Sukses

Beauty

Inovasi Baru, Nanopartikel Beku Untuk Obat Kanker Otak

Inovasi dalam bidang kedokteran memang tiada habisnya. Nah, penemuan terbaru dalam bidang obat kanker otak datang dari Johns Hopkins University School of Medicine, Amerika Serikat.

Dilansir dari laman medicalnewstoday, penemuan yang dilandaskan pada teknologi NanoBio ini berhasil menemukan suatu teknik baru perawatan kanker otak, dimana teknik ini akan mengirimkan terapi gen ke dalam sel-sel kanker otak manusia menggunakan nanopartikel. Hebatnya, nanopartikel ini bisa dibekukan dan disimpan untuk digunakan nantinya, lho.

Nah, terapi nanopartikel ini dapat menyingkirkan kebutuhan kita terhadap terapi gen yang dimediasi oleh virus. Dibandingkan dengan terapi kimiawi konvensional tersebut, terapi baru ini akan lebih praktis, efektif, dan aman untuk digunakan.

Untuk mengembangkan pengobatan biologis ini, para peneliti pertama-tama mengkombinasikan beberapa molekul kecil secara sistematis untuk membangkitkan reaksi kimiawi yang akan menghasilkan beberapa polymer berbeda. Kemudian, mereka mencampurkan masing-masing polymer tersebut dengan DNA yang mengandung protein bercahaya.

DNA tadi akan terikat dengan polymer, dan akan membentuk partikel nano. Nah, masing-masing sampel ini kemudian dituangkan ke dalam stem-sel serta sel-sel tumor otak manusia. Setelah 48 jam, akan tampak beberapa sel yang bercahaya karena telah bekerja dengan nanopartikel tadi.

Dari sekian banyak sampel yang diuji, peneliti menemukan bahwa salah satu formulasi tertentu yang disebut dengan poly(beta-amino ester)nanopartikel dapat bekerja dengan baik baik terhadap glitoblastoma (tumor otak ganas paling umum) dan tumor otak stem-sel. Para peneliti kemudian membekukan nanopartikel tersebut, dan ditemukan bahwa mereka masih bisa bekerja dengan sempurna setelah tiga bulan penyimpanan.

Dikatakan, kelak penemuan ini bisa menyembuhkan kanker otak bahkan tanpa operasi, Ladies. Wah, kita doakan saja pengembangan riset ini berjalan lancar, ya!

Oleh: Adienda Dewi Saraswati

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading