Sukses

Beauty

Diary Fimela: Dua Sahabat Dirikan Winka Beauty, Ingin Mengedukasi Masyarakat Pentingnya Menjaga Kulit dengan Produk Alami

Fimela.com, Jakarta Bisnis kecantikan khususnya dibidang skincare wajah  semakin berkembang dengan adanya tren dan permintaan dari pelanggan. Permasalahan pada kulit wajah memang menjadi permasalahan sehari-hari yang cukup mengganggu aktivitas khususnya dialami oleh perempuan. 

Salah satu permasalahan kulit yang sering terjadi adalah kulit berminyak. Permasalahan kulit berminyak ini cukup sering ditemukan bahkan pada pasien yang tidak memiliki masalah jerawat pada wajahnya sekalipun. DIlansir melalui National Library of Medicine, pencarian produk skincare untuk atasi kulit berminyak pada wajah 9907 produk yang muncul pada laman Amazon.com. Permasalahan kulit berminyak pada wajah memanglah menjadi permasalahan kulit yang umum terjadi, dan dengan adanya kulit berminyak ini, perempuan menjadi tidak percaya diri dengan penampilan. 

Maka dari itu, Winka Beauty hadir untuk mengatasi permasalahan kulit wajah. Winka Beauty hadir dengan dua produk yang unggul yaitu Green Caviar Mask dan Green Caviar Face Serum. Keduanya memiliki nutrisi untuk kulit wajah karena terbuat dari bahan alami berkualitas serta sudah bersertifikasi BPOM dan aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Founder Winka Beauty yang juga bersahabat ini percaya jika kecantikan bukan sesuatu yang harus dicapai dengan cara yang instan. Ketika kulit kita sehat maka itulah kecantikan yang sesungguhnya. Bagaimana sih kisah Winka Beauty dapat berdiri? Simak ceritanya di bawah ini.

Memiliki latar belakang di bidang kesehatan

Winka Beauty didirikan oleh Ayu Cempaka Putri dan Ni Made Dwi Kemalasari. Mereka memiliki latar belakang sebagai apoteker dan melanjutkan kuliahnya ke fakultas kesehatan. Dari sana mereka mempelajari pengobatan tradisional dan berkeinginan untuk mengembangkan usaha skincare dengan bahan baku lokal berkualitas untuk merawat kecantikan kulit secara alami.                      

Kedua sahabat inipun mendirikan Winka Beauty pada tahun 2020. Dengan perpaduan kedua nama merekalah usaha produk skincare ini dinamakan Winka Beauty. Mereka ingin memberikan edukasi kepada masyarakat agar kembali merawat kulit dan kecantikannya dengan bahan-bahan alami sehingga pengaruh pengaruh efek samping dari penggunaan bahan kimia dapat diminimalisir. Merekapun akhirnya memilih menggunakan rumput laut sebagai bahan baku utamanya. 

Winka Beauty mendukung kesejahteraan petani lokal. Kandungan utama dari produk-produk Winka Beauty berasal dari hasil petani Bali. Kami memprioritaskan untuk menggunakan bahan-bahan alami dalam tiap racikan formula produknya. Hal ini juga selaras dengan salah satu misi Winka Beauty yaitu menggunakan bahan baku dari hasil pertanian lokal guna memajukan industri petani lokal sehingga bisa terus saling bekerjasama. 

Winka Beauty terus melakukan strategi marketing yang beragam

Bu Kemala menyadari jika saat ini produk skincare menjadi bisnis yang sudah tren di Indonesia. Dengan beragamnya kompetitor, Winka Beauty melakukan strategi marketing di laman instagramnya seperti memberikan promosi serta memperkenalkan produk dengan cara yang menghibur.  

Selain itu, ia juga terus melakukan giveaway pada pembeli dan memberikan diskon untuk pembelian Winka Beauty. Tidak hanya itu saja, Winka Beauty juga sering memberikan informasi kesehatan kulit yang edukatif. Hal ini dapat dilihat pada Instagram resmi Wika Beauty yang sering memberikan edukasi seperti jangan melakukan hal-hal ketika sedang maskeran seperti mengaplikasikan masker dengan tangan kotor. 

Bu Kemala juga ingin Winka Beauty tidak hanya menjual “Skincare” saja tetapi ia juga ingin memberikan konsultasi serta edukasi kepada para pembeli, apalagi permasalahan kulit pada perempuan menjadi hal yang tidak dapat dianggap remeh sebab hal ini juga menjadi permasalahan juga untuk kepercayaan diri. Oleh karena itu, Bu Kemala juga membuka konsultasi terkait permasalahan kulit.

Lolos kurasi KTT G20 menjadi pembuka jalan untuk Winka Beauty

Membanggakannya, Winka Beauty lolos pada program kurasi KTT G-20. Kita juga tahu jika Indonesia menjadi tuan rumah untuk KTT G-20 sehingga Indonesia memperkenalkan produk lokal dengan kualitas yang baik. Dan dengan lolosnya Winka Beauty ini, produk skincare mereka membuat warga asing tertarik. Bahkan, Winka Beauty juga diliput oleh TVRI Nasional dan beberapa Kementerian. 

“Kami dihubungi oleh pihak penyelenggara dan dinyatakan lolos diseleksi sebagai salah satu brand skincare lokal yang mewakili Bali. Di mana Winka beauty mengusung tema skincare natural dengan bahan baku utama yang diambil dari petani rumput laut di Bali. Maka dari itu Winka Beauty menghadirkan green caviar green mask dan green caviar serum selain bernutrisi dan aman digunakan, keaslian produk kami yang khas Indonesia juga menjadi salah satu faktor penentu lolosnya kurasi KTT G-20 ini,” ujar Bu Kemala. 

Meskipun telah memiliki pencapaian tersebut, Bu Kemala dan sahabatnya  belum merasa puas dengan pencapaian yang telah didapatkannya. Berbagai faktor seperti baru memulai terjun ke dalam dunia skincare, Bu Kemala dan sahabatnya juga merasa perlunya banyak belajar agar dapat memperbaiki juga meningkatkan Winka Beauty agar menjadi produk yang lebih baik serta menjadi band lokal yang membanggakan.

Pesan dari Winka Beauty

Banyak orang yang belum percaya diri untuk terjun berbisnis. Di forum-forum diskusi yang tersedia di internet juga menunjukkan terjun berbisnis memiliki risiko tinggi sehingga jika seseorang salah langkah saja dapat menyebabkan kerugian. 

Tidak hanya itu saja, jangankan ketika berbisnis, perempuan di luar sana juga merasa tidak percaya diri untuk menggeluti bidang  yang ingin ditekuni. Padahal hal-hal yang ditekuninya sendiri sudah sesuai dengan passionnya. 

Untuk itu Bu Kemala dan sahabatnya punya pesan untuk kamu yang ingin berbisnis ataupun menggeluti passion tetapi masih ragu.

“Sebelum kita terjun di dunia bisnis yang memiliki resiko yang tinggi terutama di bisnis skincare yang sudah banyak sekali pesaingnya ada baiknya kita melakukan penelitian terlebih dahulu, mengenai selera pasar, bahan baku yang dipergunakan serta trend yang sedang ramai saat ini,” ujarnya.

Kemudian ia menambahkan, “Dan tentu saja jangan lupakan passion, karena bila kamu memiliki passion di bidang yang kamu kerjakan maka kamu akan enjoy dan memberikan yang terbaik dalam bisnismu sendiri dan memiliki mental pantang menyerah.”

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading