Sukses

Beauty

13 Cara Menghilangkan Jerawat dalam 15 Menit dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dihadapi oleh banyak orang, terutama remaja. Meskipun dapat terjadi pada siapa saja, faktor-faktor tertentu membuat jerawat sulit untuk sembuh dengan cepat. Mengapa ini bisa terjadi?

Salah satu alasan mengapa jerawat sulit untuk sembuh adalah karena proses penyembuhan kulit yang lambat. Jerawat terbentuk ketika folikel rambut dan kelenjar minyak di bawah kulit tersumbat oleh sel-sel kulit mati dan minyak berlebih. Bakteri yang berada di kulit juga dapat berperan dalam memperburuk kondisi jerawat. Proses penyembuhan jerawat membutuhkan waktu dan tidak bisa terjadi dalam semalam. Kulit membutuhkan waktu yang cukup untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan bakteri.

Selain itu, jerawat mungkin juga sulit sembuh karena peradangan yang terjadi. Ketika pori-pori tersumbat, menyebabkan peradangan dan pembengkakan. Inilah yang membuat jerawat terlihat merah dan terasa sakit. Proses peradangan dan penyembuhan kulit membutuhkan waktu untuk pemulihan. Tak perlu khawatir. Berikut ada beberapa cara menghilangkan jerawat dengan cepat, menggunakan bahan-bahan yang alami:

Cara Menghilangkan Jerawat

1. Lidah Buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat membantu meredakan peradangan pada jerawat. Oleskan gel lidah buaya segar pada area jerawat dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat anti-bakteri yang kuat dan dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Hancurkan sepotong bawang putih dan oleskan pada jerawat selama 10-15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

3. Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung zat antiseptik alami yang dapat membantu membersihkan dan mengatasi jerawat. Haluskan daun kemangi segar dan oleskan pada area jerawat selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

4. Madu dan Kayu Manis

Campuran madu dan kayu manis memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi jerawat. Campurkan satu sendok makan madu dengan setengah sendok teh bubuk kayu manis, lalu oleskan pada jerawat dan biarkan selama 10-15 menit sebelum membilasnya.

5. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mempercepat penyembuhan jerawat. Basahi selembar kapas dengan teh hijau hangat dan tempelkan pada area jerawat selama 10-15 menit sebelum membilas wajah dengan air bersih.

6. Minyak Tea Tree

Minyak tea tree memiliki sifat anti-bakteri yang kuat dan dapat membantu membersihkan jerawat. Teteskan sedikit minyak tea tree ke kapas dan tepuk-tepuk lembut pada area jerawat. Biarkan beberapa saat dan jangan dibilas.

7. Scrub Gula dan Madu

Campuran scrub gula dan madu dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Campurkan satu sendok makan gula dengan satu sendok makan madu, lalu gosokkan dengan lembut pada wajah selama 3-5 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Cara Menghilangkan Jerawat

8. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mengurangi peradangan jerawat. Haluskan daging pepaya segar dan oleskan pada area jerawat selama 15-20 menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

9. Es Batu

Kompres dengan es batu dapat membantu meredakan peradangan dan mengempiskan jerawat. Bungkus beberapa es batu dengan kain bersih dan tempelkan pada jerawat selama beberapa menit. Ini juga dapat membantu menyempitkan pori-pori.

10. Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh dan menjaga kelembapan kulit. Minumlah minimal 8 gelas air putih setiap hari untuk membantu menjaga kulit tetap sehat dan mengurangi jerawat.

11. Mentimun

Potong mentimun menjadi irisan tipis dan tempelkan pada wajah selama 15-20 menit. Mentimun memiliki sifat mendinginkan dan dapat membantu membersihkan pori-pori.

12. Teh Basi

Simpan sisa teh basi di kulkas dan gunakan sebagai toner alami untuk mencegah timbulnya jerawat. Gosokkan dengan lembut pada wajah menggunakan kapas sebelum tidur.

13. Yoghurt

Oleskan yoghurt murni pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Yoghurt mengandung asam laktat yang dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih dan membersihkan pori-pori.

Itulah 13 cara menghilangkan jerawat secara alami dalam waktu singkat. Coba salah satu atau beberapa cara di atas untuk mengatasi jerawat dengan cepat dan efektif. Selalu ingat untuk melakukan tes kecil pada area kulit yang sensitif sebelum mengaplikasikan bahan alami pada seluruh wajah dan konsultasikan dengan dokter jika jerawat persisten atau parah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading