Sukses

Beauty

Organ Tubuh Manusia Paling Vital: Limpa

Ladies sekalian, sudahkah Anda mengenal seluruh organ tubuh Anda dengan baik? Mengenal organ tubuh manusia yang membentuk sebuah tubuh manusia akan membuat Anda lebih menjaga kesehahatan dengan baik. Untuk kali ini, mari berkenalan dengan organ bernama limpa.

Limpa merupakan organ tubuh manusia yang memiliki peran vital, namun sering kali tidak diperhatikan oleh sebagian besar orang. Limpa adalah sebuah organ vaskuler yang mengandung banyak cairan serta darah yang diedarkan ke seluruh bagian tubuh.

Seperti yang dikutip dari situs listdose.com, ukuran limpa sangatlah beragam. Namun, panjang rata-rata limpa orang dewasa yang sehat sekitar 12 cm dengan lebar 7 cm dan tebal 4 cm. Sedangkan berat limpa rata-rata pada orang dewasa yang sehat adalah sekitar 6 ons.

Limpa merupakan organ yang erat kaitannya dengan sistem peredaran darah manusia. Limpa berperan penting dalam mengenali dan mengganti sel darah merah yang telah rusak dan tua. Pada saat seseorang kehilangan darah, limpa akan segera mengirim darah untuk mengganti darah yang hilang.

Lebih lanjut, limpa juga bertugas untuk menghancurkan sel-sel yang telah rusak dan tua. Pada saat menghancurkan sel-sel ini, limpa menyaring zat besi dari sel-sel yang rusak yang masih dibutuhkan oleh tubuh.

Pada beberapa bulan di masa akhir kehidupan janin, limpa juga berperan dalam membentuk sel darah merah. Meskipun sering dilupakan, limpa ternyata memegang peranan yang sangat penting.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading