Sukses

Beauty

Tips Mengatasi Alis Rontok karena Terlalu Sering Menggunakan Makeup

Fimela.com, Jakarta Saat merias wajah, alis jadi salah satu bagian yang menyempurnakan penampilan. Bukannya tanpa alasan, bagian tubuh yang satu ini berperan sebagai bingkai wajah yang membuat penampilan terlihat proporsional. Jadi, penting memperhatikan kondisi alis, mulai dari perawatan hingga penataannya.

Namun, ternyata terlalu sering menggunakan produk makeup, seperti gesekan yang terjadi antara pensil alis dengan bagian tersebut bisa menyebabkan kerontokan. Selain itu, kebiasaan membersihkan riasan alis yang terlalu kasar juga bisa membuat rambut halus yang tumbuh di area tersebut mulai rontok. Demi menjaga penampilan tetap prima, berikut ini beberapa tips mengatasi alis rontok karena terlalu sering memakai makeup. Gali lebih jauh, yuk!

Hindari Over-Plucking

Mencabut alis untuk membuatnya terlihat lebih rapi saat dirias memang tidak dilarang. Namun, jangan sampai over-plucking atau mencabut secara berlebihan ya! Biarpun bisa membuat riasan jadi lebih presisi, tapi berisiko membuat alis semakin menipis.

Jadi, disarankan untuk tidak terlalu sering melakukannya agar alis bisa tumbuh dengan baik dan optimal. Selain itu, kalau ingin mencabut alis, sebaiknya perhatikan momen Golden Period-nya. Momen ini biasanya berlangsung antara 10-15 menit setelah mandi.

Gunakan Produk Riasan yang Tidak Menyumbat Folikel

Tahukah kamu kalau produk riasan yang digunakan juga mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan alis? Jadi, penting untuk memilih produk riasan yang tepat agar formulanya tidak menyumbat folikel yang membuat kondisi kerontokan parah.

Menurut dr. Caroline Robinson, M.D yang dilansir dari The Zoe Report menyebutkan bahwa brow powder merupakan salah satu tekstur produk yang paling ringan sejauh ini. Jadi, jika dibandingkan dengan produk alis bertekstur padat seperti wax atau pomade, brow powder lebih disarankan untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Gunakan Serum Khusus

Jika mengalami kerontokan pada alis, serum khusus untuk alis dan bulu mata bisa jadi pilihan yang tepat untuk merawat area wajah yang satu ini. Produk serum tersebut biasanya berbentuk seperti maskara, hanya saja dengan isian serum bertekstur watery yang mudah meresap. Tinggal diaplikasikan saja pada kedua alis dengan bantuan aplikatornya.

Pastikan pilih produk serum alis yang memiliki kandungan terbaik. Misalnya saja vitamin dan mineral yang dapat merangsang pertumbuhan rambut alis yang baru sekaligus meningkatkan kekuatannya agar tidak mudah rontok.

Pijat dengan Minyak Alami

Sama seperti kulit kepala, pemijatan area alis juga diperlukan untuk menunjang kondisinya agar tetap sehat. Cara yang satu ini dapat merangsang aliran darah yang lebih lancar sehingga rambut alis bisa tumbuh dengan lebat.

Kamu bisa menggunakan minyak zaitun yang dihangatkan terlebih dulu. Balurkan secara merata pada area alis lalu pijat secara perlahan agar formulanya meresap dengan baik. Jika dilakukan secara rutin, bisa meningkatkan kesehatan kulit kepala lho!

Beberapa rekomendasi perawatan alis di atas bisa dicoba jika mengalami kerontokan yang bikin cemas. Selamat tampil menawan dengan alis cantik!  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading