Sukses

Beauty

5 Perawatan untuk Mengatasi Masalah Kantung Mata

Fimela.com, Jakarta Area bawah mata sering mengalami masalah umum seperti bengkak, kerutan, bintik hitam, hingga berwarna gelap. Hal ini bisa disebabkan oleh pola tidur tidak teratur, pigmentasi berlebih, hingga paparan sinar matahari langsung. Umumnya perawatan yang akan digunakan adalah masker khusus kantung mata. Namun ternyata cara tersebut tidak sepenuhnya dapat mengatasi masalah kantung mata, terutama bagi kondisi yang lebih parah.

Melansir dari Byrdie dokter kulit dan ahli bedah plastik bersertifikat memberi beberapa tips untuk mengatasi berbagai masalah kantung mata. Berikut perawatan yang dapat dilakukan.

1. Gunakan Sunscreen Setiap Hari

Baik beraktivitas di luar maupun dalam ruangan, menggunakan tabir surya tak boleh ketinggalan. Hampir semua perawatan kulit, SPF adalah kuncinya. Paparan sinar matahari berkontribusi terhadap penuaan dini, garis halus dan kerutan, kulit kering, bintik matahari, hiperpigmentasi, dan masalah kulit lainnya. Oleskan SPF secara merata pada area bawah mata. Bahan yang paling direkomendasikan adalah SPF dengan formula mineral untuk mengurangi iritasi.

2. Ganti Krim Mata dengan Pelembap Berbahan Ringan

Dalam rangkaian perawatan area mata, hindari penggunaan krim mata berlebihan dan gantilah dengan pelembap bahan ringan. Krim mata dengan bahan keras akan menyebabkan kerutan. Dokter merekomendasikan untuk memilih pelembap dengan bahan gliserin, asam hialuronat, dan ceramide.

3. Tingkatkan Sirkulasi Darah di Area Mata

Sirkulasi darah yang buruk akan menyebabkan berbagai masalah area mata misalnya pembengkakan. Dokter kulit menyarankan untuk menggunakan krim mata berbahan ringan yang memiliki manfaat untuk melancarkan sirkulasi dan aplikasikan dengan pijatan lembut. Kandungan vitamin K bisa jadi pilihan karena mendukung sirkulasi kapiler yang memperbaiki lingkaran hitam.

4. Gunakan Produk yang Mengatasi Pigmentasi Kulit

Bagi pemilik kantung mata gelap, menggunakan produk yang mengatasi pigmentasi bisa jadi solusi. Antioksidan seperti vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit, termasuk area kantung mata. Selain itu, bahan lain seperti arbutin, asam kojic, dan asam azelaic juga memberi manfaat sama tanpa efek samping.

5. Gunakan Produk dalam Jumlah Sedikit

Hal ini bukan hanya pada takaran produk saat ingin digunakan, namun juga jenis produk. Menggunakan terlalu banyak produk bukan memberi manfaat baik tapi cenderung menimbulkan kerutan. Dokter kulit menyarankan untuk gunakan sebanyak 2 produk seperti krim mata dan pelembap untuk perawatan khusus area mata. Oleskan dalam jumlah sedikit agar tidak mengendap di bawah mata.

Perawatan mata dapat diterapkan sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan. Iringi perawatan kulit dengan gaya hidup sehat agar kulit sehat maksimal.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading