Sukses

Beauty

Sleeping Beauty, Tidur Lelap Berkualitas Tanpa Harus Menelan Pil Tidur

Jakarta Pekerjaan yang belum selesai, belum mengantuk atau tak ingin melewatkan acara TV kesayangan menjadi alasan untuk mengurangi jam tidur setiap malam. Rasanya seperti kembali ke zaman kecil dahulu, di kala orangtua memaksa kita agar segera pulang bermain untuk tidur siang di rumah. Menyebalkan? Kalau tahu manfaatnya, pasti kamu akan melakukannya dengan senang hati, bukan? 

Jam tidur malam punya seribu manfaat yang nggak boleh diabaikan oleh para perempuan kalau mereka ingin tampil awet muda untuk jangka waktu yang lama. Kalau soal manfaat, tak perlu dijelaskan lagi. Justru akibat kurang tidur inilah yang perlu kamu tahu supaya ke depannya kamu nggak berani lagi begadang untuk alasan apapun. Lebih baik simpan kerjaanmu untuk esok pagi, Fimelova. Coba perhatikan bahaya kurang tidur di bawah ini:

-  Mengurangi konsentrasi saat menyetir kendaraan diakibatkan mata yang lelah dan terlalu banyak menerima cahaya tanpa henti sejak pagi.

-  Penuaan kulit yang lebih cepat. Kantong mata yang terlalu berat serta kondisi di sekitar mata yang menghitam jadi salah satu penyebab kamu terlihat lebih tua dari umurmu yang seharusnya.

-  Obesitas. Hati-hati kalau kamu sering begadang, biasanya kamu jadi mudah lapar di malam hari dan berujung mengonsumsi mie instan yang sebetulnya punya kalori yang cukup tinggi.

-  Sering hilang fokus dan menjadi pelupa. Coba perhatikan seberapa sering kamu panik mencari ponselmu padahal kamu baru saja meletakkannya di dalam tas. Kalau sering, itu menandakan kamu kekurangan jam tidur.

Yang perlu kamu ketahui juga, seiring dengan bertambahnya usia, maka jam tidur yang dibutuhkan tubuh pun akan berbeda. 

Anak-anak (6-13 tahun) = 9-11 jam

Remaja (14-17 tahun) = 9-10 jam

Dewasa (18-64 tahun) = 7-9 jam

Lansia (65 tahun ke atas) = 7-8 jam

Memang nggak mudah mendapatkan jam tidur yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan usia. Apalagi kalau punya insomnia, sudah berusaha untuk tidur pun rasanya mustahil bisa terlelap. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sulit tidur. Coba deh menaikkan suhu temperatur kamar tidurmu. Suhu yang hangat akan membantu tubuh jadi lebih rileks dan memicumu jadi cepat pulas. Bisa juga dengan mematikan lampu kamar. Lampu kamar yang menyala membuat otot mata nggak beristirahat dengan maksimal, sehingga keesokan paginya pun kamu nggak mendapat manfaat penuh dari tidur yang kamu dapat. Cara paling mudah, semprotkan aromatherapy dengan wangi yang menenangkan di bantalmu. Nggak mungkin kalau kamu nggak tertidur pulas hanya dalam hitungan menit. Coba, yuk!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading