Sukses

Beauty

5 Penyebab Rambut Kering dan Mengembang yang Mengganggu Penampilan

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut kering dan mengembang sangat mengganggu penampilan. Masalah rambut ini juga bisa membuat rasa percaya diri seorang perempuan menurun. Karena rambut yang kering dan mengembang sangat susah untuk diatur, susah disisir dan mudah patah.

Rambut adalah sebuah mahkota yang sangat penting bagi perempuan. Sehingga rambut harus dijaga kesehatannya, agar tampak cantik, mudah di atur, tidak mengembang, terhindar dari kerusakan, dan sebagai penunjang penampilan.

Secara umum, masalah rambut kering dan mengembang disebabkan karena terlalu sering menggunakan bahan kimia pada produk rambut dan pengering rambut. Agar rambut tidak kering dan mengembang, yuk hindari penyebab rambut kering dan mengembang berikut ini:

Penyebab Rambut Kering dan Mengembang

1. Sering Terkena Polusi dan Sinar Matahari

Penyebab rambut kering dan mengembang yang pertama, adalah karena rambut terlalu sering terpapar polusi udara, yang menyebabkan debu dan kotoran menempel di area rambut. Selain itu, paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan rambut kering dan mengembang.

2. Menggunakan Alat Pengering Rambut

Kalau Sahabat Fimela sering menggunakan alat pemanas untuk mengeringkan rambut, maka berisiko menyebabkan rambut kering dan mengembang. Sebaiknya hindari menggunakan hairdryer atau catokan saat mengeringkan rambut. Kecuali kalau kamu akan pergi ke sebuah acara yang membutuhkan styling rambut.

3. Penggunaan Bahan Kimia untuk Rambut

Penggunaan bahan kimia seperti cat rambut, krim pelurus atau pengeriting rambut, bisa menyebabkan rambut kering dan mengembang. Sebaiknya hindari terlalu sering menggunakan produk yang mengandung bahan kimia, agar kesehatan rambut selalu terjaga.

Penyebab Rambut Kering dan Mengembang

4. Salah Menggunakan Produk Sampo

Ada beberapa produk sampo yang bisa menyebabkan rambut kering dan mengembang. Biasanya produk sampo tersebut memiliki kandungan isopropil alkohol, sodium laureth sulfat, natrium lauril sulfat, dan lain sebagainya. Sebaiknya gunakan sampo yang mengandung pelembap, untuk melembapkan dan melembutkan tekstur rambut yang kering.

5. Sering Berenang

Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang sangat menyenangkan. Namun di kolam renang terdapat kaporit yaitu bahan kimia yang membuat air kolam menjadi jernih. Jika terlalu sering berenang, kaporit bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan mengembang.

Cara Merawat Rambut Agar Tidak Kering dan Mengembang

1. Gunakan Masker Rambut

Agar rambut tidak kering dan mengembang, rawatlah rambutmu menggunakan masker rambut yang diaplikasikan setelah mencuci rambut, kemudian diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin. Penggunaan masker rambut ini bisa digunakan setiap seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Gunakan Serum atau Vitamin Rambut

Cara merawat rambut yang selanjutnya, yaitu menggunakan serum rambut atau vitamin rambut setelah keramas. Selain membuat rambut tidak kering dan mengembang, kandungan vitamin dan minyak alami di dalam serum atau vitamin rambut, bisa menutrisi rambut agar tidak kering, menguatkan akar rambut, mencegah kebotakan, tekstur rambut tetap lembap dan berkilau alami.

3. Gunakan Sampo dan Kondisioner

Cara yang terakhir adalah menggunakan sampo yang tidak mengandung bahan kimia, seperti Sodium Lauryl Sulfate atau SLS. Kandungan bahan kimia ini bisa membuat rambut kering dan mengembang. Kemudian gunakan kondisioner di ujung rambut setelah keramas, untuk membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading