Sukses

Beauty

Ruam: Tanda Penyakit Gatal Kulit yang Menjadi Gejala Beberapa Penyakit Kulit

Ladies, ruam yang biasa kita lihat berupa tanda kemerahan pada kulit ini seringkali menimbulkanrasa gatal yang sangat mengganggu ya? Hal ini dikarenakan ruam memang menjadi salah satu tanda penyakit gatal kulit, disamping benjolan, bintik-bintik dan kulit kasar dan bersisik. Disebutkan dalam www.nlm.nih.gov, ruam sederhana berarti peradangan kulit yang disebabkan kontak dermatitis terhadap benda atau bahan yang menyentuh kulit Anda, seperti:

- Bahan kimia dalam plastik, dan produk karet.
- Kosmetik, sabun , dan deterjen.
- Pewarna dan bahan kimia lainnya dalam pakaian.
- Poison ivy, oak , atau sumac.

Selain kontak dengan bahan-bahan di atas, timbulnya ruam juga merupakan indikasi dari gejala beberapa penyakit kulit, antara lain:

- Eksim
Eksim umumnya terjadi pada penderita alergi terhadap bahan tertentu dan asma. Ruam pada penyakit eksim umumnya merah, gatal, dan bersisik.

- Psoriasis
Ruam pada penyakit psoriasis umumnya merah dan bersisik. Rasa gatal yang ditimbulkan oleh ruam akibat penyakit psoriasis ini terjadi di persendian dan kulit kepala.

- Impetigo
Umumnya terjadi pada anak dan diakibatkan bakteri yang hidup di lapisan atas kulit. Ruam pada penyakit impetigo berwarna merah dan dapat berubah menjadi lepuh berisi cairan.

- Herpes Zoster
Ruam pada penyakit ini umumnya berupa luka lepuh kemerahan dan berisi cairan. Penyakit kulit herpes zoster disebabkan oleh virus yang sama dengan cacar air. Virus ini dapat tertidur dalam tubuh Anda selama bertahun-tahun dan kembali muncul sebagai herpes zoster.

Oleh : Maulisa

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading