Sukses

Beauty

Mengulik Kencur Bahan Alami dengan Segudang Manfaat untuk Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Kencur adalah rempah asli yang berasal dari kawasan Asia. Kencur sendiri termasuk dalam keluarga jahe. Rempah ini sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah rasa. Selain itu, kencur juga digunakan dalam pengobatan herbal tradisional di beberapa negara Asia.

Sejak dahulu, kencur diketahui memiliki segudang khasiat seperti meredakan sakit kepala, melancarkan badan, menyembuhkan asma, mengobati batuk, rematik, hingga menghilangkan jerawat.

Dalam sebuah studi telah menunjukkan bahwa rempah ini efektif karena mengandung 23 senyawa penting dan bermanfaat. Kencur juga dipercaya efektif untuk mengurangi berat badan dan melangsingkan tubuh.

Kandungan Alami Kencur

Selain dimanfaatkan untuk bumbu dapur dan obat-obatan, kencur juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Kencur memiliki kandungan antioksidan, mineral, pati, vitamin C, vitamin B1, vitamin E.

Kandungan tersebut memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan kulit. Kencur memiliki sifat anti inflamasi, antibakteri, serta antioksidan. Kandungan antioksidan yang tinggi ini dapat menjaga kulit dari paparan radikal bebas yang berbahaya.

Jika Sahabat Fimela tertarik menjadikan kencur sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan, berikut beberapa manfaat kencur mulai dari mengatasi jerawat, mencegah penuaan dini, hingga mengontrol berat badan.

Manfaat Kencur untuk Kecantikan

Mengatasi masalah jerawat

Kencur dipercaya dapat mencegah timbulnya jerawat karena memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Kencur juga dapat mengatur hormon yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat. 

Mencerahkan kulit

Kandungan antioksidan yang tinggi pada kencur mampu mencegah dan mengurangi kerusakan pada kulit akibat paparan sinar UV. Kencur biasanya digunakan sebagai masker wajah yang bisa membuat kulit wajah terlihat lebih cerah.

Mencegah penuaan dini

Kencur memiliki sifat anti aging yang dapat membantu mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin B1, vitamin C, vitamin E, asam ferulic dan alatonin bisa menyamarkan garis halus dan kerutan pada wajah.

Menjaga kelembapan kulit

Kandungan vitamin E pada kencur memiliki khasiat untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Sahabat Fimela dapat mengolahnya menjadi masker beras kencur dan diaplikasikan ke wajah maupun badan.

Mengontrol berat badan

Masalah berat badan bisa mempengaruhi penampilan. Penampilan menjadi salah satu perhatian wanita. Minum obat-obatan tentu bukan cara yang dianjurkan karena khawatir menimbulkan efek samping yang bisa berbahaya bagi tubuh. Mengonsumsi kencur dipercaya sebagai bahan alami yang dapat membantu mengontrol berat badan.

Penulis: Maritza Samira

#BreakingBoundariesAgustus

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading