Sukses

Beauty

Jerawat Membandel di Wajah Bikin Nggak Pede Menjalani Hari, Basmi dengan 10 Jurus Ampuh Ini

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang akan senang jika ada jerawat membandel di wajah? Nggak seperti pada umumnya, jerawat membandel ini susah banget untuk dihilangkan. Kalau pun hilang, permasalahan kulit ini biasanya bakal muncul lagi selang beberapa waktu kemudian. Bukan cuma itu saja, jerawat membandel ternyata juga bisa timbul dalam jumlah yang banyak alias breakout jika kamu nggak benar-benar mengatasinya.

FYI saja kalau jerawat pada wajah bisa terbentuk karena ada bakteri, sel kulit mati atau minyak yang mengisi folikel rambut. Hal tersebut kemudian menimbulkan pembengkakan hingga peradangan. Akibatnya, pori-pori jadi tersumbat dan menimbulkan jerawat yang mengganggu. 

Memang masalah kulit ini bisa banget bikin kesal siapa saja. Apalagi kalau munculnya di beberapa titik pada wajah. Misalnya jerawat membandel di pipi, jidat, hidung, atau dagu sekalipun. Tentu saja, kemunculan dari jerawat membandel ini dapat membuat seseorang jadi nggak percaya diri, minder, dan ada pula yang menghindari kontak dengan orang lain. 

Tapi, do not worry dulu nih Sahabat Fimela. Soalnya, permasalahan kulit seperti jerawat membandel di wajah bisa kok dibasmi dengan beberapa cara mudah. Kuncinya sudah pasti yaitu ketekunan, mulai mengubah pola hidup yang lebih baik, rutin menggunakan skincare, serta melakukan perawatan alternatif dengan bahan-bahan alami. Nah, buat kamu si acne fighter wajib banget baca informasi berikut ini. Apa ya itu?

1. Rutin Mencuci Wajah

Jerawat membandel di wajah rentan timbul karena kebiasaan para perempuan yang jarang membersihkan wajah mereka selepas menggunakan makeup atau setelah dari luar. Alasannya beragam, entah karena lupa atau malas saja untuk melakukannya. 

Padahal, wajah yang sering terpapar debu, kotoran, dan benda asing bisa menyebabkan timbulnya berbagai permasalahan kulit. Salah satunya ya jerawat itu sendiri. Untuk itulah, kamu wajib banget menjaga kebersihan wajah secara rutin sehabis pakai makeup dan keluar ruangan. 

Cara menghilangkan jerawat seperti ini dapat dilakukan dengan double cleansing. Pertama, bersihkan dulu wajah menggunakan pembersih berbahan minyak. Lalu, bersihkan wajah sekali lagi dengan sabun cuci wajah. Rutinitas ini wajib dilakukan sebanyak dua kali sehari. Selain untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dan makeup yang menempel pada wajah, tips ini juga dapat membantu kamu dalam mengurangi jerawat yang membandel.

2. Eksfoliasi dengan Benar dan Rutin

Bekas jerawat hitam di pipi atau area wajah lainnya bisa sangat mengganggu penampilan diri sendiri. Bekas ini biasanya disebabkan karena hiperpigmentasi jerawat yang sebelumnya telah meradang. Tapi jangan khawatir ya Sahabat Fimela, sebab masalah ini bisa kamu atasi dengan memanfaatkan obat jerawat yang ampuh.

Apa ya itu? Yup, jawabannya adalah melakukan eksfoliasi dengan benar dan rutin. Eksfoliasi atau pengelupasan kulit ini merupakan langkah penting dalam membantu menghilangkan jerawat membandel pada wajah. Terlebih lagi buat para perempuan yang mengalami produksi minyak secara berlebih akibat hormon. 

Melakukan eksfoliasi kulit pun dinilai dapat membersihkan kulit wajah dari debu dan kotoran serta mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Nah, untuk produk eksfoliasi, sebaiknya carilah yang mengandung asam glikolat atau salisilat agar efektif mengatasi jerawat membandel.

3. Gunakan Serum Khusus Kulit Berjerawat

Penyebab jerawat di pipi susah hilang yaitu karena kamu nggak melakukan perawatan dengan benar. Padahal, zaman sekarang sudah ada banyak produk skincare yang dapat dipilih untuk mengatasi permasalahan kulit, seperti jerawat membandel. Satu di antaranya adalah serum khusus kulit jerawat. 

Yup, cara menghilangkan jerawat dengan cepat yang bisa dicoba yakni menggunakan serum. Skincare ini merupakan campuran berbagai bahan terkonsentrasi untuk menumpas ragam permasalahan kulit yang kamu alami. Nggak ketinggalan pula jerawat yang membandel pada wajah. 

Untuk produk penghilang jerawat membandel di wajah, sebaiknya pilihlah serum dengan kandungan niacinamide, vitamin C, alpha arbutin, atau azelaic acid. Berbagai bahan tersebut memiliki manfaat untuk mengurangi jerawat di wajah, mengatasi bekas jerawat hitam, serta mampu mencerahkan wajah. Jadi, wajah bisa glowing kembali seperti yang kamu inginkan.

4. Pilih Pelembap yang Tepat

Cara menghilangkan jerawat di pipi dan area wajah lainnya yakni dengan memilih pelembap yang tepat. Kamu harus tahu bahwa kulit yang sehat dan terhidrasi dengan baik lebih mampu dalam melawan dan mengatasi masalah jerawat membandel di wajah. Untuk tips ini, kamu bisa memilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Jika memiliki jenis kulit kering, sebaiknya pakai pelembap yang berteksur krim. Sementara pelembap dengan tekstur krim-gel atau gel bisa dipilih apabila kulitmu berminyak. Nggak cuma harus menyesuaikan kondisi kulit, kamu pun juga wajah memilih produk pelembap dengan memperhatikan berbagai kandungan yang ada di dalamnya. 

Pelembap yang efektif melawan jerawat membandel perlu dilengkapi dengan berbagai bahan aktif, seperti centella asiatica, calendula, hyaluronic acid dan semacamnya. Kandungan ini bisa membantu memperkuat skin barrier. Lalu, skincare ini pun perlu memiliki kandungan yang mengontrol minyak, misalnya seperti niacinamide, salicylic acid dan glycolic acid.

5. Jangan Lupakan Tabir Surya

Sudah bukan rahasia lagi bila paparan sinar UV matahari dapat mengakibatkan banyak masalah mengganggu pada kulit. Mulai dari kulit kusam, timbul gari-garis halus, hingga jerawat hitam di pipi dan area wajah lainnya. Tapi, dampak negatif dari sinar matahari ini ternyata bisa ditakis jika kamu rajin menggunakan tabir surya.

Penggunaan tabir surya atau sunscreen sendiri bukan sekedar untuk mencegah kulit menjadi gosong akibat matahari saja. Melainkan, produk skincare ini juga berfungsi untuk mempercepat pemulihan jerawat membandel yang timbul akibat dampak negatif sinar matahari. 

Untuk mengatasi peradangan merah dan menghilangkan bekas jerawat, setidaknya kamu membutuhkan sunscreen dengan minimal SPF 30. Jumlah SPF sebanyak ini dinilai lebih efektif untuk memberikan perlindungan pada kulit kamu. Namun, tetap perhatikan berbagai kandungan yang ada di dalamnya, ya.

6. Atur Pola Makan secara Teratur

Bukan cuma lewat produk skincare saja, cara menghilangkan jerawat di pipi dan area lainnya juga bisa diwujudkan dengan mengubah gaya hidup sehari-hari. Misalnya saja memulai dengan mengatur pola makan secara teratur. Pastikan bila kamu nggak melewatkan jam makan apapun. Selain itu, perhatikan pula menu santapan yang dimiliki.

Kamu pun juga bisa menerapkan diet rendah gula dan menghindari berbagai makanan yang mampu memperparah kondisi jerawat, seperti susu sapi serta protein whey. Menghilangkan bekas jerawat seperti ini dianggap mampu mempercepat proses penyembuhan dan bikin kondisi kulit jadi normal seperti semula. Jangan lupa diterapkan sekarang juga, ya!

7. Kompres dengan Es Batu

Cara alami menghilangkan jerawat membandel yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu. Kompres es batu ini memiliki khasiat yang efektif dalam menghilangkan jerawat membandel di wajah akibat peradangan. Pasalnya, es batu dapat membantu mengurangi peradangan dan mengecilkan ukuran jerawat yang timbul pada wajah. Selain itu, es batu juga dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat jerawat untuk sementara waktu.

Untuk mengompres menggunakan es batu, kamu nggak boleh langsung menempelkannya pada jerawat di wajah. Alih-alih begitu, kamu dapat membungkus es batu ke dalam kain atau handuk, kemudian letakkan di lokasi jerawat berada. Lakukan ini selama 3-4 menit, sampai peradangan pada jerawat dirasa sudah mendingan.

8. Manfaatkan Cuka Apel

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat ternyata juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan cuka apel. Seperti yang diketahui bahwa cuka apel sempat menjadi viral di kalangan masyarakat Indonesia berkat keampuhannya dalam mengatasi jerawat. Tapi, apakah memang seampuh itu cuka apel untuk kulit yang berjerawat?

Perlu kamu ketahui bahwa cara alami menghilangkan jerawat membandel menggunakan cuka apel ternyata dinilai efektif dan layak dicoba. Sebab, cuka apel ini memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Di antaranya seperti membersihkan kotoran dan debu di kulit wajah, mencegah terjadinya penuaan dini, mengencangkan kulit wajah, dan nggak ketinggalan membasmi jerawat yang ada di kulit wajah. Berbagai khasiat pada cuka apel ini bisa didapatkan karena kandungan asam asetat dan sifatnya yang antimikroba. 

Untuk memakai cuka apel, kamu dapat menuangkan 1 sdm ke dalam wadah. Setelah itu, tuangkan 3 sdm air bersih. Campurkan keduanya dan oleskan pada kulit secara perlahan menggunakan kapas. Diamkan selama kurang lebih 20-30 detik dan bilas wajah menggunakan air bersih.

9. Pakai Tea Tree Oil

Tea tree oil dapat menjadi salah satu obat jerawat yang ampuh yang bisa kamu coba. Di dalam bahan alami ini sendiri terdapat berbagai kebaikan yang bagus untuk kulit. Di antaranya seperti Terpinen-4-ol yang efektif melawan jamur, bakteri, dan beberapa jenis virus yang bisa mengganggu keseimbangan tubuh serta kulit. 

Selain itu, tea tree oil juga bersifat antiradang dan antibakteri yang dapat mengobati jerawat membandel di wajah. Kedua sifat tersebut pun juga baik untuk mengatasi kulit kemerahan dan radang yang disebabkan oleh jerawat, lho. 

Untuk memanfaatkan tea tree oil, kamu dapat menuangkan 1-2 tetes pada kapas. Kemudian, oleskan ke kulit wajah secara perlahan dan merata. Setelah selesai, kamu dapat membersihkan kembali wajah menggunakan air bersih dan jangan lupa keringkan dengan handuk yang baru.

10. Manfaatkan Alpukat

Langkah terakhir yang bisa dipilih untuk mengatasi jerawat di pipi susah hilang adalah memanfaatkan alpukat. Buah ini sendiri memiliki ragam manfaat yang bagus untuk mengobati jerawat di pipi dan area wajah lainnya. Sebab, di dalam alpukat terdapat kandungan vitamin E yang baik untuk mengurangi peradangan jerawat, mencerahkan kulit, serta melembabkan kulit yang kering. 

Bahan alami ini dapat kamu jadikan masker alami untuk jerawat. Caranya, potong alpukat menjadi ukuran yang kecil. Kemudian hancurkan hingga halus dan campurkan dengan 1 sdm madu asli. Setelah tercampur dengan sempurna, oleskan masker tersebut ke permukaan kulit wajah dan diamkan selama 20-30 menit. Habis itu, bilas wajah menggunakan air bersih.

Mengatasi jerawat membandel di wajah sebenarnya butuh upaya yang besar dari para penderitanya. Bahkan dalam beberapa kasus, jerawat memerlukan waktu untuk sembuh sepenuhnya. Tetapi dengan perawatan kulit yang tepat, perubahan gaya hidup, dan perhatian terhadap kebersihan, kamu pastinya dapat mengatasi jerawat membandel dan meraih kulit yang lebih sehat dan bersih. Nggak ketinggalan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan seorang profesional kesehatan kulit jika kamu memang merasa perlu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading