Sukses

Beauty

4 Penyebab Selangkangan Hitam dan Gatal dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Area selangkangan merupakan salah satu area yang cukup sensitif dalam tubuh, selangkangan mungkin menjadi salah satu bagian tubuh yang sering disepelekan terutama dalam hal perawatan. Meskipun begitu, area satu ini kerap mengalami beberapa masalah.

Mungkin area selangkangan jarang terlihat, karena tertutupi oleh celana. Penggunaan celana yang ketat atau aktivitas olahraga lainnya tentu dapat menyebabkan adanya gesekan pada selangkangan.

Gesekan pada area selangkangan ternyata dapat membuat selangkangan menghitam dan menjadi gatal, berikut beberapa penyebab area selangkangan menghitam dan gatal yang bikin tak nyaman:

1. Kebersihan yang Buruk

Tidak hanya dibutuhkan mandi setiap hari untuk menjaga kebersihan selangkangan, keringat dan kelembapan ternyata dapat menciptkan lingkungan yang memungkinkan untuk pertumbuhan mikroorganisme berlebih pada kulit.

2. Infeksi Jamur

Jika kamu merasakan adanya ruam dan gatal secara bersamaan pada area selangkangan, mungkin hal ini dapat disebabkan oleh adanya infeksi jamur. Ragi biasanya terdapat pada jumlah kecil di sekitar kulit, akan tetapu pertumbuhannya yang berlebihan dapat menyebabkan infeksi.

3. Gesekan

Sesekan dapat terjadi ketika kulit bergesekan dengan paha, selain itu adanya aktivitas yang melibatkan banyak gesekan seperti berlari. Menggosok dapat mengganggu penghalang kulit, serta dapat menyebabkan retakan kecil dan oeradangan pada lapisan luar kulit.

4. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak dapat terjadi ketika kulitbersentuhan dengan sesuatu yang menyebabkannya alergi, bisa jadi makanan, kai, logan, wewangian, atau beberapa zat lainnya. Mungkin kamu akan merasakan ruam merah yang sangat gatal, atau mungkin dapat mengeluarkan cairan bening atau kekuningan.

Cara Mengatasi

Berikut beberapa cara untuk mengatasi selangkangan hitam dan gatal yang perlu kamu tahu:

  • Lulur atau scrub area selangkangan saat mandi.
  • Hindari pakaian yang terlalu ketat.
  • Oleskan menggunakan minyak kelapa.

Nah, itulah beberapa penyebab area selangkangan menghitam dan gatal yang bikin tak nyaman. Beberapa masalah dapat diatasi dengan perawatan atau penggunaan pakaian yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading