Sukses

Beauty

Kemoterapi Bagi Penderita Kanker

Jika anda seorang pengidap kanker payudara atau sedang menjalani masa penyembuhan setelah operasi kanker payudara, banyak perawatan yang dapat anda jalani untuk mencapai kesembuhan. Salah satunya adalah kemoterapi.

Seperti yang dilansir oleh cancer.gov, kemoterapi adalah terapi perawatan kanker dengan menggunakan obat-obatan untuk menghancurkan sel-sel kanker. Saat ini, banyak jenis berbeda dari kemoterapi. Maka dari itu perasaan yang anda rasakan selama perawatan dapat berbeda dengan orang lain.

Kemoterapi akan menolong anda untuk menghacurkan sel-sel kanker yang ada pada tubuh anda, menghentikan perkembangan sel kanker, dan melambatkan pertumbuhan sel-sel kanker. kemoterapi bisa dijalani sendiri atau bersamaan dengan terapi dan perawatan lainnya.

Kemoterapi dapat membuat perawatan lain yang sedang anda jalani bekerja lebih baik. Contohnya, anda bisa menjalani kemoterapi sebelum atau setelah menjalani operasi atau terapi radiasi. Kemoterapi dapat diberikan melalui suntikan pada urat nadi, suntikan ke otot atau bagian lain tubuh anda, pil atau cairan yang anda minum, krim yang dioleskan ke kulit anda, dan sebagainya.

Jika anda ingin menjalani kemoterapi, anda sebaiknya mendiskusikan dengan dokter anda efek samping apa yang mungkin anda alami. Perawatan dan keadaan tubuh setiap orang berbeda, sebagian orang merasa baik dan dapat tetap menjalankan aktivitas sehari-hari mereka, namun sebagian orang merasa lebih lelah saat menjalani kemoterapi.

Pada saat ini, banyak efek samping kemoterapi yang dapat dikendalikan atau dihindari. Perawatan yang anda akan jalanipun disesuaikan dengan jangka waktu dimana anda tidak akan mendapatkan kemoterapi. Ini bisa saja setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan. Bagaimana, anda tertarik untuk mencoba?

Oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading