Sukses

Beauty

Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Eksfoliasi

Fimela.com, Jakarta Eksfoliasi adalah kegiatan menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit. Hal ini penting dilakukan sebab sel kulit mati yang menumpuk dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Mulai dari kulit kusam hingga terjadi bruntusan jerawat. Tentunya hal tersebut tidak ingin kamu alami, bukan?

Untuk menjaga kesehatan kulit eksfoliasi sangat penting. Jadi, apa saja sebenarnya yang perlu kamu ketahui tentang eksfoliasi? Yuk, cek penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Eksfoliasi

Dikutip dari dermcollective, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan ketika rutin melakukan eksfoliasi. 

  1. Memudarkan noda hitam pada wajah dengan mengangkat sel kulit mati yang mengandung pigmen.
  2. Membersihkan pori-pori dengan melepaskan sebum yang menumpuk.
  3. Mengecilkan pori-pori.
  4. Menyamarkan garis halus dan kerutan.
  5. Membuat produk perawatan mudah menyerap ke dalam kulit.

Seberapa Penting Eksfoliasi dan Apa yang Harus Diperhatikan?

Proses regenerasi sel kulit kita akan melambat seiring dengan bertambahnya usia. Sehingga penting bagi kita melakukan eksfoliasi untuk membantu kulit melepaskan sel-sel kulit mati agar tidak menumpuk.

Apapun jenis kulitmu, eksfoliasi penting untuk membuat kulit terasa segar dan bersih dari kotoran yang menyumbat pori-pori. Namun begitu, penting juga untuk memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan kondisi kulit kamu saat eksfoliasi agar tidak menimbulkan masalah kulit baru.

  • Kulit kering: Jika kamu memiliki kulit kering maka harus menghindari produk eksfoliasi yang mengandung bahan penyebab kulit menjadi lebih kering, seperti retinoids atau benzoyl peroxide. Pilih bahan yang lebih lembut seperti glycolic atau lactic acid dalam kandungan yang ringan.
  • Kulit berminyak: Kulit berminyak membutuh kehati-hatian dalam memilih produk sebab riskan untuk menimbulkan masalah kulit lain. Kamu bisa mengkombinasikan produk asam glikolat dan asam salisilat karena mampu mengobati jerawat dan mengelupas pada waktu yang sama selain membersihkan sel kulit mati.

Mulai saat ini, yuk rajin melakukan eksfoliasi!

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading