Trik Menjaga Kamar Mandi Selalu Wangi Segar, Bebas dari Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Wuri Anggarini diperbarui 25 Okt 2024, 15:01 WIB

Fimela.com, Jakarta Kamar mandi merupakan salah satu unsur penting di dalam rumah dan berpengaruh pada kenyamanan penghuninya. Meskipun letaknya terkadang cukup tersembunyi, yaitu di salah satu sudut rumah, tetapi kebersihan ruangan yang satu ini punya peranan penting untuk menciptakan suasana hunian yang menyenangkan. Soalnya, jika timbul bau tak sedap, aromanya bisa menyebar masuk ke dalam rumah yang bikin momen istirahat dan kumpul keluarga jadi nggak nyaman.

Lalu, apa saja sih cara yang bisa dilakukan untuk menjaga area ini selalu wangi segar dan bebas bau tak sedap yang mengganggu? Berikut ini beberapa trik jitunya, Sahabat Fimela!

What's On Fimela
2 dari 7 halaman

1. Bersihkan Secara Rutin

Ilustrasi membersihkan kamar mandi. (c) New Africa/Shutterstock.com

Kunci utama membuat kamar mandi di rumah selalu wangi segar adalah dengan menjaga kebersihannya. Jadi, pastikan buat jadwal untuk membersihkannya secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu. Kamu bisa menggunakan pembersih khusus toilet yang mengandung disinfektan agar kuman-kuman penyebab bau hilang. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan area yang sering terlupakan seperti bagian belakang dudukan toilet, wastafel, dan lantai di sekitarnya.

Membersihkan area ini secara rutin juga mencegah timbulnya noda membandel yang biasanya menjadi sumber bau tak sedap. Ketika proses ini berlangsung, gunakan sikat toilet dan pembersih yang sesuai agar hasilnya nggak hanya bersih di permukaan, tapi juga tuntas hingga ke sudut terkecil untuk meminimalisir sumber bau tak sedap.

3 dari 7 halaman

2. Jangan Simpan Handuk Lembap di Dalam Kamar Mandi

Ilustrasi handuk di kamar mandi. (c) Kaboompics.com/Pexels.com

Siapa nih yang terbiasa membiarkan handuk lembap yang sudah digunakan tetap tergantung di kamar mandi? Ternyata, benda inilah yang bisa jadi salah satu sumber bau tak sedap, lho! Serat handuk yang lembap bisa memicu pertumbuhan bakteri dan jamur yang kemudian menghasilkan bau tak sedap. Jadi, biasakan handuk yang sudah digunakan segera dijemur di tempat yang kering di luar toilet ya!

Selain itu, handuk yang tidak segera dikeringkan juga bisa menyebabkan kamar mandi terasa lebih pengap karena kelembapan udara yang meningkat. Maka dari itu, penting untuk menjaga setiap item di dalam kamar mandi tetap kering dan bersih.

4 dari 7 halaman

3. Gunakan Produk untuk Menyerap Bau Tak Sedap di Kamar Mandi

Ilustrasi kamar mandi. (c) Christa Grover/Pexels.com

Menggunakan produk penyerap bau bisa menjadi solusi praktis untuk menjaga kamar mandi tetap wangi. Beberapa jenis yang bisa kamu pilih antara lain karbon aktif, baking soda, atau gel penyerap bau yang kini sudah banyak dijual di pasaran. Produk-produk ini efektif dalam menyerap bau tidak sedap, sehingga toilet tetap segar meskipun sedang tidak digunakan.

Kamu bisa meletakkan penyerap bau ini di sudut-sudut kamar mandi, seperti di belakang pintu atau di area yang tidak terlihat tapi sering menjadi sumber bau. Produk penyerap bau ini juga tidak hanya membantu menyegarkan udara, tapi juga membuat toilet terasa lebih nyaman dan bebas dari udara pengap.

5 dari 7 halaman

4. Letakkan Tanaman Herbal

Ilustrasi lavender. (c) Brigitte Tohm//Pexels.com

Tanaman herbal seperti lavender, mint, atau rosemary bukan hanya menambah keindahan kamar mandi, tapi juga membantu menyegarkan udara secara alami. Selain itu, tanaman herbal juga memiliki kemampuan menyerap kelembapan, sehingga udara di toilet menjadi lebih segar.

Pilih tanaman yang mudah dirawat dan bisa hidup di ruangan dengan tingkat cahaya yang tidak terlalu terang. Selain membuat kamar mandi lebih wangi, keberadaan tanaman herbal ini juga bisa memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan.

6 dari 7 halaman

5. Pastikan Sirkulasi Udara Baik

Ilustrasi sirkulasi udara di kamar mandi. (c) Tim Gouw/Pexels.com

Sirkulasi udara yang baik sangat penting untuk menjaga kamar mandi tetap segar. Soalnya, jika area ini tidak memiliki ventilasi memadai akan membuat kondisinya cenderung lembap dan pengap. Inilah yang memicu bau tak sedap.

Namun jika kamar mandi tidak memiliki jendela, kamu bisa menggunakan exhaust fan untuk membantu mengeluarkan udara lembap dari dalam ruangan. Dengan sirkulasi udara yang baik, area ini akan lebih cepat kering setelah digunakan. Jadi, lebih mudah untuk dijaga kebersihannya dan tetap harum sepanjang waktu.

7 dari 7 halaman

6. Gunakan Lilin Aromaterapi atau Produk Pewangi Ruangan Lainnya

Ilustrasi lilin aromaterapi. (c) RDNE Stock project/Pexels.com

Lilin aromaterapi atau pewangi ruangan lainnya bisa menjadi cara efektif untuk menjaga kamar mandi tetap wangi. Kamu bisa memilih aroma segar dan ringan seperti lemon, eucalyptus, atau lavender yang tidak hanya memberikan wangi segar, tetapi juga menciptakan suasana rileks di dalamnya. Lilin aromaterapi ini bisa dinyalakan saat toilet sedang digunakan, atau sekadar diletakkan di pojok ruangan sebagai dekorasi.

Jika lebih suka produk yang praktis, pewangi ruangan dalam bentuk spray atau diffuser adalah pilihan yang tepat. Produk-produk ini memiliki berbagai aroma yang bisa disesuaikan dengan selera dan cara pemakaiannya juga lebih praktis.

Sekarang nggak perlu galau lagi dengan masalah bau tak sedap dari kamar mandi di rumah. Beberapa tips di atas bisa jadi panduan untuk menjaga kesegarannya, bikin rumah semakin nyaman kan!