Sukses

Beauty

6 Rekomendasi Aroma Parfum yang Cocok Saat Cuaca Panas, Beserta Tips Penggunaanya agar Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Parfum pasti sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan. Penggunaan parfum sendiri berfungsi untuk meningkatkan penampilan dan menarik perhatian orang di sekitar kita. Aroma parfum juga dapat mencerminkan kepribadian seseorang.

Terdapat berbagai jenis parfum yang bisa Sahabat Fimela pilih disesuaikan. Namun, Sahabat Fimela harus bisa menyelesaikan dengan kondisi lingkungan. Di Indonesia sendiri merupakan negara tropis yang diselimuti banyak cuaca panas. 

Parfum dengan aroma yang berat, pekat, atau menyengat dapat menghasilkan efek yang kurang menyenangkan di iklim tropis. Sehingga Sahabat Fimela perlu lebih selektif dalam memilih parfum, agar tidak menimbulkan rasa mual atau sesak pada diri sendiri maupun orang di sekitar. 

Berikut adalah rekomendasi aroma parfum yang sesuai untuk cuaca panas serta tips penggunaannya agar wanginya tetap tahan lama, melansir dari Fragrantica dan Real Simple. 

1. Parfum dengan Aroma Laut (Oceanic/Aquatic Notes)

Pertama, Sahabat Fimela bisa menggunakan parfum dengan sifat yang ringn, cerah dan optimis. Hal ini bisa ditemukan dengan wewangian yang mengingatkan laut, pepohonan, pasir, garam, dan tumbuh-tumbuhan yang subur. Aroma laut atau aquatic memberikan kesan segar dan bersih, mirip dengan udara laut yang segar dan angin pantai, sehingga parfum ini sangat sempurna untuk cuaca panas. Jenis parfum ini biasanya menggunakan campuran bahan-bahan alami dan sintetis, seperti minyak esensial dan bahan kimia aroma, dan seringkali terdapat dalam parfum pria. Contoh parfum dengan aroma ini ada pada:

  • Polo Deep Blue Parfum 
  • Aqua Kenzo Pour Homme,
  • Bvlgari Pour Homme Aqva Atlantiqve

2. Parfum dengan Aroma Bunga

Jika ingin terkesan lebih feminin, Sahabat Fimela bisa menggunakan parfum dengan wewangian bunga. Jenis aroma ini memiliki sisi cerah dan pedas yang menjadikannya halus dan romantis, atau sedikit aroma buah yang membuatnya muda dan optimis. Aroma bunga di daerah tropis sangat disukai, karena merupakan aroma alami daerah tropis, seperti kamboja, kacapiring, sedap malam, ylang-ylang, tiare, dan magnolia semuanya cocok untuk musim panas. Sahabat Fimela bisa mencoba beberapa merek yang memiliki varian aroma bunga, yaitu: 

  • Terracotta Le Parfum dari Guerlain
  • Gucci Bloom
  • Chanel No. 5

3. Parfum dengan Aroma Buah

Aroma buah bisa menjadi pilihan yang menarik untuk Sahabat Fimela karena memberikan rasa segar dan menyenangkan di cuaca panas. Aroma buah memberikan kesan energik dan ceria, ideal untuk aktivitas luar ruangan dan suasana santai. Parfum seperti jeruk, lemon, apel, dan berik cocok untuk memberikan kesan fresh saat cuaca terik. Merek parfum yang memiliki aroma buah, yaitu:

  • Hermès Tutti Twilly
  • Calvin Klein CK One Gold
  • Caily Cotton Candy

4. Parfum dengan Aroma White Musk

Wewangian musk putih biasanya cocok untuk cuaca panas, meskipun beberapa di antaranya dapat menonjol seperti deterjen saat cuaca sangat panas. Aroma white musk adalah aroma parfum yang paling netral dan universal. Selain itu, aroma ini merupakan pilihan yang aman dan serbaguna, memberikan kesan yang tahan lama dan cocok untuk segala acara. Aroma ini bisa ditemukan di beberapa merek parfum, yaitu: 

  • The Body Shop White Musk 
  • Narciso Rodrigue For Her 
  • Evangeline Eau de Parfum white Musk

5. Parfum dengan Aroma Sabun

Parfum dengan aroma sabun memberikan kesan kebersihan dan kesegaran sepanjang hari, cocok untuk cuaca panas dan suasana yang santai. Wewangian sabun, yang mengingatkan pada saat mandi dan kemudian menampilkan kecantikan yang menawan. Aroma sabun bisa memberikan kesan rapi, sopan, dan profesional bagi pemakainya. Contoh parfum dengan aroma sabun yang bisa Sahabat Fimela coba yaitu: 

  • Prada Infusion d'Iris
  • Clean Shower Fresh
  • Philosophy Pure Grace.

6. Parfum dengan Aroma Green Notes

Aroma ini memberikan nuansa yang menenangkan dan menyegarkan, sangat cocok untuk digunakan saat beraktivitas di luar ruangan pada cuaca panas. Parfum dengan aroma green notes seperti rumput-rumput, daun-daun segar, dan mint adalah pilihan yang paling alami dan menyegarkan Beberapa contoh bahan parfum yang bisa menciptakan aroma green adalah grass, leaves, mint, basil, vetiver, juniper berries, artemisia, dan galbanum. Contoh parfum dengan aroma green notes yaitu: 

  • Elizabeth Arden Green Tea
  • Jo Malone Lime Basil & Mandarin
  • Chanel No. 19

Tips Penggunaan Parfum agar Tahan Lama

1. Semprotkan setelah mandi 

Kulit yang baru selesai mandi dalam kondisi prima untuk menahan aroma parfum lebih lama. Setelah mandi, pori-pori kulit Anda dalam keadaan bersih dan terbuka karena terkena uap hangat. Kondisi ini memungkinkan parfum menyerap lebih baik ke dalam kulit, meningkatkan daya tahan dan intensitas aroma. Apakah Sahabat Fimela sudah mencoba tips ini?

2. Gunakan pelembab sebelum menyemprotkan parfum

Sebelum menyemprotkan parfum, pastikan untuk memberikan kelembaban ekstra pada kulit dengan menggunakan pelembab favorit. Kulit yang lembab bisa mempertahankan wewangian parfum lebih lama. Sahabat fimela juga dapat menggunakan pelembab yang memiliki wewangian sesuai dengan parfum yang akan digunakan untuk hasil yang ekstra. 

3. Semprotkan di titik nadi 

Agar parfum awet seharian, Sahabat Fimela bisa menyemprotkannya ke titik-titik nadi. Area-area ini meliputi pergelangan tangan, tengkuk, di belakang lutut, di belakang telinga, dan di dalam siku. Hal ini dikarenakan titik-titik nadi cenderung memiliki suhu tubuh yang sedikit lebih tinggi dan akan membantu parfum awet seharian. 

4. Jangan menggosok pergelangan tangan

Sahabat Fimela pasti sering melakukan ini bukan? Jangan diulangi lagi ya. Menggosokan parfum dapat merusak molekul-molekul aroma dalam parfum, menyebabkan perubahan dalam struktur dan kualitas aromanya. Sebagai gantinya, biarkan parfum mengering secara alami setelah disemprotkan, memungkinkan aroma untuk berkembang dengan sempurna pada kulit.

5. Semprotkan di rambut 

Pernahkan Sahabat Fimela melakukan hal ini? Cara satu ini mungkin jarang diketahui, tetapi bisa membuat parfum tahan lama. Rambut memiliki kemampuan untuk menahan aroma lebih baik daripada kulit. Semprotkan sedikit saja agar rambut tidak lepek. 

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading