Sukses

Beauty

5 Cara Memakai Softlens yang Mudah dan Tidak Menyebabkan Iritasi Mata

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela ingin mencoba menggunakan softlens? Softlens atau soft contact lenses adalah jenis lensa kontak yang bentuknya lunak dan bisa dijadikan sebagai pengganti kacamata. Cara memakai softlens harus diperhatikan dengan benar, agar tidak mengiritasi mata.

Softlens terbuat dari plastik yang lembut, seperti silikon hidrogel, yang bisa membantu oksigen masuk menembus kornea. Softlens bisa digunakan dalam waktu tertentu, seperti sebulan hingga 3 bulan, lalu dibuang setelah kadaluarsa. Softlens memiliki berbagai macam warna dan model yang bisa mempercantik bola mata.

Softlens sangat praktis untuk digunakan dan harganya terjangkau. Pastikan untuk merawat softlens dengan benar, agar tidak rusak serta terkena debu atau kotoran. Berikut cara memakai softlens yang mudah dan tidak menyebabkan iritasi mata:

Cara Memakai Softlens

1. Bersihkan Softlens

Sebelum menggunakan softlens, lebih baik cuci tangan terlebih dahulu. Lalu ambil softlens di dalam wadah menggunakan tangan atau alat. Setelah itu bersihkan softlens dengan air khusus untuk membersihkan softlens.

2. Gunakan Jari Telunjuk

Jika softlens sudah bersih, gunakan jari telunjuk untuk mengambil softlens. Kamu juga bisa menyesuaikan dengan jari lainnya, yang penting nyaman dan mudah saat menempelkan softlens ke dalam bola mata. Usahakan softlens berbentuk U atau melengkung sempurna, dan jangan sampai softlens terbalik.

 3. Cek Softlens

Sebelum memasukkan ke dalam bola mata, pastikan softlens benar-benar sudah bersih dan tidak ada yang rusak. Karena kalau ada debu yang menempel di softlens, bisa membuat mata menjadi iritasi. Untuk mengetahui softlens terbalik atau tidak, cek pada motif yang menempel pada softlens, motif bagian dalam memiliki gambar yang lebih buram daripada area luar.

 

Cara Memakai Softlens

4. Membuka Kelopak Mata dengan Lebar

Saat memasukkan softlens ke dalam bola mata, usahakan untuk membuka kelopak mata bagian atas dan bawah. Kamu bisa menggunakan jari telunjuk dan jari tengah, lalu tangan satunya memasukkan softlens ke dalam mata. Setelah itu kedipkan mata, agar softlens terpasang dengan sempurna.

5. Cara Memakai Softlens Saat Menggunakan Makeup

Kalau kamu menggunakan makeup, usahakan untuk menggunakan softlens sebelum mengaplikasikan eye shadow. Karena softlens bisa membuat riasan matamu jadi berantakan, kalau digunakan setelah memakai makeup. Waspadai penggunaan eye makeup, agar tidak masuk ke dalam softlens dan mengiritasi mata.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading