Sukses

Beauty

Tips Praktis Merawat Kuku Panjang agar Selalu Sehat dan Cantik

Salah satu perawatan favorit banyak perempuan selain wajah dan tubuh ialah kuku. Memanjangkan kuku adalah hal yang umum dilakukan banyak perempuan. Sebagian perempuan beranggapan memanjangkan kuku adalah bagian dari tren, atau lebih tepatnya fashion. Merawat kuku bagi sebagian orang merupakan suatu kegiatan yang sepele. Namun, tahukah kamu jika merawat kuku ternyata sangat penting.

Bagi sebagian orang, melakukan perawatan kuku hingga beratus-ratus ribu bahkan ada hingga jutaan rupiah demi mendapatkan kuku yang indah hal yang biasa. Di balik biaya yang mahal, kamu bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Dan bahkan bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah kamu temukan di sekitar rumah.

Perawatan kuku sangat penting untuk dilakukan mengingat banyak di antara kita yang mencoba memanjangkan kuku serta tidak sedikit juga yang tertarik menghias kuku dengan menggunakan cat kuku. Apabila tidak dirawat dan dipelihara dengan benar, kuku bisa menjadi rapuh, mudah patah, dan berwarna kekuningan. Kondisi tersebut akan membuatnya terlihat tidak menarik dan terkesan jorok.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara untuk merawatnya, Fimela.com kali ini akan mengulas tips praktis merawat kuku panjang agar selalu sehat dan cantik. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Usahakan agar Kuku Selalu dalam Keadaan Kering dan Bersih

Tips praktis merawat kuku yang pertama adalah selalu menjaga kondisi kuku agar tetap kering dan bersih. Berbagai masalah pada kuku biasanya berawal dari kuman dan bakteri. Pastikan tidak ada ruang bagi sumber penyakit tersebut untuk berkembang biak, termasuk di balik kuku dengan cara mengeringkannya sesaat setelah terkena air atau setelah dicuci.

Kamu juga harus memastikan kulit di sekitar kuku terawat, bersih, dan bebas dari kotoran. Cara merawat kuku panjang adalah dengan membersihkannya menggunakan bahan alami seperti garam dapur yang bisa diterapkan menggunakan sikat gigi yang bisa dimanfaatkan untuk menggosok kuku dan kulit di sekitarnya.

Rawat Kuku dengan Pelembap

Tips praktis merawat kuku yang kedua adalah menggunakan pelembap agar kuku selalu sehat. Pelembab yang dimaksud di sini bukanlah pelembab khusus kuku, melainkan pelembab untuk kulit di sekitar kuku dan kutikula. Merawat kulit di sekitar kuku sama pentingnya dengan merawat kuku itu sendiri.

Apabila kulit di sekitarnya kering dan mengelupas, hal tersebut bisa memicu kerusakan pada kuku. Oleh sebab itu, berikan pelembab secara rutin. Selain itu, seperti yang telah disampaikan pada poin sebelumnya, kamu juga wajib menerapkan minyak/cream khusus kutikula yang bisa membantu menjaga kutikula kuku tetap sehat dan bersih.

Memotong Kuku Secara Teratur

Tips praktis merawat kuku yang ketiga adalah memotong kuku secara teratur. Jika kamu memelihara kuku agar panjang dan cantik, kamu tetap harus melakukan perawatan dengan memotongnya sedikit bagian ujung.

Dianjurkan memotong kuku secara lurus lalu berikan lekukan membulat di bagian sudutnya agar tidak mudah patah. Memotong kuku secara teratur juga akan membuat kuku jauh dari bahaya kuman.

Mengoleskan Base Coat untuk Melindungi Kulit

Tips praktis merawat kuku yang keempat adalah dengan mengoleskan base coat. Menerapkan base coat sangat direkomendasikan karena ini merupakan pelindung terbaik bagi kuku yang tidak merepotkan dan tidak merusak penampilan kuku. Bahkan, coat justru akan membuat kuku terlihat lebih putih, mengkilat, serta bersih.

Base coat juga sebaiknya diterapkan sebelum kamu menerapkan cat kuku. Fungsinya adalah untuk melindungi agar kuku tidak bersinggungan langsung dengan bahan kimia yang terkandung di dalam cat kuku yang dapat menimbulkan masalah.

Menghindari Penggunaan Gel dan Akrilik

Terakhir, tips praktis merawat kuku yang kelima adalah menghindari penggunaan gel dan akrilik. Tidak disanksikan apabila gel dan akrilik bisa membuat kuku terlihat super cantik dan sangat menarik. Namun sayang, kedua bahan untuk mempercantik kuku tersebut bisa menyebabkan kerusakan yang parah pada kuku. Jadi, hindari sepenuhnya penggunaan kedua bahan tersebut.

Acrylic powder mengandung banyak bahan kimia yang dapat menyebabkan kerusakan pada kuku. Tidak hanya di permukaannya, melainkan juga hingga ke bagian bawah kuku. Selain itu, mekanisme pengeringan manicure gel berpotensi menyebabkan kerusakan pada kulit di sekitar kuku.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading