Sukses

Beauty

8 Makanan yang Dapat Menyebabkan Jerawat yang Perlu Dihindari

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah umum yang seringkali dialami oleh banyak orang, terutama remaja. Meskipun ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan jerawat, ternyata makanan juga dapat berperan dalam memicu timbulnya jerawat. Beberapa makanan tertentu yang dikonsumsi dapat memberikan dampak negatif pada kulit dan memicu jerawat.

Salah satu penyebab jerawat yang sering dihubungkan dengan makanan adalah makanan yang mengandung tinggi gula dan karbohidrat. Makanan seperti cokelat, kue, permen, dan minuman bersoda dapat memicu peningkatan kadar gula dalam darah, yang kemudian dapat memicu peradangan pada kulit. Selain itu, makanan yang mengandung lemak jenuh dan trans juga dapat memperparah jerawat karena dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit.

Selain itu, beberapa orang juga mengalami jerawat akibat alergi makanan tertentu, seperti susu, kedelai, gandum, dan makanan laut. Reaksi alergi terhadap makanan dapat menyebabkan peradangan pada kulit dan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan asupan makanan dan memilih makanan yang tidak memicu jerawat untuk menjaga kesehatan kulit.

1. Susu dan produk-produknya.

Produk olahan susu adalah makanan yang populer, tetapi menimbulkan risiko terjadinya jerawat. Keju dan es krim yang biasa dimakan sebagai makanan penutup memiliki tingkat asam amino yang tinggi, yang berfungsi untuk memicu produksi hormon sama dengan insulin dalam tubuh. Hormon ini bernama IGF-1. Penelitian telah menyimpulkan bahwa hormon ini merupakan salah satu penyebab utama munculnya jerawat pada wajah.

2. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji adalah salah satu bahan makanan yang perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan jerawat. Makanan ini umumnya berisi lemak trans dan kalori tinggi. Kombinasi keduanya dapat memicu stres oksidatif dan radikal bebas yang merupakan faktor penunjang peradangan kulit, sehingga mengundang pertumbuhan jerawat. Selain itu, makanan cepat saji juga berisiko menyebabkan obesitas. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan BMI lebih tinggi memiliki proses inflamasi yang lebih tinggi di seluruh tubuhnya termasuk area wajah. Hal ini tentunya akan membuat anda semakin rentan terhadap pertumbuhan jerawat yang parah.

 

3. Cokelat

Cokelat dicurigai sebagai penyebab jerawat sejak lama, namun belum ada bukti ilmiah yang kuat untuk membuktikannya. Hingga akhirnya pada 2016, International Journal of Dermatology melakukan sebuah penelitian untuk mencoba membuktikannya. Hasilnya, pria yang rentan jerawat yang mengonsumsi 25 gram 10-99 persen cokelat hitam setiap hari secara signifikan mengalami peningkatan jumlah jerawat setelah 2 minggu. Sehingga ini semakin menguatkan bahwa konsumsi cokelat dapat mempengaruhi jumlah jerawat yang muncul.

4. Asupan Tinggi Gula

Asupan gula tinggi secara langsung dapat memicu gangguan kesehatan, termasuk masalah jerawat. Jenis sajian dengan tingkat glikemik yang tinggi akan menyebabkan tubuh memproduksi hormon insulin dalam jumlah besar sehingga meningkatkan kandungan androgen di dalam tubuh. Ini kemudian akan berdampak pada produksi minyak di dalam kulit, sehingga menimbulkan kemunculan jerawat.

5. Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat memiliki beberapa manfaat. Namun, asupan yang berlebihan dari jenis makanan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan. Makanan ini telah terbukti meningkatkan kadar insulin di tubuh, dan secara langsung merangsang hormon yang bertanggung jawab untuk perkembangan jerawat.

6. Minuman Beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol merupakan salah satu kebiasaan yang tidak baik dari segi kesehatan. Hal ini dikarenakan alkohol bisa menyebabkan gagal ginjal, dehidrasi, hipertensi dan masalah otak. Minuman beralkohol juga merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat. Risiko akibat dari konsumsi berlebihan minuman beralkohol adalah tubuh akan mendapatkan ketidakseimbangan hormon, yang pada akhirnya memicu munculnya jerawat. Minuman beralkohol juga bisa menyebabkan pupuk tubuh kurang mineral zinc yang penting untuk melawan peradangan di kulit, memberikan perlindungan pada lapisan kulit dan meredakan jerawat.

 

7. Makanan dengan Omega-6

Makanan yang kaya lemak omega-6 bisa menjadi risiko untuk orang yang rentan terhadap jerawat. Lemak omega-6 adalah jenis inflamasi lemak yang dapat memicu munculnya jerawat di wajah. Makanan seperti cornflake atau makanan yang menambahkan minyak kedelai ke dalamnya, merupakan salah satu sumber lemak omega-6. Oleh karena itu, sangat penting untuk waspada dan menghindari makan makanan ini jika kamu sering mengalami masalah jerawat.

8. Daging

Konsumsi daging berlebihan, seperti daging ayam dan kambing, ternyata bisa menjadi penyebab jerawat. Banyak orang tak menyadari bahwa makanan sehat seperti daging yang dikonsumsi dengan jumlah besar justru bisa merugikan kesehatan kulit. Jerawat yang muncul akibat konsumsi berlebihan daging biasanya lebih besar dan berwarna merah tua. Hal ini disebabkan oleh asam amino leusin yang terkandung di dalamnya. Asam amino tersebut bersifat pro-inflamasi dan memacu produksi minyak di wajah. Akibatnya jerawat pun muncul.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading