Sukses

Beauty

Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang tidak mau punya penampilan yang menarik? Penampilan biasanya dinilai dari pakaian ataupun makeup yang dikenakan. Meskipun berbagai kekurangan diri di wajah bisa ditutupi dengan makeup, namun penampilanmu pun akan lebih menarik jika kamu percaya diri tidak menggunakan makeup.

Sayangnya ada beberapa hal yang membuat kita tidak tidak percaya diri hanya dengan menampilkan bare face atau wajah yang polos tanpa makeup. Salah satunya adalah bibir yang terlihat menghitam.

Ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan bibir jadi terlihat menghitam. Berikut penyebab bibir hitam serta cara mengatasinya.

1. Merokok

Rokok memiliki kandungan nikotin dan benzpyrene di dalamnya yang mampu mendorong produksi melanin. Hal inilah yang kemudian membuat bibir jadi menghitam.

Penggelapan akibat rokok ini tidak langsung terjadi dalam waktu yang singkat. Hal ini berlangsung secara bertahap dan butuh waktu yang cukup lama seperti berminggu-minggu bahkan bertahun-tahun.

2. Konsumsi Kafein

Terlalu sering minum minuman yang mengandung kafein ternyata juga bisa membuat bibir menghitam. Hal ini dikarenakan minuman berkafein bersifat diuretik yang membuatmu sering buang air kecil. Terlalu sering buang air kecil membuatmu jadi kekurangan hidrasi dan bibir jadi kering. Bibir yang kering inilah yang kemudian membuat bibirmu lama kelamaan jadi terlihat menghitam.

3. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari memicu tubuh membuat melanin untuk menyerap sinar ultraviolet yang berfungsi untuk melindungi kulit dari beberapa kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari. Melanin yang diproduksi oleh tubuh inilah yang kemudian membuat bibir jadi lebih hitam dari biasanya.

Oleh karena itu, memakai sunscreen sangat tidak hanya penting untuk tubuh namun juga untuk bibir. Jangan lupa proteksi bibirmu dari sinar matahari agar tidak menggelap. Cobalah cari produk perawatan bibir yang mampu memproteksi bibir dari paparan sinar matahari.

4. Bibir Kering

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bibir kering juga bisa jadi salah satu penyebab bibir hitam. Bibir yang kering biasanya mudah pecah-pecah dan akhirnya menghitam secara perlahan.

Penyebab bibir kering sering sangat beragam. Kurang hidrasi, cuaca panas hingga terlalu sering membasahi bibir menggunakan ludah juga bisa membuat bibir jadi kering.

5. Kehamilan

Selama hamil, terjadi perubahan hormon pada tubuh yang berdampak pada beberapa perubahan seperti perubahan kulit menjadi lebih kering. Begitu juga dengan bibir. Perubahan hormon pada ibu hamil bisa jadi salah satu penyebab bibir menghitam.

Tidak hanya bibir, area tubuh lain seperti puting susu, dahi, pipi, dan hidung juga bisa muncul bercak hitam atau jadi sedikit menghitam. Namun jangan khawatir, area yang menghitam ini nantinya akan kembali seperti semula setelah melahirkan.

Cara Mengatasi Bibir Hitam Secara Alami

1. Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon atau jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi bibir hitam secara alami. Lemon dan jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi. Kamu bisa mengoleskan beberapa tetes air lemon atau jeruk nipis. Kamu juga bisa menggosokkan buah ini ke bibir. Pastikan bibir tidak pecah-pecah atau sangat kering sebelum menggunakannya.

2. Kunyit

Kunyit juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi bibir yang menghitam. Cara menggunakannya cukup mudah kok. Cukup haluskan 2 ruas kunyit sampai halus lalu oleskan pada bibir. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

Kamu juga bisa menggunakan kunyit dengan mencampur 1 sendok makan susu dan bubuk kunyit secukupnya untuk membuat pasta. Dengan ujung jari yang basah, gosokkan pasta di bibir. Biarkan sekitar lima menit sebelum membilasnya dengan air dingin.

3. Madu

Cara mengatasi bibir hitam selanjutnya adalah dengan madu. Kandungan glukosa dan fruktosa yang terdapat dalam madu akan merangsang epidermis untuk membuat kolagen baru. Ini membuat bibir akan terlihat lebih merah secara alami. Untuk mendapatkan khasiatnya, campur madu dengan gula, kemudian gosokkan pada bibir secara perlahan hingga kulit mati terangkat.

4. Stroberi

Stroberi mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang bisa mencerahkan dan mencegah penuaan kulit. Menggunakan stroberi ampuh untuk pengelupasan kulit dan mencerahkan bibir yang kusam. Hancurkan satu buah stroberi dan campurkan dengan satu sendok teh madu serta minyak zaitun. Bersihkan bibir dan aplikasikan campuran stroberi dengan jari. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan vitamin K yang tinggi yang bisa mencerahkan bibir secara alami. Cara memerahkan bibir secara alamimenggunakan minyak zaitun cukup mudah, yaitu mengoleskan minyak zaitun setiap hari ke bibir.

Selain beberapa bahan alami di atas, kamu juga bisa mengatasi bibir yang menghitam dengan cara menghindari beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Seperti berhenti merokok, melindungi bibir dari paparan sinar matahari dengan menggunakan lipbalm yang mengandung SPF dan juga mengurangi konsumsi kafein.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading