Sukses

Beauty

Tips Olahraga di Bulan Ramadan yang Harus Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Memasuki bulan Ramadan, sangat penting untuk kamu menjaga kesehatan tubuh dan juga jiwa. Selain menjaga makanan dan minuman yang kita konsumsi selama berpuasa, kamu dapat menjaga kebugaran tubuh kamu dengan tetap berolahraga.

Namun, dikarenakan asupan makanan selama berpuasa akan berkurang, kamu dapat mengurangi intensitas olahraga dan melakukan olahraga yang ringan. Menuntukan waktu yang tepat untuk berolahraga juga sangat penting.

Melansir dari Muslim Girl, berikut adalah beberapa tips untuk berolaharaga walaupun kamu sedang berpuasa agar tubuh tetap fit.

Menentukan waktu yang tepat untuk berolahraga

Penting untuk kamu menentukan kapan waktu yang tepat untuk kamu berolahraga. Ada beberapa opsi waktu untuk kamu berolahraga seperti sebelum berbuka puasa, sesudah berbuka puasa ataupun sebelum sahur. Jika kamu memilih sebelum berbuka puasa, kamu dapat berolahraga selama satu jam atau kurang sebelum waktu berbuka.

Jika kamu memilih setelah berbuka puasa, makanlah sesuatu yang ringan dan berenergi terlebih dahulu, lanjutkan dengan berolahraga dan kemudian makanan utama. Dan yang terakhir, kamu juga dapat berolahraga sebelum sahur. Namun ingat, untuk tidak memaksakan diri kamu. 

Memerhatikan Apa yang Dikonsumsi

Terkadang kita tidak bisa menahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan yang berminyak atau terlalu manis ketika waktu berbuka telah tiba. Ada baiknya untuk kamu memperhatikan makanan yang kamu konsumsi saat berbuka. Berbukalah dengan air dan kurma sesuai sunnah dan dapat menambah seporsi salad. Dengan begitu, kamu dapat memuaskan selera makan kamu dengan makanan yang sehat dan baik untuk tubuh.

Tetap terhidrasi

Tetap menghidrasi tubuh disaat bulan Ramadhan sangatlah penting. Dianjurkan untuk minum dua liter air sehari. Ini membuat kulit menjadi sehat, metabolisme yang baik, dan energi yang cukup. Jika kebutuhan air dalam sehari dapat kamu penuhi, tidak usah khawatir untuk dehidrasi walaupun kamu berolahraga saat menjalankan ibadah puasa.

Melakukannya secara konsisten

Harus kamu ingat bahwa membuat perubahan kecil akan menghasilkan hasil yang jauh lebih besar. Karena itu, ada baiknya untuk berusaha memperbaiki diri di bulan Ramadhan karena ini adalah waktu yang tepat untuk memulai. Kamu dapat mulai mengonsumsi makanan sehat saat berpuasa dan mulai rutin melakukan olahraga ringan walaupun hanya sebentar.

#ChangeMaker

Penulis: Zhafira Majdina

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading