Sukses

Beauty

3 Urutan Basic Skincare Rutin untuk Pemula

Fimela.com, Jakarta Merawat kulit dengan produk-produk perawatan kulit adalah suatu kewajiban untuk perempuan. Kebiasaan ini harus dilakukan untuk menjaga kulit wajah agar terhindar dari masalah kulit seperti kulit kering, kulit kusam, kulit berminyak dan kulit yang mengalami hiperpigmentasi.

Ada banyak teknik atau metode dalam mengaplikasikan produk-produk skincare. Tetapi untuk pemula, lebih disarankan untuk menggunakan metode basic skincare, untuk mengenalkan kulit pada kandungan skincare diawal pemakaian produk.

Dalam mengaplikasikan skincare ke kulit wajah, harus dilakukan dengan urutan yang benar agar hasil lebih optimal. Berikut urutan basic skincare rutin untuk pemula, dilansir dari berbagai sumber:

Pengertian Basic Skincare

Ada banyak teknik atau metode penggunaan skincare, yang populer di dunia kecantikan. Mulai dari 10 step skincare, metode skip care, metode CSM dan masih banyak lagi, termasuk metode basic skincare untuk pemula.

Basic skincare adalah tahapan penggunaan skincare yang paling mendasar. Tahapan ini bisa dilakukan oleh pemula, yang ingin mencoba menggunakan produk skincare untuk pertama kali.

Tentu saja hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali jenis kulit. Karena ada beberapa jenis kulit yang penanganannya berbeda-beda. Karena basic skincare ini adalah skincare yang paling dasar, maka bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

Gunakan Pembersih Wajah

Urutan pertama dalam menggunakan basic skincare, yaitu dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Membersihkan wajah berfungsi untuk membersihkan wajah dari riasan, debu dan kotoran yang menempel di kulit wajah.

Membersihkan wajah bisa membantu mencegah munculnya komedo, mencegah jerawat, mengontrol produksi minyak dan membuat wajahmu terlihat lebih segar.

Gunakan produk facial wash yang memiliki tekstur lembut. Hindari penggunaan facial wash yang memiliki kandungan alkohol, parfum dan paraben agar kulit wajah tidak iritasi.

Gunakan Pelembap

Urutan kedua dalam penggunaan basic skincare adalah dengan menggunakan pelembap. Pelembap memiliki fungsi untuk melembapkan kulit, mengontrol produksi minyak, menguatkan lapisan kulit dan menghaluskan tekstur kulit.

Pelembap yang bisa digunakan untuk pemula adalah pelembap yang tidak mengandung bahan aktif, seperti centella asiatica, ekstrak lidah buaya, ekstrak bunga chamomile dan semacamnya.

Penggunaan pelembap ini bisa digunakan pada pagi dan malam hari. Pelembap juga bisa membuat riasanmu menempel lebih lama, mencegah kulit kering dan membuat kulit wajah lebih cerah.

Gunakan Tabir Surya

Urutan yang terakhir adalah menggunakan tabir surya. Tabir surya dapat digunakan pada pagi dan siang hari, setelah menggunakan pelembap.

Tabir surya memiliki fungsi untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari, mencegah hiperpigmentasi kulit, melindungi lapisan kulit dari radikal bebas, mencerahkan dan mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 PA+++. Aplikasikan tabir surya 30 menit sebelum menggunakan riasan atau sebelum keluar rumah. Kemudian ulangi pemakaian tabir surya setiap 4 jam sekali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading