Sukses

Beauty

Tips Membuat Riasan Matte Finish yang Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Penggemar makeup pasti sudah tidak asing dengan riasan matte finish. Berbeda dengan dewy makeup yang menghasilkan kesan kulitĀ  lembap dan berkilau, matte makeup memberikan hasil akhir yang bebas kilap. Riasan matte ini telah lama digemari banyak orang, terutama pemilik kulit berminyak, karena hasil akhirnya yang bebas kilap dan tahan lama.

Riasan matte merupakan gaya makeup yang mengedepankan hasil riasan tanpa kilap yang mampu menahan minyak sehingga wajah terkesan mulus dan flawless. Hasil riasan ini juga mampu menyamarkan tampilan pori-pori wajah serta menyamarkan tampilan kerutan yang membuatnya disukai banyak orang. Kini tidak hanya digunakan oleh pemilik kulit berminyak, pemilik tipe kulit kering pun bisa mencoba hasil akhir riasan ini.

Namun, penggunaan dan pemilihan produk untuk membuat hasil akhir riasan matte terbilang cukup tricky. Penggunaan teknik dan pemilihan produk yang kurang sesuai akan membuat kulit terasa kering dan terlihat berat. Kesalahan ini dapat memberikan hasil akhir yang kurang bagus, seperti cakey, creasing, memperjelas tekstur kulit, dan makeup menjadi tidak tahan lama.

Tips riasan matte yang tahan lama

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghasilkan riasan matte finish yang sempurna dan tahan lama:

1. Persiapkan kulit wajah

Sebelum memulai makeup, pastikan kulit telah terhidrasi maksimal. Untuk itu, persiapkan wajah dengan menggunakan skincare. Tidak hanya menjaga kesehatan kulit, penggunaan skincare akan membantu pengaplikasian makeup menjadi lebih mudah. Kulit menjadi lebih lembap dan makeup akan lebih mudah menempel di kulit.

2. Gunakan primer

Setelah skincare terserap sempurna, aplikasikan primer di area-area yang diperlukan. Penggunaan primer akan membantu menyamarkan tampilan pori-pori dan garis-garis halus sehingga hasil riasan lebih merata. Untuk mendapatkan hasil akhir yang matte, bisa dengan menggunakan mattifying primer.

3. Pilih base yang tepat

Base makeup yang umum digunakan yaitu foundation dan cushion. Pilihlah base makeup yang sesuai dengan tipe kulitmu. Gunakan secukupnya dan jangan terlalu banyak karena dapat membuat kulit terasa berat. Pemilihan base makeup yang tidak sesuai akan membuat makeup mudah luntur.

4. Aplikasikan bedak

Untuk memaksimalkan hasil akhir makeup matte, gunakan bedak secukupnya. Penggunaan bedak merupakan cara efektif untuk mengunci base makeup sekaligus membantu menahan minyak. Bedak juga akan membuat makeup lebih tahan lama.

Pilihan base makeup terbaik bebas kilap

Salah satu produk base makeup yang belakangan ini menjadi favorit adalah cushion. Cushion dianggap memiliki tekstur yang lebih ringan dari foundation dan praktis untuk digunakan. Untuk menghasilkan riasan yang matte finish dan tahan lama, YSL menghadirkan YSL Le Cushion Encre de Peau. Cushion ini memberikan sentuhan akhir yang bebas kilap namun tetap bercahaya.

YSL Le Cushion Encre de Peau diformulasikan dengan 94 persen bahan natural. Memberikan hasil akhir matte bercahaya yang mampu bertahan hingga 24 jam. Karena bahannya yang natural membuat cushion ini terasa ringan di kulit. Selain itu, Cushion Encre de Peau mengandung 78 persen bahan skincare seperti polyglutamic acid yang terkenal dengan kemampuannya untuk menghidrasi kulit.

Kandungan neo skin powder dalam cushion ini membantu mencegah kulit terlihat kusam bahkan setelah pemakaian sepanjang hari. Cushion Encre de Peau juga memiliki perlindungan antioksidan dan efek melembapkan karena mengandung ektrak bunga melati. Teksturnya yang ringan, sangat menempel dengan kulit, dan mampu melembapkan kulit hingga 24 jam menjadikan cushion ini sebagai pilihan terbaik untuk menghasilkan riasan matte finish.

YSL Le Cushion Encre de Peau tersedia dalam 8 pilihan warna yang telah disesuaikan untuk kulit-kulit Asia. Memberikan hasil akhir luminous matte, cushion ini membuat makeup terlihat flawless dan bertahan sepanjang hari.

Ā 

Penulis: Maritza Samira.

#BreakingBoundariesOktober

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading