotoran yang menempel. Tapi, bukan cuma itu saj, produk shampo untuk meluruskan rambut keriting pendek dan rambut gelombang wanita pun pada dasarnya juga harus mengandung nutrisi yang dapat merawat kerusakan. Sehingga, dampak buruk dari penggunaan alat-alat pelurus rambut, seperti catokan akan bisa diminimalisir.

Biar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah shampo secara rutin sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Setelah itu, gunakan kondisioner agar rambut bisa semakin lembut dan halus. Jika ingin rambut lebih indah dan minim masalah, kamu bisa mengandalkan vitamin rambut yang memiliki berbagai nutrisi baik bagi kesehatan dan kecantikan rambutmu.

3. Shampo untuk Meluruskan Rambut dengan Keratin Bisa Jadi Pilihan

Pilihlah shampo untuk meluruskan rambut yang memiliki keratin. Shampo yang bagus untuk meluruskan rambut seperti ini akan sangat tepat buat kamu yang ingin rambut tetap lembut, halus, rapi, dan mudah diatur. Entah itu rambut keriting pendek, rambut keriting panjang, atau bahkan rambut bergelombang sekalipun, shampo yang berbahan keratin ini pasti akan sangat dibutuhkan.

Perlu diketahui bahwa keratin merupakan protein yang memiliki banyak manfaat bagus buat kesehatan dan kecantikan rambut. Mulai dari memberikan kekuatan dan elastisitas pada rambut, melindungi lapisan terluar rambut, menjaga kelembapan, serta membantu pertumbuhan rambut. Tak hanya itu, keratin pun juga dapat diandalkan untuk merawat ragam kerusakan yang dialami oleh rambut, seperti rambut mengembang hingga kerontokan. Apabila ingin rambut tetap terawat, jangan lupa untuk menerapkan cara rambut tidak mengembang ini, ya.

4. Pilih yang Mengandung Minyak Natural di Dalamnya

Jangan lupa memilih produk shampo untuk meluruskan rambut yang mengandung minyak natural di dalamnya. Bahan alami ini sendiri sebenarnya sudah sering dimanfaatkan di berbagai produk kecantikan, termasuk pula pada shampo untuk rambut kering. 

Meskipun tak ada shampo pelurus rambut permanen, namun mengandalkan shampo yang mengandung minyak natural di dalamnya akan tetap bisa memberikan khasiat terbaik dalam hal membuat rambut lebih rapi dan indah. Pasalnya, di dalam minyak natural sendiri, kamu bisa menemukan banyak kebaikan yang luar biasa.

Sebagai contoh, minyak kelapa yang dapat menutrisi setiap helai rambut, memperkuat akar rambut, melembapkan rambut, hingga mencegah rambut kehilangan protein. Lalu, ada minyak zaitun yang mampu menghidrasi rambut kering, bantu bikin rambut kusam lebih berkilau, membuatnya lebih lembut dan gampang diatur, hingga sebagai cara rambut tidak mengembang. Selain itu, ada pula minyak kemiri yang bisa diandalkan untuk menetralkan radikal bebas untuk mencegah kerusakan rambut dan sel-sel kulit kepala. 

5. Gunakan Shampo dengan Kandungan Pro Vitamin B5

Sering meluruskan rambut gelombang wanita dengan alat pemanas? Hati-hati, rambut bisa berisiko rusak dan makin tak sehat. Tapi, jika kamu memberikan perawatan yang baik, seperti rutin memakai shampo untuk meluruskan rambut, maka permasalahan tersebut akan bisa diminimalisir.

Cobalah untuk memilih shampo untuk rambut mengembang yang mengandung pro vitamin B5. nutrisi ini pada dasarnya memiliki banyak kegunaan bagi rambut. Di antaranya seperti menutrisi, melembapkan, melembutkan, dan memperkuat semua jenis rambut. Selain itu, pro vitamin B5 pada shampo pun juga bermanfaat untuk menjadikan rambut tampak berkilau dan mudah diatur.

Tapi, sebelum membelinya, kamu wajib menghindari produk dengan embel-embel shampo pelurus rambut permanen. Sebab, produk tersebut bisa saja mengandung bahan berbahaya yang tak baik buat kesehatan dan kecantikan rambutmu.

6. Andalkan Shampo yang Melembutkan dan Menghidrasi

Meluruskan rambut keriting pendek dan rambut gelombang wanita sebenarnya bukan sesuatu yang dilarang. Hanya saja, kamu harus rajin merawatnya dengan cara yang tepat. Agar rambut tidak rontok dan rusak, gunakan shampo untuk rambut kering secara rutin. Tapi, seperti apa sih shampo untuk rambut mengembang yang bagus?

Cobalah untuk mengandalkan shampo yang melembutkan dan menghidrasi. Penggunaan alat-alat pelurus rambut nyatanya bisa membuat minyak alami pada rambut perlahan hilang. Sehingga, batang rambut akan lebih rentan patah dan mengalami kerontokan. Inilah mengapa, penting untuk mengandalkan produk shampo yang mampu mengembalikan kelembapan rambut. 

7. Manfaatkan Shampo dengan Vitamin Rambut di Dalamnya

Menggunakan shampo untuk rambut mengembang dengan kebaikan vitamin di dalamnya juga bisa menjadi tips jitu yang dilakukan. Ketahuilah bahwa vitamin rambut kering yang bagus akan bisa membantu merawat dan memelihara rambut dari berbagai kerusakan. 

Ya, di dalam shampo yang vitamin rambut kering yang bagus sendiri dapat ditemukan ragam manfaat baik. Misalnya saja, vitamin A pada shampo untuk rambut tumbuh cepat, yang berfungsi menstimulasi kelenjar kulit untuk menghasilkan minyak alami yang disebut sebum, termasuk di kulit kepala. Lalu, vitamin B kompleks yang bisa diandalkan untuk mencegah rambut kering dan rontok karena kebiasaan menyatok rambut menggunakan alat pemanas. 

Selain itu, ada pula vitamin E yang mampu menyehatkan rambut, mencegahnya dari kerontokan dan rambut patah, mengembalikan kilau rambut, hingga memperbaiki struktur rambut yang rusak dan bermasalah. Untuk vitamin C, kamu bisa memanfaatkannya agar rambut terlindungi dari radikal bebas, memperkuat akar rambut, serta menjaga kesehatan dan kelembapan rambut. 

See, penggunaan shampo yang di dalamnya terdapat kebaikan vitamin memang akan cocok bila diandalkan sebagai salah satu cara rambut tidak mengembang. Jadi, jangan lupa dicoba, ya!

8. Cari yang Dilengkapi dengan Aloe Vera 

Shampo untuk rambut kering yang terbuat dari bahan-bahan organik pun dapat menjadi pilihan tepat buat kamu. Misalnya saja, pilih produk shampo yang mengandung aloe vera atau lidah buaya. 

Cara rambut tidak mengembang dengan menggunakan aloe vera sendiri sebenarnya sudah dilakukan dari bertahun-tahun lalu. Ya, bahan alami satu ini memang memiliki khasiat luar biasa jika menyangkut kesehatan dan kecantikan rambut. Di dalam aloe vera sendiri, terkandung ragam vitamin rambut kering yang bagus. Misalnya saja seperti vitamin A, C, E, dan lainnya. Selain itu, aloe vera juga dikenal akan kebaikan berbagai mineralnya.

Berbagai nutrisi tersebutlah yang bikin aloe vera mampu mencegah kerontokan, menjadikannya lebih berkilau, mengurangi rambut berminyak, melembapkan rambut, merangsang pertumbuhan rambut, hingga dapat merawat rambut keriting pendek dan model lainnya dari dampak buruk alat pelurus rambut.

9. Pilih Produk Shampo yang Dikombinasikan dengan Kondisioner

Salah satu cara rambut tidak mengembang dan tetap terawat meski menggunakan alat catok adalah dengan memilih shampo untuk rambut mengembang yang dikombinasikan dengan kondisioner. Produk 2 in 1 ini sekarang sudah banyak diperjual belikan di pasaran. Kehadirannya pun tentu memberikan kemudahan dan kepraktisan bagi siapapun.

Menariknya, formula di dalam shampo untuk rambut tumbuh cepat yang digabung dengan kondisioner ini memiliki sejumlah manfaat yang mungkin saja belum kamu ketahui. Di antaranya seperti membantu merawat rambut yang sering terpapar suhu panas alat catok atau matahari, membuat rambut lepek hilang, menjadikan rambut tampak lebih tebal dan bervolume, memberikan kelembapan ringan pada rambut, menenangkan kulit kepala yang gatal dan iritasi, serta banyak lagi lainnya.

Pemakaian shampo dengan kondisioner ini pun juga sama seperti shampo pada umumnya. Kamu bisa gunakan setiap 2 atau 3 kali sehari untuk mendapatkan manfaat maksimalnya. Selain itu, memanfaatkan produk 2 in 1 ini dijamin akan bikin kamu hemat waktu. Yuk, cobain mulai sekarang!

10. Jangan Pilih yang Ada Bahan Kimia Berbahaya

Jika menemukan produk yang bertuliskan atau berembel-embelkan shampo pelurus rambut permanen, kamu wajib banget untuk berhati-hati. Sebab, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa tak ada produk shampo yang efeknya setara dengan alat-alat pemanas, seperti catokan ataupun perawatan dari salon. Dan shampo tersebut pun bisa jadi memiliki bahan kimia berbahaya yang bisa merusak rambut indahmu. Jadi, jangan mudah tergiur dan cermati lagi produk shampo tersebut sebelum membelinya.

Itulah tadi sejumlah cara memilih shampo yang tepat. Mencari produk shampo yang tepat memang membutuhkan perhatian terhadap kandungan bahan aktif, kesesuaian dengan jenis rambut, dan keamanan bahan kimia yang digunakan. Dengan mempertimbangkan ketiga faktor ini, kamu akan dapat menemukan shampo yang tidak hanya bisa merawat rambut dari efek buruk alat pemanas, tetapi juga menjaganya tetap sehat dan indah. Jangan ragu untuk mencoba beberapa produk dan melihat mana yang paling cocok untuk dirimu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading