Sukses

Beauty

6 Ritual Sederhana Ini Bantu Nutrisi Kulit Agar Makin Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Semua perempuan pasti menginginkan kulit yang awet muda. Berbagai macam skincare yang memiliki kandungan untuk menutrisi kulit semakin banyak yang beredar. Bahkan dari usia remaja saja kamu sudah dapat merawat dan menutrisi kulit untuk mendapatkan tampilan kulit wajah yang cantik, bersih, dan tentunya mempertahankan penampilan kulit wajah agar tidak menua ketika sudah dewasa nanti.

Namun tetap saja, semakin bertambah usia khususnya ketika berusia 30 tahun ke atas, tanda-tanda penuaan sudah muncul. Terkadang tanda-tanda kulit menua yang muncul ini membuat banyak perempuan khawatir sebab mereka tidak dapat tampil dengan percaya diri dan tidak memiliki kulit dengan kondisi baik seperti diri mereka ketika muda dulu. 

Penuaan pada kulit merupakan proses alami, meskipun demikian kamu tidak harus begitu takut bahkan panik jika kulitmu sudah muncul tanda-tanda penuaan. Dan kamu juga punya hak untuk menutrisi kulit serta tampil dengan kulit yang awet muda. Apakah caranya harus dengan perawatan mahal?  Tentu saja tidak. Kamu bisa melakukan 6 ritual sederhana di bawah ini yang dilansir melalui healthline  berikut informasinya. 

1) Rawat kulit dengan baik

Kulit merupakan salah satu organ terbesar dalam tubuh. Jika kamu merawat kulit dengan baik, kulitmu dapat memproteksi diri dari berbagai zat-zat buruk, meregulasi dan menjaga suhu tubuh, serta memberikan sensasi kulit yang alami dan lembab. Untuk mempertahankan kulit yang baik kamu bisa menggunakan tabir surya, menggunakan pakaian dengan bahan adem untuk melindungi kulit, screening kondisi kulit kamu setidaknya setahun sekali, serta stay hydrated dengan minum air putih. 

2) Berolahraga 

Tahukah kamu jika kesehatan tubuh juga mempengaruhi bagaimana kulit berkembang? Jika kamu menginginkan kulit awet muda, kamu bisa melakukan olahraga serutin mungkin. Tidak hanya dapat membuat kulit awet muda saja, berolahraga juga dapat memperbaiki mood dan menjaga kualitas tidur. Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat juga menyarankan untuk berolahraga dengan waktu 2.5 hingga 5 jam setiap minggunya untuk jenis olahraga yang inten dan 1.25 hingga 2.5 jam setiap minggunya untuk olahraga seperti aerobik

3) Perhatikan pola makan 

Makanan yang sehat adalah salah satu cara untuk memiliki kulit awet muda. The Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran baik dalam kondisi fresh, beku maupun sudah diolah serta olahan protein seperti ikan dan kacang-kacangan dapat membantu menutrisi kulit. 

4) Menjaga kesehatan mental

Menjaga kesehatan mental juga dapat mempengaruhi kulit. Maka dari itu sisihkan waktu luang untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman, keluarga, serta orang terkasih. Menjaga hubungan ataupun komunitas sosial dapat meningkatkan kesehatan mental yang nantinya juga akan mempengaruhi kondisi fisik yaitu kulit. Tidak hanya itu, kamu juga harus cobalah untuk menerima perubahan kulit yang terjadi. Bukti beberapa penelitian menunjukkan jika seseorang menerima perubahan kulit yang terjadi dan menjaga serta merawatnya, kulit mereka akan menjadi lebih baik kondisinya. 

5) Menjaga kesehatan mulut

Tahukah kamu jika menjaga mulut juga akan mempengaruhi kulitmu? Menurut American Dental Association, seorang dokter gigi dapat menemukan berbagai jenis penyakit yang nantinya dapat mempengaruhi kesehatan kulit melalui kondisi giginya. Maka dari itu mereka juga merekomendasikan untuk menggosok gigi dua kali sekali, membersihkan noda makanan secara hati-hati dengan benang gigi maupun tusuk gigi, serta kumur-kumur dengan mouthwash. 

 

6) Mengunjungi dokter untuk melihat kondisi kulit

Jika kamu memiliki permasalahan pada kulit seperti kulit gatal, bersisik, mengeluarkan nanah maupun darah serta kondisi lain, sebaiknya kamu mengunjungi dokter. Nantinya dokter juga akan menanyakan beberapa pertanyaan seperti gaya hidup, riwayat penyakit turunan serta kondisi bawaan. Kamu juga dapat menanyakan dokter untuk waktu checkup selanjutnya. Selain itu, dengan mengunjungi dokter juga akan memperbaiki kulitmu sehingga kamu dapat tetap tampil awet muda.

 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading