Sukses

Beauty

Rahasia Kulit Cerah dan Berseri yang Bisa Diterapkan Mulai Sekarang, Nggak Butuh Biaya Mahal Lho!

Fimela.com, Jakarta Kulit cerah dan berseri bisa didapatkan oleh siapapun asal disertai dengan perawatan yang benar. Misalnya seperti menggunakan berbagai produk kecantikan serta skincare yang dijual di pasaran, memanfaatkan aneka bahan alami yang bisa ditemukan dengan mudah, hingga melakukan beragam jenis treatment di klinik kecantikan. Meski begitu, ada pula beberapa orang yang ingin mendapatkan hasil instan dengan cara yang lebih ekstrem, contohnya saja dengan melakukan suntik putih.

Suntik putih memang bisa menghasilkan kulit yang lebih cerah. Caranya pun cukup praktis dan hasilnya bisa terlihat dalam waktu dekat. Akan tetapi, rahasia kulit cerah seperti ini sangat nggak disarankan karena mempunyai efek negatif bagi kesehatan tubuh. Di antaranya adalah terjadinya masalah pencernaan, mengganggu kinerja hati dan ginjal, alergi, sampai ketidakstabilan hormon. 

Untuk itulah, banyak orang yang berlomba-lomba untuk menemukan rahasia kulit cerah serta berseri dengan cara yang lebih praktis, aman, dan tanpa memakan biaya berlebih. Kabar baiknya, sesuatu seperti ini sangat bisa banget untuk kamu wujudkan mulai sekarang, lho. Simak dulu yuk informasi berikut ini!

Perbedaan Kulit Cerah dan Kulit Putih

Kulit cerah dan kulit putih merupakan dua hal yang berbeda. Namun, masih banyak orang yang sering menyamakan atau salah mengartikan keduanya. Padahal, perbedaan kulit cerah dan putih bisa terlihat jelas bila kamu mengetahui definisinya. Bahkan, dalam dunia medis, dua kondisi kulit ini memiliki perbedaan yang begitu signifikan. 

Apabila memiliki kulit putih, artinya pigmen pemberi warna kulit sudah rusak. Sehingga warna yang ditimbulkan nggak terlihat alami serta tampak putih pucat. Perlu diingat bahwa kulit putih karena produk kecantikan sangatlah berbahaya. Apalagi karena bahan-bahan pemutih saat ini sudah diatur oleh BPOM. Jadi, kamu nggak bisa sembarangan membelinya kecuali bila menggunakan resep dari dokter. 

Berbanding terbalik dengan kulit putih, kulit cerah lebih dinilai sehat karena nggak bikin pigmen warna kulit rusak. Bahkan, skincare untuk kulit kusam saat ini nggak hanya bisa membuat kulit lebih cerah, melainkan juga mampu mengatasi masalah kulit lainnya. Misalnya saja seperti meratakan tone kulit yang awalnya nggak rata, memperbaiki distribusi sel pigmen, dan sebagainya. Jadi, sudah tahu bukan perbedaan kulit cerah dan putih ini?

Cara Membuat Kulit Cerah dan Berseri Secara Alami

Tips wajah cerah secara alami sebenarnya merupakan hal yang bisa dicapai dengan mudah. Cara mencerahkan wajah kusam secara alami ini pun bahkan cukup efektif, terjangkau, dan aman digunakan. Bagi kamu yang penasaran apa saja itu, yuk intip dulu di sini.

1. Rajin Minum Air Putih

Penyebab kulit kusam bisa berasal dari kondisi kulit yang kering dan kurang terhidrasi. Nah, untuk mengatasi hal seperti ini, maka sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan rajin minum air putih. 

Minum air putih setidaknya 8 gelas atau 2 liter dalam sehari. Ini perlu dilakukan agar tubuh dan kulit bisa tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, rajin minum air putih juga dapat membuat sel kulit bekerja dengan baik serta melancarkan peredaran darah. Sehingga, kulit dan wajah bisa terlihat lebih cerah, kenyal, serta sehat. 

Sementara itu, memenuhi cairan di dalam tubuh juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, terutama jenis yang mengandung banyak air seperti semangka, mentimun, jeruk, dan sebagainya. Oiya, hindari pula cairan dalam bentuk alkohol. Sebab, terlalu banyak minum minuman alkohol justru akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.  

2. Campurkan Jus Lemon, Madu, dan Susu

Rahasia kulit cerah secara alami selanjutnya adalah dengan mencampurkan jus lemon, madu, dan susu. Cara mengatasi kulit kusam ini bisa banget kamu contoh di rumah. Caranya juga gampang banget, lho. Pertama, campurkan satu sendok makan susu, satu sendok teh madu dan satu sendok makan jus lemon. Kemudian, oleskan campuran pada wajah kamu yang telah dibersihkan. Setelah itu, biarkan campuran di wajah selama sekitar 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Cara membuat wajah cerah dan tidak berminyak secara alami seperti ini dinilai sangat efektif dan mampu memberikan hasil yang cepat. Masker wajah yang menggunakan jus lemon diyakini menjadi obat mujarab untuk membuat kulit menjadi cerah serta mampu mengurangi bintik-bintik hitam penyebab kulit kusam. Di sisi lain, kandungan asam laktat pada susu diyakini memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit serta menyamarkan noda hitam. Sementara itu, sifat antibakteri pada madu juga dapat mengurangi bekas luka dan pigmentasi, sehingga kulitmu bisa lebih sehat bercahaya.

3. Pakai Yogurt

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan yogurt. Bahan alami ini memiliki kandungan asam laktat, yang berguna untuk mencerahkan kulit, memperbaiki tanda-tanda penuaan, serta menyamarkan bintik hitam pada wajah. Selain itu, yogurt juga kaya akan vitamin B kompleks yang membuat kulit jadi lebih bercahaya. 

Untuk menggunakan metode ini, kamu cukup mencampurkan dua sendok teh yogurt tawar dengan satu sendok teh madu hingga membentuk pasta halus. Lalu, oleskan campuran pada wajah dan diamkan selama sekitar 15 menit. Jika sudah, bilas menggunakan air dingin hingga bersih dan keringkan wajah memakai handuk kering serta bersih. 

4. Manfaatkan Tepung Beras dan Susu

Memanfaatkan tepung beras dan susu bisa juga menjadi rahasia kulit cerah selanjutnya untuk dicoba. Masker wajah yang mengandung tepung beras biasanya dianggap dapat membuat kulit berkilau serta kencang. Selain itu, tepung beras juga merupakan cara mencerahkan wajah kusam secara alami yang terpercaya karena telah digunakan oleh perempuan Asia sejak lama untuk mewujudkan kulit yang tampak lebih cerah, lebih lembut, dan lebih sehat.

Untuk menggunakan masker wajah yang terbuat dari tepung beras dan susu, kamu cukup campur saja kedua bahan tersebut sampai merata. Selanjutnya, oles ke permukaan kulit dan biarkan setidaknya selama setengah jam. Jika sudah kering, bilas menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk.

5. Bisa Pakai Wortel dan Alpukat

Terakhir, kamu bisa memakai campuran wortel dan buah alpukat. Cara mengatasi kulit kusam seperti ini sangat efektif karena keduanya memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit. Misalnya saja seperti wortel yang kaya akan beta-karoten dan antioksidan serta alpukat yang tinggi mineral dan berbagai jenis vitamin.

Jika ingin mencoba metode ini, maka kamu bisa merebus wortel dulu dan biarkan sampai dingin jika sudah matang. Setelah itu, haluskan wortel tersebut dengan buah alpukat dan tambahkan satu telur serta satu sendok madu. Campur hingga merata dan kemudian oleskan ke permukaan kulit. Kemudian, diamkan selama 15 menit dan bersihkan menggunakan air. 

Cara Membuat Kulit Cerah dan Berseri Menggunakan Produk Perawatan

Selain dengan cara alami, cara membuat wajah cerah dan tidak berminyak bisa pula dilakukan dengan menggunakan produk perawatan. Apalagi saat ini ada banyak jenis skincare untuk kulit kusam dari berbagai brand yang bisa ditemukan dengan mudah. Apa saja ya berbagai produk tersebut?

1. Jaga Kebersihan Kulit Tubuh dan Wajah

Rahasia kulit cerah yang bisa dilakukan mulai sekarang adalah menjaga kebersihan kulit dan wajah. Pasalnya, kulit yang bersih menjadi salah kunci terciptanya tampilan kulit glowing dan sehat. Dengan membersihkan kulit dengan rutin, kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori pun akan bisa hilang. Sehingga, nggak ada lagi noda hitam, kulit kusam, serta berminyak.

Untuk kulit tubuh, cobalah untuk mandi secara rutin setiap harinya. Gunakan produk sabun mandi yang lembut dan tentunya nggak bikin kulit iritasi. Sementara itu, bersihkan wajah dengan teknik double cleansing, yaitu membersihkan dahulu menggunakan cleanser kemudian dilanjutkan dengan memakai sabun cuci wajah. 

2. Gunakan Lotion yang Efektif Berikan Kelembapan

Pelembap wajah untuk kulit kering dan kusam juga bisa dimanfaatkan sebagai rahasia kulit cerah selanjutnya. Gunakan lotion pelembap setelah mandi dan mencuci wajah. Hal ini bertujuan agar nutrisi yang terdapat di dalam produk bisa menyerap sempurna hingga ke lapisan terdalam kulit. Namun, perhatikan lagi jenis kulit yang dimiliki. Jikapun kamu memiliki jenis kulit berminyak, tetaplah harus untuk menggunakan lotion pelembap dengan syarat memilih produk yang nggak menyumbat pori-pori. 

3. Pakai Sunscreen agar Terlindung dari Sinar UV Matahari

Jangan lupakan pula penggunaan sunscreen untuk kulit berminyak dan kusam. Sunscreen atau tabir surya dapat membantu menangkal sinar UV matahari penyebab kulit kusam. Pakai secara rutin saat berada di dalam atau luar ruangan. Biar tetap nyaman beraktivitas, pilih pula jenis sunscreen yang dilengkapi dengan SPF tinggi, minimal sebesar 30. Selain itu, cari produk sunscreen yang diformulasikan secara baik untuk memenuhi kebutuhan kulitmu. 

4. Gunakan Serum yang Mencerahkan

Yup, serum juga nggak boleh ketinggalan untuk digunakan. Serum dengan manfaat brightening jelas bisa membuat kulit dan wajah menjadi lebih cerah dan bersinar. Nah, dalam memilih serum, kamu wajib mengutamakan kandungan yang ada di dalamnya. 

Pastikan bila bahan-bahan yang ada di dalam serum tersebut memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit. Misalnya saja seperti niacinamide, alpha arbutin, vitamin C, serta azelaic acid. Jika serum memiliki salah satu dari bahan ini, maka bisa dipastikan bahwa produk tersebut punya khasiat yang baik dan pantas untuk digunakan. 

5. Manfaatkan Produk Eksfoliasi Kulit

Rahasia kulit cerah yang terakhir adalah dengan menggunakan produk eksfoliasi kulit. Perlu diketahui bahwa aktivitas ini akan dapat berguna untuk mengangkat lapisan kulit mati yang menyebabkan kulit tampak lebih kusam dan kering. Kamu bisa melakukan eksfoliasi kulit secara mekanik seperti menggunakan scrub atau bisa juga secara kimiawi dengan toner yang mengandung AHA dan BHA. Lakukan secara rutin setidaknya satu kali seminggu agar kulit bisa lebih cerah dan bersinar. 

Oiya, selain dari beragam cara yang sudah dijelaskan di atas, kamu pun juga wajib memperhatikan tampilan luar tubuh seperti dalam pemilihan outfit, warna makeup, hingga warna rambut. Pasalnya, ada beberapa warna yang bikin kulit kusam dan harus dihindari penggunaannya. So, itulah tadi semua informasi tentang rahasia kulit cerah yang bisa kamu coba mulai sekarang. Semoga bermanfaat!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading