Sukses

Beauty

Kenali Serum Jerawat untuk Remaja: Manfaat dan Tips Memilih Produk yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Serum jerawat untuk remaja mungkin jadi salah satu skincare yang banyak dicari, terutama oleh mereka yang ingin memulai skincare routine sehari-hari. Hal ini juga dipengaruhi oleh pertumbuhan jerawat yang biasanya mengalami puncaknya di masa remaja. Meskipun terlihat sepele, tapi benjolan kecil kemerahan yang muncul di sekitar wajah sering bikin minder kan?

Untuk itulah diperlukan perawatan yang tepat agar bisa mengatasi masalah tersebut. Serum seringnya menjadi produk skincare yang banyak diandalkan. Apalagi, kini serum khusus jerawat mudah ditemukan dari berbagai brand di pasaran. Namun, seperti apa sih kriteria serum jerawat yang tepat untuk mengatasi permasalahan jerawat pada remaja? Kupas satu per satu yuk, Sahabat Fimela!

Mengapa Jerawat Sering Muncul Saat Remaja?

Secara umum, jerawat sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja dan saat usia berapa pun. Namun, masalah kulit yang satu ini memang lebih sering dialami remaja di usia puber. Risikonya pun semakin meningkat kalau kamu punya tipe kulit berminyak dan jarang membersihkan wajah.

Ada beberapa faktor penyebab munculnya jerawat yang wajib dipahami remaja, apa saja?

1. Perubahan Hormon

Dilansir dari Halodoc, jerawat saat remaja muncul karena terjadi perubahan kondisi hormon pada tubuh. Saat remaja, produksi hormon testosteron di dalam tubuh mengalami peningkatan yang signifikan. Hal inilah yang menyebabkan produksi minyak alami pada kulit jadi meningkat, bahkan melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh kulit.

2. Pori-pori Tersumbat

Selain disebabkan karena perubahan hormon dan produksi minyak berlebihan, jerawat juga bisa terjadi karena sumbatan yang terjadi pada pori-pori wajah. Misalnya kotoran dan minyak yang menumpuk di permukaan wajah, jika tidak rutin dibersihkan, bisa memicu pertumbuhan jerawat yang semakin banyak.

3. Paparan Bakteri

Di tengah aktivitas sehari-hari, bakteri dan kuman bisa saja menempel pada permukaan kulit melalui udara, atau tangan yang menyentuh wajah. Jika tidak membiasakan diri membersihkan wajah setelah beraktivitas, bakteri bisa berkembang biak dan menginfeksi wajah yang kemudian menyebabkan pertumbuhan jerawat.

4. Pengaruh Diet Sehari-hari

You are what you eat adalah ungkapan yang tepat, karena makanan ternyata bisa mempengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Nggak terkecuali kulit. Terlalu banyak mengonsumsi gorengan dan makanan berlemak ternyata bisa memicu produksi minyak berlebihan. Selain itu, makanan berkadar gula dan tepung tinggi seperti roti dan kue yang manis juga sering dikaitkan dengan sumber makanan yang bisa memicu jerawat.

Manfaat Serum untuk Mengatasi Jerawat

Serum merupakan salah satu produk skincare yang sering jadi andalan, karena fokus untuk mengatasi masalah kulit sesuai dengan targetnya. Di antara berbagai jenisnya, serum jerawat juga salah satu yang banyak dicari, terutama bagi pemilik masalah kulit yang satu ini.

Serum sendiri memiliki tekstur yang mudah meresap di kulit sehingga kandungannya dapat menutrisi sekaligus mengatasi berbagai masalah yang dialami wajah. Nah, ada beberapa manfaat menggunakan serum jerawat bagi yang mengalami masalah kulit tersebut, apa saja?

1. Mengontrol Produksi Minyak di Kulit

Biasanya serum jerawat terbuat dari formula water based agar lebih mudah meresap di kulit. Nah, hal ini juga membantu mengurangi produksi minyak berlebihan yang menyumbat pori-pori yang menjadi salah satu faktor utama munculnya jerawat.

2. Mengurangi Peradangan pada Jerawat

Jerawat juga bisa memicu peradangan yang membuat benjolan tampak kemerahan dan membesar. Hal ini ternyata juga bisa diminimalisir dengan penggunaan serum khusus jerawat, lho. Ya, serum jerawat biasanya memiliki formula khusus untuk membuat jerawat lebih cepat kering dan meredakan peradangan yang terjadi agar tidak menyebar ke bagian kulit lainnya.

3. Menyamarkan Bekas Jerawat

Habis jerawat, terbitlah bekasnya yang menghitam. Sudah nggak asing dengan kondisi yang satu ini, kan? Bekas jerawat juga nggak kalah bikin minder karena flek hitam yang muncul bisa bikin kulit jadi nggak terlihat mulus.

Untungnya, serum jerawat untuk remaja juga banyak yang mengandung formula vitamin C dan E yang bekerja untuk menyamarkan bekas jerawat. Jadi, nggak hanya bisa mengatasi peradangan dan membuat jerawat cepat hilang, tapi juga membantu memperbaiki tekstur kulit.

Kriteria Serum Jerawat untuk Remaja yang Tepat

Supaya bisa merasakan manfaatnya dengan maksimal, pastikan memilih produk serum jerawat yang tepat demi menghempaskan masalah kulit yang satu ini. Jadi, apa saja sih yang perlu diperhatikan sebelum memilih produk serum tertentu untuk mengatasi jerawat pada remaja?

1. Pilih yang Memiliki Kandungan Antibakteri dan Anti-Inflamasi

Hal pertama yang perlu jadi pertimbangan dalam memilih serum jerawat untuk remaja adalah kandungan yang ada di dalamnya. Pastikan produk pilihanmu memiliki kandungan antibakteri dan anti-inflamasi yang bisa ditemukan dalam salicylic acid dan tea tree oil.

Nggak hanya itu, kandungan vitamin C juga bisa jadi andalan karena manfaatnya bekerja untuk membersihkan pori-pori dan kotoran serta sebum yang berlebihan. Jadi, dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab munculnya jerawat mengganggu.

2. Pastikan Teksturnya Cair dan Ringan

Tekstur juga menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum memilih produk skincare tertentu. Jika memiliki kulit yang berminyak dan berjerawat, serum dengan tekstur cair dan ringan sangat disarankan agar lebih mudah diserap oleh kulit.

Hindari serum yang memiliki tekstur terlalu berat jika wajahmu berminyak. Hal ini bisa membuat formula serum menumpuk di permukaan wajah yang malah menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu pertumbuhan jerawat semakin parah.

3. Hindari Bahan Berbahaya

Kulit berjerawat cenderung lebih sensitif dibandingkan dengan kulit normal pada umumnya. Jadi, pastikan produk skincare yang dipakai diformulasikan dari bahan-bahan yang memang aman untuk acne prone skin. Hindari kandungan minyak, mineral oil, parfum dan alkohol yang bisa menyebabkan jerawat makin parah.

Disarankan serum yang kamu pakai terbuat dari bahan alami dan bebas bahan kimia berbahaya. Hindari juga serum yang mengandung pewarna dan pewangi buatan karena bisa mengiritasi kulit berjerawat.

4. Kenali Kandungan yang Bisa Menyamarkan Bekas Jerawat

Jika bermasalah dengan bekas jerawat yang meninggalkan noda hitam, penting juga untuk mencari tahu kandungan serum yang bisa membantu menyamarkannya. Nah, khusus poin yang satu ini, ada beberapa bahan yang dikenal sebagai holy grail karena ampuh menyamarkan bekas jerawat yang menimbulkan hiperpigmentasi.

Misalnya saja vitamin C yang mungkin sudah nggak asing lagi dengan kemampuannya untuk mencerahkan kulit, sehingga flek hitam bekas jerawat perlahan memudar. Selain itu, retinol juga bisa digunakan karena dapat membantu mengatasi jerawat. Terakhir ada Alpha Hidroxy Acid (AHA) yang dapat menyembuhkan, memudarkan bekas jerawat, dan mencegah jerawat semakin parah.

5. Lolos Uji Kandungan Produk

Yang nggak kalah penting saat memilih serum jerawat untuk remaja adalah pastikan produk yang dipilih sudah lulus uji kandungannya. Hal ini penting karena kulit yang berjerawat biasanya lebih sensitif. Jadi, pastikan serum yang dipakai sudah lulus patch test, allergy test, dan hypoallergenic test untuk memastikannya aman dipakai pemilik kulit sensitif.

Cara Mencegah Jerawat pada Remaja

Selain mengandalkan serum jerawat untuk remaja, penting juga untuk mengetahui apa saja langkah pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari masalah yang satu ini. For your information, jerawat bisa datang kembali kapan saja dan di mana saja. Jangan sampai bad mood dengan jerawat yang tiba-tiba muncul, yuk cari tahu trik pencegahannya!

1. Rutin Membersihkan Wajah

Beauty routine pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan wajah dengan tertib, yaitu sebelum dan sesudah melakukan kegiatan di luar rumah. Hal ini penting karena kotoran dan minyak alami yang menumpuk bisa menyumbat pori-pori dan menjadi penyebab munculnya jerawat.

Jadi, lakukan rutinitas membersihkan wajah dengan menerapkan double cleansing. Pertama, bersihkan wajah dengan face cleanser yang terbuat dari oil based agar lebih mudah mengangkat kotoran dan sisa makeup yang menempel. Selanjutnya, cuci wajah dengan facial foam yang sesuai dengan jenis kulit.

2. Jangan Lewatkan Penggunaan Pelembap

Wajah berminyak dan berjerawat masih harus pakai pelembap? Wajib dong! Skincare yang satu ini sangat penting untuk menghidrasi kulit, karena kulit yang dehidrasi bisa memproduksi lebih banyak minyak secara berlebihan.

Jadi, untuk mengontrol kelebihan minyak di wajah, pastikan pakai selalu pelembap yang memiliki tekstur ringan dan terbuat dari formula khusus untuk kulit berminyak. Gunakan secara rutin di pagi dan malam hari agar wajah selalu terjaga kelembapannya.

3. Perhatikan Kebersihan Rambut

Ternyata, rambut juga memegang peranan penting yang membuat kulit jadi mudah berjerawat. Kok bisa sih? Rambut yang kotor bisa menjadi sarang pertumbuhan bakteri. Jika terkena angin atau tidak sengaja menyentuh wajah, rambut bisa menjadi media transfer bakteri ke kulit wajah.

Bakteri yang berada di permukaan kulit bisa membuatnya iritasi dan mengalami peradangan. Hal tersebut yang memicu munculnya jerawat pada remaja. Jadi, coba untuk jadwalkan keramas secara teratur 3-4 kali dalam seminggu ya!

4. Jangan Lupa Diet Sehat

Selain penggunaan serum jerawat untuk remaja, perhatikan juga pola diet sehari-hari yang kamu lakukan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebaiknya hindari makanan berminyak dan berlemak yang bisa memicu produksi minyak alami semakin tinggi.

Diet sehat untuk kesehatan kulit yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak mengonsumsi makanan untuk kesehatan kulit misalnya saja buah dan sayur. Dilansir dari situs Halodoc, konsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt yang mengandung bakteri baik, dapat mengurangi peradangan yang tentunya berperan penting untuk mengatasi jerawat.

Selain itu, buah dan sayur yang kaya antioksidan berperan untuk melawan radikal bebas dan menenangkan area kulit yang mengalami jerawat. Selain itu, kacang-kacangan dan ikan yang kaya lemak sehat juga disarankan untuk masuk ke dalam menu diet sehari-hari.

Mengalami masalah jerawat yang bikin minder saat puber? Hempaskan saja dengan pilihan serum jerawat untuk remaja terbaik pilihanmu dan jangan lupa jaga selalu kebersihan kulit wajah ya! Yuk, saatnya terapkan!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading