Merasa Waktu 24 Jam Sehari Tidak Cukup? Waspada Kamu Mengalami Burnout!

Wuri Anggarini pada 26 Okt 2024, 19:55 WIB

Fimela.com, Jakarta Rutinitas sehari-hari yang super padat tanpa waktu istirahat memang bisa memicu stres. Kalau hal ini berjalan secara berkepanjangan, bisa menyebabkan burnout, di mana stres semakin menumpuk yang membuat kamu merasa kewalahan, kelelahan, membenci pekerjaan, bahkan bisa memicu depresi jika tidak ditangani dengan baik dan segera. 

Banyak dari wanita yang sering merasa kesulitan menyeimbangkan tuntutan pekerjaan dan keluarga karena banyaknya peran yang dimiliki dalam kehidupannya. Seorang wanita bisa menjadi pekerja, istri, hingga ibu di mana mereka berusaha semaksimal mungkin membagi 24 jam dalam sehari untuk menjalankan berbagai peran yang dimiliki tersebut. 

Bahkan, wanita juga seringnya merasa tidak sempat atau lupa untuk berhenti sejenak dan mengambil waktu istirahat. Kelelahan atau burnout seringkali tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetap juga mental seorang wanita. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan produktivitas, kehilangan rasa percaya diri, dan bahkan mempengaruhi hubungan dengan orang-orang terdekatnya.

Oleh karena itu, penting sekali bagi para wanita untuk memiliki waktu istirahat sejenak dan memberi ruang bagi diri sendiri. Memberi waktu untuk kembali recharge sehingga bisa menjadi pribadi yang rileks dan lebih bahagia adalah kunci dari menjalankan hidup yang seimbang di tengah-tengah hiruk pikuknya dunia saat ini. Demi mencegah hal ini, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan. 

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

Lakukan Manajemen Waktu dan Kerja Sama Tim yang Baik Saat Bekerja

Ilustrasi team work. (c) fitztudio/Depositphotos.com

Seseorang bisa merasa burnout jika tidak bisa melakukan manajemen pekerjaannya dengan baik. Kamu bisa mengawalinya dengan melakukan manajemen waktu yang baik, yaitu dengan membuat daftar prioritas tugas dari urutan yang paling urgent terlebih dulu. Hindari multitasking dan fokus pada 1 tugas sebelum beralih ke tugas berikutnya. 

Selain itu, jangan lupa mengelola kerja sama tim yang baik saat bekerja. Nggak semua tugas harus kamu selesaikan sendiri. Delegasikan pekerjaan yang tidak bisa ditangani dan komunikasikan dengan tim saat kamu membutuhkan bantuan. Dengan begitu, pekerjaan akan menjadi lebih efektif dan meminimalisir dirimu mengalami kewalahan. 

3 dari 6 halaman

Sesekali Luangkan Waktu untuk Bertemu Teman yang Positif

Ilustrasi mengobrol dengan teman. (c) imtmphoto/Depositphotos.com

Beban pekerjaan di kantor hingga urusan rumah tentu bisa membuat wanita merasa stres. Jangan dipendam sendiri, karena bisa jadi ‘bom waktu’ yang memicu burnout. Sesekali sempatkan waktu untuk bertemu teman yang positif dan manfaatkan momen ini untuk saling bercerita atau meluapkan perasaan. 

Dilansir dari U.S. Centers for Disease Control and Prevention, orang-orang yang memiliki ikatan sosial yang kuat, baik itu dengan teman atau kerabat, memiliki mental yang lebih tangguh dibandingkan mereka yang jarang membangun koneksi bersama orang lain. Jadi, nggak ada salahnya menyempatkan waktu 1-2 jam setiap minggunya untuk berkumpul dengan sahabat untuk saling membagikan energi positif dan melepas stres yang ada. 

4 dari 6 halaman

Olahraga Rutin

Ilustrasi yoga. (c) KarArkaR/Depositphotos.com

Sesibuk apapun kamu, jangan lupa untuk selalu melakukan olahraga rutin ya! Ya, olahraga dapat membantu tubuh memproduksi hormon endorfin yang menyebabkan perasaan bahagia dan mengusir stres. Bahkan, The American Psychiatric Association merekomendasikan olahraga sebagai treatment untuk mengatasi depresi, lho.

Jadi, biasakan untuk melakukan olahraga ringan setiap harinya seperti jogging di sekitar rumah, bersepeda, atau melakukan yoga selama 30 menit. Selain bisa menjaga fisik tetap sehat, juga dapat mencegah kamu mengalami burnout

5 dari 6 halaman

Berikan Apresiasi pada Diri Sendiri

Ilustrasi menikmati makanan. (c) IgorVetushko/Depositphotos.com

Jangan lupa selalu ucapkan terima kasih pada diri sendiri atas kerja keras yang sudah dilakukan selama ini. Selain itu, kamu juga bisa memberikan apresiasi atau reward kecil sebagai bentuk rasa sayang pada diri setelah kamu menjalani berbagai aktivitas yang padat atau berat. 

Misalnya saja setelah bekerja hingga lembur karena adanya deadline di kantor, kamu bisa memberikan reward berupa comfort food favorit. Begitu pun ketika kamu berhasil menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah dan mengurus anak, berikan hadiah kecil seperti ke salon untuk creambath atau spa yang bisa memanjakan diri. Hadiah kecil ini bisa membantu kamu lebih happy dalam menghadapi berbagai kesibukan yang akan datang lainnya. 

6 dari 6 halaman

Sempatkan Waktu untuk Me Time Setiap Harinya

Ilustrasi quality time sambil menikmati Teh Cap Botol.

Setelah melalui seharian yang penuh aktivitas padat, sempatkan waktu untuk me time sebelum tidur di malam hari bisa jadi langkah kecil yang bikin happy. Lakukan kegiatan favorit seperti membaca buku atau menonton serial favorit sambil menikmati Teh Cap Botol yang memiliki rasa dan aroma melati otentik yang membuat me time kamu lebih rileks. 

Menyadari bahwa kebahagiaan seorang wanita itu dimulai dari dirinya sendiri, Teh Cap Botol menginisiasi program SERASI (Sewangi & Sesedap Teh Cap Botol, Wanita Selalu Menginspirasi) untuk memberikan fokus lebih bagi para wanita untuk bisa mengapresiasi diri sendiri dan menjadi bahagia di tengah-tengah multi peran yang dijalankan di kesibukan dan rutinitasnya. 

program SERASI (Sewangi & Sesedap Teh Cap Botol, Wanita Selalu Menginspirasi)

Saat ini, Teh Cap Botol sedang melakukan pencarian Sosok Wanita Inspiratif SERASI yang dilakukan di bulan September sampai November 2024. 10 sosok Wanita Inspiratif SERASI yang nantinya terpilih diharapkan akan bisa menjadi inspirasi dan bisa menularkan banyak inspirasi positif kepada lebih banyak wanita di Indonesia. 

Kamu merasa kenal dengan seseorang yang inspiratif? Mari menjadi bagian dari pencarian sosok Wanita Inspiratif SERASI dengan menominasikan sahabat/keluarga yang mempunyai kisah inspiratif. Dapatkan kesempatan Healing & Me Time Trip selama 3 hari 2 malam di Joglo Ageng, Tegal - Guci dan uang tunai dengan total 50 juta rupiah untuk 10 pasang pemenang.

Yuk, buruan daftarkan dirimu di www.wanitaserasitehcapbotol.com sebelum periodenya berakhir!