Sukses

Beauty

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kulit Cepat Keriput dan Tidak Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang beruntung dilahirkan dengan gen yang bagus sehingga tubuhnya tidak terlihat mudah menua alias awet muda bahkan usianya sudah tidak muda lagi. Beberapa orang lainnya dilahirkan dengan gen yang harus berjuang kuat untuk menjaga tubuh agar tidak mudah mengalami penuaan. Tapi terlepas dukungan gen, penuaan dini sering terjadi karena faktor eksternal seperti gaya hidup dan kebiasaan buruk.

Ada banyak kebiasaan buruk yang bikin tubuh tidak awet muda, ini beberapa di antaranya.

1. Sering berjemur saat terik matahari

Salah satu sumber radikal bebas yang harus dihindari dalam kehidupan sehari-hari adalah berada di bahwa terik matahari secara langsung dalam waktu lama. Seperti yang kita tahu, matahari dalam memberikan asupan vitamin D untuk tubuh jika didapatkan di waktu yang tepat, yaitu pagi hari antara jam 6-9 pagi, di atas itu matahari sudah terlalu panas dan terik sehingga risiko paparan sinar UV lebih besar dan tubuh menyerap lebih banyak radikal bebas yang justru bisa merusak kulit.

2. Keseringan begadang

Tidak banyak orang yang sadar bahwa kebiasaan begadang atau menunda waktu tidur di malam hari bisa memperceat penuaan. Itu karena waktu tidur yang seharusnya dijadikan waktu regenerasi sel-sel tubuh (termasuk sel-sel kulit), tidak tercukupi sehingga tugas tubuh memperbarui sel-sel kulit menjadi terhambat. Jangan heran jika kulit jadi lebih kusam, lingkaran hitam di bawah mata, timbul bintik hitam, kerutan di wajah dan bahkan timbul kantung mata. Bahkan sering begadang membuatmu jadi gampang marah dan memberi kesan wajah ketus dan cemberut.

3. Kurang konsumsi vitamin C

Konsumsi vitamin C memiliki peran sangat penting untuk kesehatan kulit, terutama menjaga agar awet muda. Itu karena fungsi vitamin C sebagai antioksidan kuat sehingga mampu menangkal radikal bebas. Jika tubuh tak pernah mendapat asupan vitamin C dan teman-temannya, tentu kulit akan mudah mengalami penuaan dini karena tidak ada penangkal yang bisa mencegah radikal bebas untuk merusak sel-sel tubuh. Konsumsi vitamin C juga tidak harus dari suplemen, melainkan lebih baik dari buah-buahan dan sayuran.

4. Tak pernah olahraga

Orang-orang yang tak pernah olahraga bukan hanya rentan mengalami kegemukan dan obesitas, tapi juga rentan mengalami penuaan karena tubuh cenderung mudah sakit. Orang gemuk sering dianggap lebih tua dari usia aslinya, begitu pula orang yang tubuhnya sakit-sakitan. Pergerakan dan postur tubuh juga cenderung gampang berubah, misalnya menjadi lebih bungkuk, lamban, menggelambir dan kulit keriput. Olahraga merupakan salah satu cara agar tubuh mendapatkan lebih banyak oksigen agar bisa membuang racun di dalam tubuh, mengencangkan kulit serta menyehatkan sendi dan tulang.

5. Tak pernah merawat diri

Banyak hal bisa dilakukan untuk mencegah keriput dan penuaan dini, salah satunya merawat tubuh secara umum, dan kulit secara khusus. Tubuh yang tidak dirawat terutama kulit, akan rentan mengalami penuaan dengan cepat. Meskipun kamu cantik, tetap butuh pelembap kulit sehingga kulit tidak kering bersisik, mencuci muka setelah memakai makeup atau mandi agar tidak jerawatan dan kusam, atau memakai serum sebagai penutrisi kulit tetap kenyal, kencang dan elastis. 

6. Kurang minum air putih

Minum air putih sangat dianjurkan 8 gelas per hari, gunanya bukan hanya untuk membantu pembuangan zat sisa tubuh dan mencegah pengentalan darah tapi juga menjaga kesehatan dan kelembapan kulit, terutama mencegah penuaan dini dan keriput. Minum air perlu diperhatikan untuk tidak menambahkan gula karena konsumsi gula terlalu sering atau berlebih dapat mempercepat penuaan.

Itu dia sekian kebiasaan buruk yang bisa bikin tubuh tidak awet muda. Jadi hentikan atau hindari kebiasaan buruk di atas ya, Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading