Sukses

Beauty

5 Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi untuk Melengkapi Perawatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Perawatan kulit menjadi akar dari tubuh yang sehat. Kulit termasuk bagian yang berpengaruh dalam menjaga kesehatan tubuh. Kulit yang tidak sehat pasti akan memunculkan ciri-ciri seperti kulit kusam, kemerahan, gatal, hingga melepuh. Ciri-ciri tersebut juga bisa muncul pada kulit wajah. 

Ada berbagai cara untuk merawat kulit dengan berbagai perawatan yang tersedia. Namun jika ingin hasil maksimal atau to the next level bisa dengan memilih makanan yang tepat. Makanan tersebut haruslah makanan yang sehat sehingga mendukung perawatan kulit yang kamu lakukan.

Tidak perlu mengolahnya secara rumit, kamu cukup makan secara langsung dan teratur saja juga sudah bisa menunjukkan perubahan pada kulitmu. Berikut adalah tips makanan yang cocok untuk kamu konsumsi untuk melengkapi perawatan kulit agar memiliki kulit wajah yang sehat. Informasi yang dilansir dari Byrdie ini bisa kamu nikmati. 

1) Dark Chocolate

Tips pertama adalah mengonsumsi dark chocolate. Dark chocolate atau cokelat hitam ini lebih dari sekedar kelezatan makanan penutup setelah makan malam. Sebuah studi menunjukkan jika makan cokelat hitam selama 12 minggu akan memperlihatkan perubahan kelembaban pada kulit serta mengurangi kulit kering, berkerut, dan kusam. Cokelat hitam juga lebih sehat dibandingkan cokelat susu karena kandungan gula yang rendah serta murni dari pemanis buatan.

2) Alpukat 

Buah yang sering dijadikan sebagai sorbet maupun jus ini memiliki minyak sehat yang tinggi serta vitamin E. Menurut Rachel Maiman, MD, selaku dermatologis untuk Marmur Medical, keduanya membantu membangun blok untuk kesehatan kulit melalui sel serta memperbaiki fungsi dan hidrasi kulit tubuh. 

 

3) Mentimun

Mentimun yang sering digunakan ketika sedang merawat kulit ini kaya akan air, vitamin C, serta asam folat. "Mentimun membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam maupun luar." kata Amy Shapiro, MS, RD, CDN, pendiri dan direktur Real Nutrition. "Mengonsumsi mentimun dapat menjaga kelembaban kulit serta antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit pada jangka panjang. Menggunakan untuk perawatan wajah juga dapat mengurangi inflamasi, mengurangi keriput, serta memulihkan kerusakan kulit akibat sinar UV. Mentimun sangatlah lembut dan melembabkan sehingga cocok untuk membuat kulit sehat." tambahnya. 

4) Teh Hijau

Konsumsi teh hijau sendiri telah menjadi bagian kebudayaan Asia Timur dan wanita Jepang, mereka telah menyadari manfaat teh hijau untuk kesehatan kulit selama berabad-abad. Manfaat teh hijau membantu memperlambat kerusakan DNA, menghentikan inflamasi, serta melindungi kulit dari kerusakan dan panasnya sinar matahari. 

5) Beri-berian 

Bluberi, blakberi, dan kranberi serta berbagai beri lainnya kaya akan antioksidan serta nutrisi yang tinggi. Antioksidan sendiri merupakan anti-inflamasi yang membantu tubuh untuk menyembuhkan kerusakan kulit serta melindungi kulit dari radikal bebas. "Beri-berian kaya akan antioksidan termasuk vitamin A dan vitamin C. Selain itu mereka juga punya asam elagik yang berpengaruh terhadap kesehatan kulit serta bagian dari antioksidan buah beri tersebut." Jelas dr. Maiman. 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading