Sukses

Beauty

5 Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Komedo Semakin Parah

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela, komedo merupakan permasalahan kulit yang paling umum dialami oleh setiap orang. Dilansir dari West County Dermatology, komedo muncul ketika folikel rambut di kulit tersumbat oleh sel-sel kulit mati dan minyak berlebih. Terdapat dua jenis komedo, yaitu komedo hitam, yang terbentuk ketika folikel terbuka dan menyebabkan sumbatan terlihat hitam, dan komedo putih, yang terjadi ketika folikel tertutup oleh kulit dan menyebabkan sumbatan berwarna putih. 

Masalah komedo dapat diatasi dengan perawatan dan penggunaan produk skincare yang tepat serta dilakukan secara rutin. Namun, masih banyak orang yang melakukan kebiasaan-kebiasaan yang membuat komedo semakin parah, bahkan bisa merusak kulit.

Apa saja yang bisa membuat komedo semakin parah? Simak informasi berikut untuk mengetahui detail penjelasannya, yuk!

1. Eksfoliasi yang berlebihan 

Eksfoliasi bertujuan untuk menghilangkan kotoran, sel-sel kulit mati, dan juga komedo pada kulit. Akan tetapi, melakukan eksfoliasi yang berlebihan dapat memberikan masalah bagi kulit. Dilansir dari laman Healthline, ketika melakukan eksfoliasi yang terlalu sering, kulit menjadi kering, iritasi, dan kasar. Hal ini membuat kulit bereaksi dengan memproduksi minyak lebih.

Produksi minyak yang berlebihan membuat komedo terus bertambah. Maka dari itu, untuk menghindari permasalahan tersebut, cukup eksfoliasi satu hingga dua kali dalam seminggu.

2. Menghilangkannya dengan pore strip

Meskipun kulit jauh lebih bersih dan halus setelah menggunakannya, pore strip sebenarnya tidak membantu untuk menghilangkan komedo. Penggunaan pore strip yang terlalu sering dapat memicu timbulnya komedo yang semakin banyak. 

Dilansir dari laman Beauty Hub, pore strip bekerja dengan menarik lapisan terluar kulit secara kasar, yang mana dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. Minyak alami ini diperlukan untuk menjaga kelembapan dan mencegah pertumbuhan bakteri. Saat kulit menjadi kering, ia memberikan respons berlebihan dengan memproduksi lebih banyak sebum, yang mana dapat menyebabkan pori-pori semakin tersumbat.

3. Membersihkan wajah yang kurang maksimal

Setelah selesai menggunakan makeup, pastikan untuk membersihkan wajah secara maksimal, ya. Jika tidak, sisa-sisa kotoran di wajah akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya komedo. Disarankan untuk menerapkan metode double cleansing menggunakan micellar water atau cleansing oil, lalu facial wash. Dengan begitu, wajah akan jauh lebih bersih.

4. Mencuci wajah terlalu sering

Semakin sering mencuci wajah bukan berarti membuat wajahmu semakin bersih. Hal ini justru dapat memicu permasalahan pada kulit. Mencuci wajah terlalu sering dapat menyebabkan iritasi pada kulit, yang mana bisa menimbulkan komedo dan jerawat. Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, mencuci muka sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu saat bangun tidur dan sebelum tidur. 

5. Memencet komedo menggunakan tangan

Sahabat Fimela, siapa yang tidak gemas melihat banyak komedo di hidung? Rasanya pasti ingin memencetnya dengan jari tangan, kan? Nah, inilaj yang dapat memicu munculnya komedo yang semakin parah. Memencet komedo menggunakan tangan akan membuat pori-pori meregang, yang mana menyebabkannya lebih rentan terhadap penyumbatan kembali. 

Selain itu, memencet komedo dengan tangan membuat akan menimbulkan iritasi pada kulit dan bahkan peradangan, sehingga memperburuk kondisi kulit dan meningkatkan risiko bekas luka. Maka dari itu, jika Sahabat Fimela ingin melakukan ekstraksi komedo, sebaiknya lakukanlah di klinik kecantikan.

Itulah kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu munculnya komedo yang semakin parah. Jangan lakukan kebiasaan tersebut jika kulitmu ingin terlihat jauh lebih sehat, ya!

 

Penulis: Denisa Aulia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading