Sukses

Beauty

Kenapa Rambut Rontok Banyak? Ini Ragam Penyebab dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Kehilangan beberapa helai rambut sebenarnya merupakan hal yang normal. Tapi, apa jadinya bila helai rambut yang berguguran sangat banyak dan bahkan bisa dianggap berlebihan? Tentu hal seperti ini bisa menimbulkan kekhawatiran. Pertanyaannya, kenapa rambut rontok banyak dan terkadang bisa menyebabkan kebotakan?

Alasan kenapa rambut rontok banyak sendiri kerap nggak diketahui oleh banyak orang. Ketika rambut perlahan-lahan berguguran, mereka terkadang hanya membiarkannya dan menganggap bahwa itu akan kembali normal seiring berjalannya waktu. Padahal, agar rambut tidak rontok, wajib hukumnya untuk mengetahui ragam penyebab rambut rontok parah pada wanita dan penyebab rambut rontok parah pada pria. Dengan begitu, treatment yang tepat pun bisa diterapkan agar rambut nggak lagi mengalami kerontokan.

Buat kamu yang mengalami permasalahan rambut seperti ini, coba deh baca informasi berikut agar tahu kenapa rambut rontok banyak. Selain itu, informasi di bawah ini pun juga akan mengajak kamu mengetahui cara yang tepat mengatasi rambut rontok banyak. Yuk, langsung disimak saja.

Alasan Kenapa Rambut Rontok Banyak?

Ada beberapa penyebab rambut rontok parah pada pria dan wanita. Namun, pada umumnya, ragam penyebab tersebut berasal dari pola hidup yang kurang baik, pengaruh hormon, dan juga akibat penyakit serta penggunaan obat-obatan tertentu. Biar semakin paham, baca dulu informasi lebih lengkapnya berikut ini.

1. Level Stress yang Terlalu Tinggi

Sebagai manusia, stress merupakan hal yang sangat sulit untuk dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Stress ini bisa muncul karena banyak faktor, misalnya saja seperti pekerjaan, pendidikan, serta masalah hidup lainnya. Meski begitu, stress yang tinggi dan sering ditumpuk nyatanya kurang baik buat kesehatan, termasuk dapat berdampak buruk bagi rambut.

Buat kamu yang bertanya-tanya kenapa rambut rontok banyak? Maka salah satu jawabannya adalah karena tumpukan stress yang ada di dalam diri kamu sendiri. Sadar atau nggak, individu yang lebih stress ternyata lebih mudah mengalami kerontokan ketimbang mereka yang level stressnya masih normal. 

Rambut rontok karena stress memang bukan hal yang mudah dihindari. Apalagi kalau kehidupan yang kamu jalani sangat kompleks dan bahkan minim waktu untuk bernapas dengan lega sejenak. Penyebab rambut rontok parah pada pria dan wanita ini memang sulit banget untuk diatasi, apalagi bagi mereka yang menjalani kehidupan di perkotaan, yang mana penuh hiruk pikuk manusia dan juga aktivitas yang padat. 

Walaupun demikian, kamu nggak perlu cemas dulu. Sebab, rambut rontok karena stress ini masih bisa diselesaikan asal disertai dengan pola hidup lebih baik. Mulailah untuk mengatur level stress agar lebih terkontrol. Ini bisa dilakukan dengan cara meditasi, liburan sejenak, dan lain sebagainya.

2. Tubuh yang Kekurangan Gizi

Rambut rontok karena stress memang wajib diantisipasi. Akan tetapi, ada pula penyebab rambut rontok parah pada wanita lainnya yang juga nggak kalah mengkhawatirkan. Yup, apalagi kalau bukan karena kekurangan gizi.

Saat ini, banyak perempuan yang lebih mengutamakan penampilan. Banyak cara pun dilakukan agar mereka mendapatkan penampilan ideal yang diinginkan. Satu di antaranya adalah dengan melakukan diet ketat. Meskipun diet merupakan aktivitas yang sehat, namun bila dilakukan secara berlebihan, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Apabila diet dilakukan secara ekstrem, maka tubuh bisa mengalami kekurangan nutrisi dan tentunya ini akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, termasuk pula rambut dan akarnya. Semakin kurang nutrisi yang diperlukan, maka akan semakin besar pula kerusakan yang dialami oleh rambut. Nggak tanggung-tanggung, rambut bisa mengalami kerontokan hingga kebotakan. Inilah alasan kenapa rambut rontok banyak akibat kekurangan gizi nggak boleh sampai disepelekan atau nggak diatasi segera.

 

3. Faktor Genetik atau Turunan

Level stress masih normal dan kamu rajin memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh, tetapi kenapa rambut rontok banyak? Perlu diketahui bahwa penyebab rambut rontok parah pada wanita bukan cuma satu atau dua saja. Yup, selain karena faktor pola hidup yang kurang baik, ternyata rambut rontok juga bisa terjadi akibat faktor genetik atau turunan.

Jika orang tua sering mengalami kerontokan, bukan hal yang mustahil bagi anak untuk mengalami permasalahan yang serupa. Tapi tenang saja, karena ini merupakan masalah rambut rontok normal dan umum terjadi. Bukannya karena ada penyakit, tetapi lebih diakibatkan oleh kombinasi genetika, kadar hormon, dan proses penuaan.

Walau begitu, kerontokan yang diakibatkan faktor genetik atau turunan ini bersifat permanen dan sering dirasakan sedari usia muda. Jadi, jangan heran jika ada orang-orang yang mengalami kebotakan di usia dini. Sebab, bisa saja hal ini disebabkan oleh faktor genetik ataupun turunan.

4. Pengaruh Penyakit dan Perawatan Medis Tertentu

Kenapa rambut rontok banyak? Hal ini tentunya wajib kamu waspadai. Sebab, bisa saja mengindikasikan adanya penyakit tertentu di dalam tubuh yang mengakibatkan rambut mengalami kerontokan dalam jumlah banyak. 

Nyatanya, ada banyak kondisi medis yang membuat penderitanya mengalami kerontokan. Adapun penyakit penyebab rambut rontok parah pada pria dan wanita tersebut seperti gangguan tiroid, anemia defisiensi besi, penyakit autoimun, polycystic ovary syndrome (PCOS), penyakit Celiac, hingga masalah autoimun. 

Selain itu, ada pula masalah kerontokan rambut yang disebabkan oleh perawatan medis tertentu. Yang dimaksud di sini dapat berupa penggunaan obat-obat tertentu, efek samping kemoterapi, dan seterusnya.

5. Faktor Usia

Penyebab rambut rontok parah pada wanita dan pria pun bisa pula disebabkan oleh faktor usia. Semakin bertambahnya usia manusia, maka akan ada beberapa perubahan pada tubuh yang akan dialami. Di antaranya kulit yang semakin keriput dan nggak eleastis, organ tubuh yang kinerjanya berkurang, hingga munculnya uban dan kerontokan pada rambut. 

Penyebab rambut rontok parah pada pria dan wanita ini sebenarnya merupakan kondisi rambut rontok normal. Sehingga, kamu nggak perlu khawatir bila mengalaminya.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Berbeda dari rambut rontok normal, masalah kerontokan yang parah nyatanya perlu diberikan treatment yang tepat. Dengan begitu, akar dan batang rambut bisa lebih kuat dan terhindar dari kerontokan parah. Nah, untungnya cara mengatasi rambut rontok berlebihan bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Bahkan, kamu nggak perlu repot-repot ke salon dan mengeluarkan dana yang banyak. Mau tahu apa saja ragam cara mengatasi rambut rontok berlebihan?

1. Rutin Memakai Shampo untuk Rambut Rontok

Sama seperti rambut rontok normal, kerontokan berlebih yang terjadi juga tetap perlu dirawat menggunakan shampo yang tepat. Bahkan, shampo untuk rambut rontok yang sudah parah nggak bisa sembarangan dipilih, lho. Meskipun pemakaian rutin shampo ini merupakan hal dasar untuk mengatasi kerontokan, tetapi tetap perlu kehati-hatian dalam melakukannya.

Nah, hal pertama yang perlu dilakukan oleh kamu yang sedang mencari shampo untuk rambut rontok parah adalah mencari produk yang sesuai dengan jenis rambut. Bila memiliki rambut berminyak, maka pastikan untuk memilih shampo untuk rambut rontok yang berlabel strengthening, fortifying, balancing, dan volumizing agar produksi minyak di kulit kepala berkurang. Sementara untuk jenis rambut kering, kamu bisa memilih shampo dengan label moisturizing, smoothing, dan hydrating agar kulit kepala terhidrasi dan lembap.

Selain itu, pastikan shampo yang kamu pilih tersebut sudah mengandung bahan-bahan seperti ginseng, asam amino, rosemary, kafein, hingga asam amino. Pasalnya, berbagai bahan tersebut dinilai mampu mengatasi tanda-tanda kerontokan awal, serta mempercepat pertumbuhan rambut yang sehat.

2. Gunakan Vitamin untuk Rambut Rontok Parah

Vitamin untuk rambut rontok parah penting sekali untuk dimasukkan ke dalam rangkaian perawatan rambut harianmu. Tahukah kamu bahwa vitamin untuk rambut rontok parah ini memiliki banyak sekali manfaat baik buat rambut? Bukan hanya mencegah agar rambut tidak rontok, produk ini pun nyatanya juga dapat mendukung proses tumbuhnya rambut, mempertahankan kilau alaminya, melindungi lapisan terluar rambut dari kerusakan, hingga membuat rambut tampak lebih bervolume.

Penggunaan vitamin untuk rambut rontok parah bisa dilakukan setiap habis keramas atau sebelum menggunakan alat-alat styling yang cenderung punya suhu panas berlebih. Menggunakannya secara rutin pun dianggap akan sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan rambut kamu. Yuk, jadikan vitamin untuk rambut rontok parah sebagai rutinitas sehari-hari. 

3. Pakai Serum Rambut Rontok yang Rutin

Sama seperti vitamin untuk rambut rontok parah, penggunaan serum rambut pun juga memiliki peranan penting untuk mengatasi kerontokan. Mau itu rambut rontok normal atau parah, penggunaan serum sudah sepatutnya dijadikan kebiasaan. Apalagi buat kamu yang memiliki ragam permasalahan rambut yang nggak kunjung usai.

Agar rambut tidak rontok, kamu bisa menggunakan serum rambut rontok setelah selesai keramas dan rambut agak kering. Menggunakannya dalam kondisi tersebut dapat membuat formula di dalam serum dapat terserap dengan lebih baik dan membuat rambut lebih halus, lembut, serta kuat. 

4. Atur Pola Makan yang Sehat

Selain penggunaan hair care, cara mengatasi rambut rontok berlebihan selanjutnya adalah dengan menjaga pola makan yang benar dan sehat. Rambut rontok normal dan parah juga memerlukan nutrisi dari dalam tubuh. Dan salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan untuk rambut rontok.

Makanan untuk rambut rontok sendiri sebenarnya ada banyak. Mulai dari telur, sayuran hijau, buah-buahan, seafood, hingga susu rendah lemak. Semua makanan ini memiliki nutrisi penting untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan kuat. 

Di sisi lain, ada beberapa makanan juga yang perlu dihindari bila ingin rambut sehat dan terhindar dari kerontokan. Misalnya saja seperti junk food, makanan tinggi gula, makanan tinggi lemak jenuh, dan makanan serta minuman dengan kadar kafein tinggi.

5. Terapkan Gaya Hidup Lebih Sehat

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan terakhir adalah dengan menerapkan gaya hidup lebih sehat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kebanyakan kasus rambut rontok parah terjadi akibat pola hidup yang kurang baik. Itulah mengapa, agar rambut tidak rontok, kamu perlu memperbaiki kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan.

Ini tentunya bisa dimulai dengan mengatur waktu tidur yang cukup, bijak mengelola level stress, rajin berolahraga, dan perbanyak mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Dengan memperbaiki gaya hidup jadi lebih baik, maka permasalahan rambut rontok karena stress dan faktor lainnya pun pasti akan bisa teratasi. 

Itulah tadi sejumlah penyebab dan cara mengatasi rambut rontok banyak yang dapat diketahui. Permasalahan rambut yang rontok parah pada dasarnya memang bisa mengganggu penampilan dan bikin diri sendiri khawatir. Tapi dengan perawatan yang tepat dan penerapan gaya hidup yang baik, tentu masalah satu ini akan bisa lebih mudah diselesaikan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading