Cara Detoks Rambut yang Bisa Dilakukan untuk Atasi Masalah Kerusakan, Yuk Kembalikan Kesehatannya!

Wuri Anggarini diperbarui 28 Okt 2024, 16:09 WIB

Fimela.com, Jakarta Nggak hanya kulit yang memerlukan proses detoksifikasi, tapi perlu diterapkan juga untuk rambut demi menjaga kesehatannya. Sayangnya, masih banyak yang belum memahami cara detoks rambut dan manfaatnya untuk menjaga kilau alami rambutmu.

Seiring dengan gaya hidup sehari-hari dan kebutuhan untuk tampil paripurna, rambut menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang penampilan sehari-hari. Sayangnya, paparan polusi hingga penggunaan alat hairstyling bersuhu tinggi bisa menjadi salah satu faktor yang memicu kerusakan mahkota indahmu.

Di sinilah pentingnya melakukan perawatan rambut secara mendalam untuk menjaga helaiannya tetap sehat dan kuat. Lalu, seperti apa sih cara detoks rambut dan apa saja manfaatnya? Cek lebih jauh lewat artikel ini, Sahabat Fimela!

2 dari 5 halaman

Apa Itu Detoks Rambut?

Ilustrasi perempuan keramas. (c) geargodz/Depositphotos.com

Dilansir dari situs Healthline, detoks rambut adalah proses pembersihan mendalam untuk menghilangkan penumpukan produk, kotoran, minyak berlebih, dan residu bahan kimia dari rambut dan kulit kepala. Proses ini membantu mengembalikan kesehatan rambut secara keseluruhan, terutama bagi mereka yang sering menggunakan produk styling, bahan kimia, atau menghadapi masalah rambut yang sulit diatur.

Nggak hanya itu, perawatan ini juga penting untuk menjaga keseimbangan pH kulit kepala, yang berkontribusi pada kesehatan rambut jangka panjang. Dengan melakukan detoks, artinya memberi ruang bagi rambut dan kulit kepala untuk ‘bernapas’ kembali, menyerap nutrisi yang lebih efektif, membuatnya tampil lembut dan berkilau.

3 dari 5 halaman

Tanda Kamu Perlu Detoks Rambut

Ilustrasi rambut rusak. (c) pheung56/Depositphotos.com

Apakah setiap rambut memerlukan detoks? Jawabannya tergantung kondisi yang kamu alami. Tapi, ada beberapa tanda atau kriteria yang dianjurkan untuk segera melakukan detoks rambut. Apa saja?

1. Kondisi Rambut Sangat Kering, Kaku, dan Mengembang

Rambut yang kering dan sulit diatur sering kali menjadi tanda adanya penumpukan produk yang tidak terangkat sempurna. Banyak produk perawatan rambut mengandung silikon dan bahan kimia lainnya yang, jika digunakan terus-menerus, dapat menumpuk dan membuat rambut kehilangan kelembapan alami. Akibatnya, rambut menjadi rapuh, terasa kasar, dan tampak mengembang.

Detoks rambut membantu menghilangkan lapisan produk yang menempel ini sehingga rambut bisa lebih mudah menyerap kelembapan dari perawatan yang diberikan. Dengan demikian, kelembapan rambut akan terjaga lebih baik, dan rambut akan terlihat lebih halus dan berkilau.

2. Rambut Gatal dan Berminyak

Rasa gatal pada kulit kepala bisa disebabkan oleh penumpukan minyak alami, kotoran, dan residu produk styling yang menumpuk. Ketika kulit kepala terlalu lama tertutup oleh sisa-sisa ini, sirkulasi udara ke folikel rambut menjadi terbatas, dan kulit kepala lebih rentan mengalami iritasi atau infeksi.

Detoks rambut dengan produk yang tepat membantu membersihkan kulit kepala dari penumpukan berlebih, mengurangi rasa gatal, dan menjaga keseimbangan produksi minyak alami. Perawatan ini juga penting agar rambut tidak terlihat lepek dan berminyak, terutama bagi kamu yang memiliki jenis rambut berminyak.

3. Rambut Mengalami Kerontokan Parah

Kerontokan yang tidak wajar bisa menjadi tanda bahwa kulit kepala dan folikel rambutmu tidak dalam kondisi optimal. Penumpukan kotoran dan residu produk dapat menyumbat pori-pori kulit kepala, menghambat pertumbuhan rambut baru, dan membuat rambut rontok lebih banyak dari biasanya.

Dengan melakukan detoks rambut, pori-pori kulit kepala akan lebih bersih dan terbuka, sehingga rambut baru bisa tumbuh lebih sehat dan kuat. Kondisi tersebut juga membantu mengurangi kerontokan rambut karena detoks membuat rambut lebih mampu menyerap nutrisi yang diperlukan.

4 dari 5 halaman

Cara Detoks Rambut yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ilustrasi cara detoks rambut. (c) Goodluz/Depositphotos.com

Cara detoks rambut ternyata bisa dilakukan dengan sederhana lewat kebiasaan perawatan sehari-hari yang bisa kamu lakukan di rumah. Berikut ini beberapa hal yang bisa diterapkan jika ingin melakukan detoks rambut demi mengembalikan kesehatannya:

1. Pilih Shampo dengan Formula untuk Mendetoks dan Menutrisi Rambut

Jika ingin mendapatkan manfaat detoks yang maksimal, gunakan shampo yang mengandung bahan untuk membersihkan penumpukan produk, minyak, dan kotoraan. Misalnya bahan alami seperti charcoal atau cuka apel yang dikenal efektif dalam membersihkan rambut tanpa membuatnya jadi kering.

Bahan-bahan ini membantu menarik kotoran dari kulit kepala serta menjaga kelembapan rambut agar tidak kehilangan kilau alaminya. Menggunakan shampo detoks secara berkala akan membantu menjaga rambutmu tetap bersih dan sehat, apalagi jika kamu sering menggunakan produk styling.

2. Maksimalkan dengan Kondisioner yang Tepat

Tips Memilih Conditione Berdasarkan Tipe Ra,but / Freepik by look_studio

Setelah melakukan detoks dengan shampo, penting untuk mengembalikan kelembapan rambut dengan kondisioner yang mengandung bahan-bahan pelembap seperti lidah buaya atau minyak kelapa. Produk ini akan menutrisi rambut yang sudah bersih dari penumpukan, memberikan kelembutan dan kilau alami yang dibutuhkan rambut.

Dengan memilih kondisioner yang tepat, rambut akan terasa lebih lembut dan mudah diatur, serta lebih kuat dari risiko kerusakan. Produk perawatan yang satu ini dapat menutup kutikula rambut yang telah terbuka saat proses detoks, menjaga nutrisi tetap terkunci dalam rambut.

3. Hentikan Penggunaan Alat Styling Rambut

Kurangi pemakaian hair dryer. (c) Shutterstock/K-Angle

Penggunaan alat penataan rambut bersuhu tinggi seperti catokan dan hair dryer dapat menyebabkan rambut semakin rusak dan kehilangan kelembapan alami. Saat melakukan detoks, sebaiknya hentikan dulu pemakaian alat-alat ini. Tujuannya adalah memberikan waktu bagi rambut untuk pulih.

Dengan mengistirahatkan rambut dari alat-alat styling selama beberapa minggu, rambut akan lebih beristirahat dan berkurang risikonya dari kerusakan akibat panas. Kondisi ini juga membantu rambut mempertahankan elastisitas alaminya, membuatnya tampak lebih sehat dan berkilau.

4. Konsumsi Buah dan Sayur untuk Meningkatkan Kesehatan Rambut

Ilustrasi Mengonsumsi Makanan Sehat Credit: pexels.com/pixabay

Cara detoks rambut selanjutnya yang harus diperhatikan adalah perhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Sama seperti bagian tubuh yang lain, rambut menyerap nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, penting untuk selalu memperhatikan asupan nutrisinya lewat makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Perbanyak asupan buah seperti alpukat, stroberi, dan sayuran hijau kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk rambut. Nutrisi dari makanan ini akan diserap oleh tubuh dan disalurkan ke folikel rambut, memperkuatnya dari dalam. Mengonsumsi makanan sehat dapat mempercepat proses detoks rambut secara alami, meningkatkan kekuatan rambut, dan membuatnya tampak lebih berkilau. Nutrisi yang baik dari makanan juga mendukung pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

5 dari 5 halaman

5. Perbanyak Minum Air Putih

Ilustrasi minum air putih/copyright shutterstock.com/aslysun

Minum air putih merupakan salah satu cara detoks rambut yang nggak boleh dilewatkan, karena membantu pembuangan racun dari dalam tubuh. Nggak terkecuali racun yang bisa mempengaruhi kesehatan rambut. Kulit kepala yang terhidrasi dengan baik akan lebih sehat, mengurangi risiko ketombe dan kondisi yang kering.

Dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi, rambut juga akan terasa lebih lembut dan mudah diatur. Rambut yang terhidrasi juga cenderung lebih kuat dan berkilau, membantu mempercepat proses detoks.

6. Tambahkan Baking Soda ke dalam Shampo Saat Keramas untuk Manfaat Detoks Ekstra

Ilustrasi baking soda. (Foto: Unsplash.com/HowToGym)

Jika ingin melakukan cara detoks rambut yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan baking soda ke dalam shampo yang digunakan saat keramas. Baking soda memiliki sifat pembersih yang bisa membantu mengangkat residu produk dari rambut.

Namun, metode ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, karena baking soda bisa membuat rambut terlalu kering jika digunakan berlebihan. Cukup gunakan 1 kali dalam seminggu dan jangan lupa untuk memakai kondisioner setelahnya.

7. Hentikan Treatment Rambut dengan Bahan Kimia, seperti Hair Coloring atau Smoothing

Ilustrasi Rambut Sehat / Freepik by ansiia

Rambut yang sering mengalami treatment kimia adalah kriteria yang paling membutuhkan proses detoks. Jadi, maksimalkan cara detoks rambut yang sedang dilakukan dengan menghentikan pemakaian bahan kimia seperti pewarna dan pelurus rambut yang sering menjadi penyebab rambut rusak.

Memberikan waktu istirahat pada rambut dari proses kimia artinya membuat mahkotamu memulihkan kekuatan alami dan mengurangi risiko kerusakan lebih lanjut. Rambut yang bebas dari bahan kimia akan terasa lebih sehat dan kuat, terutama saat didukung dengan detoks yang rutin.

8. Eksfoliasi Kulit Kepala dengan Bahan yang Tepat

Manfaat dari garam ini sangat baik untuk tubuh kamu (Credit: Freepik/jcomp)

Maksimalkan cara detoks rambut yang dilakukan di rumah dengan rutin melakukan eksfoliasi kulit kepala. Perawatan yang satu ini bekerja untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. Menggunakan scrub alami seperti sea salt atau produk eksfoliasi khusus untuk kulit kepala bisa memberikan efek pembersihan yang menyeluruh.

Lakukan proses eksfoliasi ini sebulan sekali atau sesuai kebutuhan untuk menjaga kulit kepala tetap bersih dan sehat. Treatment tersebut dapat menjaga kulit kepala tetap sehat, sehingga pertumbuhan rambut akan lebih optimal dan kamu pun terhindar dari masalah seperti ketombe atau gatal.

9. Gunakan Masker Alami untuk Detoks Rambut

Ilustrasi rambut sehat. (c) Shutterstock/nelen

Masker alami dari bahan seperti lidah buaya, yogurt, atau minyak zaitun bisa memberikan detoks yang menutrisi rambut. Bahan-bahan ini membantu memperbaiki kerusakan rambut, melembutkan, serta memberikan kilau alami.

Untuk hasil terbaik, kombinasikan bahan-bahan tersebut menjadi masker rambut. Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala dengan cara memberikan pijatan lembut agar formulanya menyerap dengan maksimal hingga ke dalam kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas. Masker alami aman digunakan dan membantu rambut kembali sehat tanpa efek samping.

10. Tingkatkan Kesehatan Rambut dengan Pijat Kulit Kepala

Pijat kulit kepala. (c) Shutterstock/kei907

Pijat kulit kepala membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang penting untuk menjaga kesehatan rambut. Dengan pijatan ringan menggunakan ujung jari atau alat khusus, nutrisi yang dibawa oleh darah akan lebih mudah mencapai folikel rambut.

Selain itu, pijat kulit kepala juga membantu meredakan stres, yang sering menjadi salah satu penyebab kerontokan. Rutin melakukan treatment yang satu in akan membuat rambut lebih kuat dan sehat dari akar hingga ujung.

Maksimalkan perawatan di rumah dengan cara detoks rambut yang tepat mulai sekarang, yuk! Dengan melakukan proses pembersihan rambut secara menyeluruh, kamu bisa menjaga kesehatan rambut dengan lebih maksimal dan mengatasi masalah kerusakan yang muncul sebagai akibat dari gaya hidup sehari-hari. Selamat mencoba!