Sukses

Beauty

Manfaat Bakteri Baik dalam Olahan Fermentasi Ikan Laut (II)

Bakteri asam laktat seperti Lactobacillus, Streptococcus, dan Pediococcus merupakan jenis bakteri baik yang sering kali digunakan dalam proses fermentasi ikan laut. Bakteri baik dari jenis asam laktat tersebut juga bermanfaat bagi manusia yakni untuk menjaga fungsi sistem pencernaan manusia.

Bakteri asam laktat tersebut bermanfaat untuk membuat berbagai olahan fermentasi ikan laut hampir di seluruh dunia. Selain beberapa hasil olahan fermentasi ikan laut yang lainnya, berikut adalah beberapa hasil fermentasi ikan laut yang lainnya menurut laman en.wikipedia.org.

Hongoehoe
Hongoehoe merupakan fermentasi ikan laut yang berasal dari Negeri Ginseng alias Kore Selatan. Hongoehoe terbuat dari ikan skate dengan ukuran besar yang diawetkan melalui proses fermentasi menggunakan bakteri baik. Hongoehoe biasanya dimakan langsung tanpa dimasak lagi.

Igunaq
Warga Inuit yang hidup di Kutub Utara biasa menyantap igunaq yang merupakan fermentasi dari ikan laut dan mamalia laut seperti anjing laut. Igunaq dimasak dengan cara mengubur ikan laut atau mamalia laut pada musim panas dan akan melalui proses fermentasi pada musim gugur dan dingin.

Kusaya
Jepang juga memiliki hasil fermentasi ikan laut yang bernama kusaya. Kusaya sudah ada di Jepang sejak jaman Edo dan sangat terkenal akan baunya yang sangat kuat. Kusaya dibuat dari ikan laut yang difermentasi menggunakan garam dan dimakan dengan sake.

Jangan lupa tetap simak artikel berikutnya ya, Ladies.

Oleh:Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading