Sukses

Beauty

4 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan, Bisa Bikin Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Kemiri merupakan salah satu bumbu dapur yang sering dimanfaatkan dalam ragam jenis masakan. Namun, terlepas dari fungsinya sebagai rempah masakan, ternyata terdapat banyak sekali manfaat dari kemiri, terutama untuk kecantikan. Yup, melalui minyak kemiri, kamu bisa merasakan dampak baik untuk kecantikan rambut dan kulit.

FYI saja bahwa minyak kemiri yang dihasilkan dari ekstrak biji kemiri memang telah lama digunakan dalam berbagai perawatan kecantikan tradisional. Kandungan nutrisinya yang kaya membuat minyak kemiri menjadi pilihan populer untuk menjaga kesehatan kulit serta rambut. Nah, buat yang penasaran, berikut adalah empat manfaat utama minyak kemiri untuk kecantikan.

1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Salah satu manfaat utama minyak kemiri adalah kemampuannya untuk merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan asam linoleat dan oleat dalam minyak kemiri dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, sehingga dapat mendukung pertumbuhan rambut yang lebih cepat dan sehat. Minyak kemiri juga mengandung protein yang dapat membantu memperkuat folikel rambut, sehingga mengurangi kerontokan.

2. Mengatasi Ketombe

Selain merangsang pertumbuhan rambut, minyak kemiri pun dipercaya dapat mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala. Bahan alami ini memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu mengatasi masalah ketombe dan kulit kepala yang gatal. Sifat pelembab alaminya pun juga membantu menjaga kulit kepala tetap lembab, sehingga mencegah pengelupasan kulit yang berlebihan.

3. Merawat Kulit Kering dan Bersisik

Buat yang belum tahu, minyak kemiri sendiri faktanya kaya akan asam lemak esensial yang dapat membantu memperbaiki dan menjaga kelembaban kulit. Minyak ini mudah diserap oleh kulit, sehingga efektif dalam mengatasi kulit kering, bersisik, dan pecah-pecah. Selain itu, antioksidan alami yang ada di dalam minyak kemiri juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

Last but not least, minyak kemiri bisa banget diandalkan untuk bikin kulit lebih awet muda. Yup, kandungan antioksidan dalam minyak kemiri, seperti vitamin E, dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan keriput. Bukan hanya itu, minyak kemiri pun juga mampu membantu meningkatkan produksi kolagen, yang menjaga kulit tetap elastis dan kencang.

Dengan adanya beragam manfaat yang ditawarkan, nggak heran jika minyak kemiri sering dijuluki sebagai minyak ajaib. Sebab, selain bisa digunakan untuk bikin hidangan jadi lebih sedap, bahan alami ini juga efektif untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan, dari rambut hingga kulit. 

Penggunaan rutin minyak kemiri dapat membantu kamu mendapatkan rambut yang lebih tebal dan sehat, mengatasi ketombe, menjaga kelembaban kulit, serta mengurangi tanda-tanda penuaan. Dengan manfaat yang begitu banyak, minyak kemiri layak untuk dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan kecantikanmu. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading