Sukses

Beauty

Agar Rambut Tidak Rontok, Lakukan Sederet Kebiasaan Baik Ini dengan Rutin

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok jadi permasalahan umum yang bisa dialami oleh siapa saja, baik itu pria maupun wanita. Tapi, jangan khawatir, sebab ada sejumlah kebiasaan baik yang bisa dilakukan agar rambut tidak rontok. Kebiasaan baik ini tentunya dapat menjadi cara merawat rambut rontok yang praktis dan efektif bila dilakukan secara rutin dan telaten.

Tetapi sebelum masuk ke penjelasan lebih lanjut tentang tips agar rambut tidak rontok, mungkin kamu pernah bertanya-tanya kenapa rambut rontok banyak? Ada beberapa faktor yang diyakini dapat menyebabkan rambut rontok parah. Di antaranya seperti kebiasaan menggunakan alat-alat styling rambut yang berlebihan, kekurangan gizi, perubahan hormon, genetika atau keturunan, hingga adanya penyakit dalam tubuh dan penggunaan obat-obat atau treatment medis tertentu.

Meskipun beberapa faktor penyebab seperti genetika atau hormon tidak bisa dikendalikan, namun beragam rutinitas baik ini dapat diandalkan sebagai perawatan rambut rontok yang diakibatkan oleh gaya hidup dan kebiasaan buruk yang mampu merusak rambut. Nah, buat kamu yang juga mengalami permasalahan rambut rontok yang berlebih, coba baca dulu rangkaian kebiasaan baik berikut agar rambut tidak rontok.

1. Rutin Menggunakan Shampo untuk Rambut Rontok dan Tipis

Agar rambut tidak rontok, kamu wajib rutin menggunakan shampo untuk rambut rontok dan tipis. Ketahuilah bahwa menjaga kebersihan kulit kepala dan batang rambut adalah hal paling dasar dalam cara merawat rambut rontok. Jika kebersihan kepala tidak dijaga, maka kamu bisa saja mengalami ragam permasalahan, seperti rambut rontok hingga kulit kepala berketombe. 

Oleh karena itu, penggunaan shampo rambut rontok dan ketombe sangat direkomendasikan bila kamu tak ingin merasakan rambut berguguran. Nah, dalam memilih produk shampo rambut rontok dan ketombe terbaik, carilah yang mengandung ginseng, nettle, chamomile, horsetail, protein, dan Pro-Vitamin. Berbagai nutrisi tersebut telah dipercaya dan terbukti ampuh untuk mengurangi kerontokan serta memperbaiki jaringan rambut agar lebih kuat dan tak mudah patah.

Meski begitu, dalam melakukan perawatan rambut rontok, upayakan agar tak terlalu sering keramas menggunakan shampo untuk rambut rontok dan tipis, ya. Pasalnya, hal tersebut justru dapat menghilangkan minyak alami pada rambut dan membuatnya jadi lebih rentan rontok. Kamu bisa keramas secara rutin setiap 2-3 kali dalam seminggu. Pastikan produk shampo yang digunakan sudah sesuai jenis rambut dan keramaslah menggunakan air dingin biasa.

2. Pakai Kondisioner Setiap Selesai Keramas

Setelah selesai keramas menggunakan shampo untuk rambut rontok dan tipis, jangan lupa mengaplikasikan kondisioner yang cocok dengan jenis rambutmu. Pemakaian kondisioner secara rutin merupakan langkah jitu berikutnya agar rambut tidak rontok. Apalagi karena produk perawatan rambut rontok ini memiliki segudang manfaat baik untuk kecantikan dan kesehatan rambut. Mulai dari melindungi lapisan terluar rambut, menghaluskan, melembutkan, serta memberi nutrisi yang dibutuhkan agar rambut tetap sehat dan berkilau. 

Buat yang mau mencoba cara merawat rambut rontok dengan kondisioner, pastikan sudah memilih produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan rambut. Bila memiliki rambut yang sering lepek dan berminyak, maka kamu wajib memilih kondisioner yang bersifat volumizing dan mampu menyeimbangkan minyak di rambut. Selain itu, pilihlah yang mengandung protein untuk dapat memperkuat batang rambut.

Namun jika rambutmu cenderung kering dan kusam, pilihlah produk yang mampu memberi hidrasi dan kelembapan ekstra serta melembutkan. Dengan begitu, bukan hanya tak gampang rontok saja, tapi rambutmu juga bisa tetap lembut, halus, dan indah.

3. Manfaatkan Masker Rambut yang Melembapkan

Agar rambut tidak rontok, maka kelembapannya harus senantiasa dijaga. Untuk bisa menjaga kelembapan pada rambut, kamu dapat memanfaatkan khasiat baik dari masker rambut. Perawatan rambut rontok yang dilakukan dengan rutin menggunakan masker rambut memang salah satu cara ampuh yang dapat diikuti. Sebab, produk satu ini bermanfaat untuk memberikan kelembapan pada rambut dalam waktu yang lama, serta menutrisinya agar lebih sehat.

Cara merawat rambut rontok dengan masker rambut bisa dilakukan maksimal sekali seminggu atau ketika kondisi rambut benar-benar sudah rusak. Namun, jika kerusakannya tidak terlalu parah, kamu bisa menggunakannya setiap sebulan atau dua bulan sekali. 

4. Andalkan Khasiat Serum Rambut

Penggunaan serum pun wajib diterapkan agar rambut tidak rontok. Serum rambut mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan protein yang dapat memperkuat akar rambut. Kandungan seperti biotin, keratin, dan vitamin E dalam serum rambut pun mampu bekerja secara efektif untuk memperkuat struktur rambut dari dalam, sehingga mengurangi kerontokan. 

Selain itu, perawatan rambut rontok yang dilakukan dengan serum juga dapat digunakan sebagai cara numbuhin rambut cepat yang efektif. Nyatanya, Serum rambut tidak hanya mampu mengatasi kerontokan, tetapi juga merangsang pertumbuhan rambut baru. Banyak serum rambut yang mengandung bahan aktif seperti ekstrak tumbuhan, minyak esensial, dan peptida yang diketahui dapat merangsang folikel rambut dan mempercepat proses regenerasi rambut. So, kalau ingin menumbuhkan rambut dengan cepat setelah kerontokan, wajib banget menggunakan produk satu ini.

5. Aplikasikan Vitamin untuk Rambut Rontok Parah

Jangan lupa mengaplikasikan vitamin secara rutin agar rambut tidak rontok. Perawatan rambut rontok satu ini memang efektif  apabila ingin melawan kerontokan yang parah. Vitamin untuk rambut rontok parah, terutama yang mengandung biotin (vitamin B7), dapat membantu memperkuat akar rambut. Biotin pada dasarnya berperan penting dalam produksi keratin, protein yang menjadi komponen utama rambut. Dengan asupan biotin yang cukup, akar rambut menjadi lebih kuat dan mampu menahan tekanan serta kerusakan yang dapat menyebabkan kerontokan. 

Selain itu, vitamin untuk rambut rontok parah yang dilengkapi dengan vitamin B kompleks, termasuk vitamin B6 dan B12, juga sangat penting dalam menutrisi folikel rambut. Kedua vitamin ini membantu dalam produksi sel darah merah, yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk folikel rambut. Jika mendapatkan nutrisi yang cukup, maka folikel rambut akan lebih sehat dan mampu mendukung pertumbuhan rambut baru yang kuat. Jadi, jangan lupa mencoba cara numbuhin rambut cepat yang satu ini, ya.

6. Kurangi Pemakaian Alat Styling Rambut

Salah satu alasan kenapa rambut rontok banyak adalah penggunaan hair styling tools yang berlebihan. Memakai hair dryer, catokan rambut, serta pengeriting rambut tanpa mengaplikasikan vitamin dan dilakukan setiap hari akan membuat rambut lebih rentan mengalami permasalahan, termasuk pula kerontokan. Inilah mengapa, jika kamu ingin rambut tetap sehat, kuat, dan tidak rontok, penting untuk selalu memerhatikan penggunaan alat-alat styling tersebut mulai sekarang dan di waktu nanti.

Namun, apabila terpaksa harus menggunakannya, sebaiknya aplikasikan dulu vitamin untuk rambut rontok parah di seluruh permukaan rambut. Kamu bisa memilih vitamin rambut yang dapat memberikan kelembapan dan nutrisi yang diperlukan oleh rambut. Selain itu, cari produk yang telah dilengkapi dengan heat protection di dalamnya. Dengan begitu, rambut kamu bisa tetap aman dari efek buruk penggunaan alat-alat hair styling yang punya panas berlebih.

7. Menyisir Rambut Seperlunya Saja

Menyisir rambut merupakan rutinitas yang dilakukan oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang memiliki rambut panjang. Tapi, tahukah kamu bahwa menyisir rambut yang terlalu sering dan tanpa cara yang tepat nyatanya tidak bagus dan bahkan dapat menyebabkan kerontokan. Alasan kenapa rambut rontok banyak karena menyisir juga difaktori oleh beberapa hal.

Pertama, menyisir rambut memberikan tekanan fisik langsung pada rambut dan kulit kepala. Jika kamu menyisir rambut terlalu keras atau menggunakan sisir dengan gigi yang tajam, ini dapat menarik rambut dari akarnya. Tarikan yang berulang-ulang, terutama saat rambut basah atau kusut, dapat melemahkan folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok. 

Kedua, menyisir rambut secara agresif dapat merusak kutikula, lapisan pelindung terluar rambut. Ketika kutikula rusak, rambut menjadi lebih rentan terhadap kerusakan. Terakhir, rambut lebih rentan patah ketika basah karena lebih elastis dan rentan terhadap kerusakan. Menyisir rambut saat basah dapat menarik rambut dari akarnya dan menyebabkan kerontokan.

Dengan berbagai dampak tersebut, akan tepat rasanya bila kamu menyisir rambut seperlunya saja dan dengan cara yang benar. Cara agar rambut tidak rontok secara alami ini juga mudah dan praktis, sehingga tak ada alasan untuk tidak melakukannya.

8. Pijat Kepala Biar Rileks

Cara merawat rambut rontok selanjutnya dapat dilakukan dengan cara memijat kepala biar rileks. Cara agar rambut tidak rontok secara alami ini patut dicoba mengingat ada banyak manfaat baik yang bisa didapatkan. 

Melakukan teknik pijat kepala yang tepat dapat membantu memperkuat akar rambut. Ini karena pijatan yang lembut dan teratur mampu membantu menstimulasi dan menguatkan folikel rambut, sehingga akar dan batang rambut menjadi lebih kuat. Dengan akar dan batang yang kuat, rambut pun tentu bisa terhindar dari kerontokan.

Di sisi lain, memijat kepala dengan cara yang benar juga bisa diandalkan sebagai cara numbuhin rambut cepat. Setelah mengalami kerontokan parah dan hampir botak, pasti ada keinginan di hati terdalam agar rambut bisa tumbuh kembali secepatnya. Untungnya, memijat kepala dapat membantu mewujudkan hal tersebut. Sebab, kegiatan memijat sendiri dapat bikin kepala lebih rileks dan mampu mengurangi stress. Dengan begitu, pertumbuhan rambut baru yang sehat bisa lebih cepat. 

9. Kurangi Stress Berlebihan

Kenapa rambut rontok banyak? Mungkin saja salah satu alasannya adalah karena stress yang berlebihan. Pada dasarnya, stress merupakan sumber dari berbagai permasalah dalam tubuh, termasuk pada rambut. Jika stress tak dikelola dengan baik, rambut tentu akan lebih mudah mengalami kerontokan dan masalah lainnya. Itulah mengapa, cara agar rambut tidak rontok secara alami yang selanjutnya adalah mengatur level stress dalam tubuh dengan bijak. 

10. Atur Gaya Hidup yang Sehat 

Memiliki gaya hidup yang kurang sehat nyatanya bisa jadi alasan kenapa rambut rontok banyak. Tidak memerhatikan makanan untuk rambut rontok, jarang berolahraga, dan sering begadang seringkali jadi penyebab mengapa rambut lebih rawan rusak dan tidak sehat. Inilah mengapa, penting sekali untuk menjaga pola hidup yang lebih sehat sebagai cara agar rambut tidak rontok secara alami.

Untuk menerapkan cara numbuhin rambut cepat ini, kamu bisa memulainya dengan memilih berbagai makanan untuk rambut rontok yang tepat. Carilah makanan yang mengandung protein dan vitamin C seperti ikan-ikanan. Lalu, bisa pula memilih makanan yang kaya akan vitamin B kompleks seperti yoghurt dan lemak tak jenuh seperti alpukat. Selain makanan, iringi pula gaya hidupmu dengan olahraga yang rutin dan waktu tidur malam yang cukup. 

Well, itu tadi sejumlah kebiasaan baik untuk mengatasi kerontokan yang kamu alami. Mengurangi rambut rontok sebetulnya memang membutuhkan perawatan holistik yang mencakup pola makan sehat, manajemen stres, penggunaan produk perawatan rambut yang tepat, dan perawatan alami. Dengan mengikuti tips di atas secara rutin, kamu pasti bisa memperkuat rambut dan mengurangi kerontokan secara signifikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading