Sukses

Beauty

Ragam Manfaat Sirsak untuk Kecantikan, Mampu Mengobati Jerawat hingga Rambut Rontok

Fimela.com, Jakarta Sirsak, juga dikenal sebagai guanabana, adalah buah asli daerah hangat dan tropis termasuk Karibia, Amerika Selatan dan Tengah, serta Asia. Keluarga Annonaceae yang populer dengan keluarga apel custard termasuk sirsak. Buahnya besar dan berbentuk lonjong, tumbuh di pohon. Dagingnya yang berwarna putih berserat tersembunyi di bawah kulit hijau berduri. Mereka bisa mencapai panjang 8 inci dan berat 10 pon. 

Sirsak memiliki sejarah panjang dalam penggunaan pengobatan tradisional, dan telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit dan kondisi. Nutrisinya yang tinggi menjadikan sirsak populer dengan beragam manfaat, baik dalam hal kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat sirsak untuk kecantikan bisa didapatkan dari buah, daun, biji, dan ekstraknya. Penasaran kira-kira apa saja manfaat buah sirsak untuk kecantikan? Melansir dari silktage.com, di bawah ini adalah manfaat buah sirsak untuk kecantikan.

Vitamin C dalam sirsak terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh

Sirsak merupakan buah dengan banyak fitonutrien yang dapat membantu melawan sel penyebab penyakit. Kemampuan antioksidan hadir dalam fitonutrien ini, yang membantu meningkatkan kesehatan secara umum. Mereka antara lain membantu dalam pencegahan kanker, peningkatan kesehatan mata, dan pengobatan berbagai infeksi. 

Vitamin C yang melimpah dalam sirsak merupakan antioksidan yang terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Vitamin ini memperkuat sistem kekebalan tubuh Sahabat Fimela, sehingga memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap penyakit. Ini juga mendorong pemecahan radikal bebas, yang dapat melindungi kulit dan sel dari kerusakan oksidatif lingkungan. 

Fitosterol, tanin, dan flavonoid merupakan salah satu antioksidan lain yang terkandung dalam sirsak, baik buah maupun daunnya. Antioksidan baik untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu Sahabat Fimela menghindari berbagai penyakit. Antioksidan memerangi radikal bebas, mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif pada sel. Peradangan adalah salah satu konsekuensi negatif dari stres oksidatif. Hasilnya, antioksidan dalam sirsak dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh. 

Daun, biji, dan ekstrak sirsak efektif untuk perawatan kulit

Sifat penyembuhan dari daun sirsak, biji dan ekstraknya menjadikannya obat yang efektif untuk perawatan kulit yang luar biasa. Sirsak kaya akan saponin dan antioksidan yang membantu kulit bersinar secara alami dan sehat. Obat klasik untuk kulit kering adalah dengan mengoleskan minyak berbahan dasar sirsak secara teratur ke kulit. 

Kualitas antivirus dan anti-inflamasi pada sirsak juga membantu dalam pencegahan infeksi kulit dan pengobatan kondisi kulit seperti eksim. Vitamin C dan asam askorbat juga sangat penting untuk kecerahan kulit, yang dapat membantu perawatan kulit hiperpigmentasi, membuat kulit sehat dan bercahaya. 

Sirsak dapat membantu mencegah kerutan, garis-garis halus, dan indikasi penuaan lainnya dengan memasukkannya ke dalam rutinitas perawatan kulit harian Sahabat Fimela. Sirsak kaya akan antioksidan, yang membantu menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan tanda-tanda penuaan. 

Sirsak mampu mengobati jerawat dan rambut rontok

Sirsak adalah salah satu pengobatan jerawat yang paling efisien karena sifat antibakterinya, ini membantu penyembuhan dan pembaharuan kulit. Kualitas antivirus dan anti-inflamasi pada sirsak menjadikannya pengobatan yang sangat baik untuk kulit gatal. Mengoleskan sirsak secara teratur akan membantu menghilangkan rasa gatal dan meningkatkan kesehatan kulit. 

Sifat anti parasit terdapat pada daun sirsak. Ekstrak atau minyak sirsak dapat digunakan untuk mengatasi segala hal mulai dari ketombe hingga rambut rontok, ujung rambut bercabang hingga rambut kasar dan rusak, bahkan rambut beruban. Dengan kandungan vitamin C yang banyak, sirsak juga dapat menguatkan rambut hingga mencegah kerusakan dan kerontokan rambut.   

Ekstrak sirsak (guanabana) dapat digunakan pada rambut dan kulit kepala untuk mengurangi produksi minyak, meningkatkan kesehatan kulit kepala, dan menjadikan rambut lebih sehat dan bervolume karena sifat antibakteri dan antiseptiknya. Sirsak mampu mencerahkan kulit kusam dengan mengembalikan kelembaban dan membantu kulit memperbaiki dirinya sendiri, ini juga meningkatkan kualitas dan kekuatan rambut. Produk kecantikan berbahan dasar sirsak adalah suatu keharusan dalam rutinitas harian Sahabat Fimela.

 

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading