9 Tampilan Kebaya Wakil Menteri Perempuan saat Dilantik oleh Prabowo, dari Veronica Tan hingga Menteri Termuda Dyah Roro Esti

Anisha Saktian Putri diperbarui 22 Okt 2024, 13:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Setelah melantik menteri kabinet merah putih pada pagi hari (21/10/24), Presiden Prabowo Subianto yang didampingi Wakilnya, Gibran Rakabumi Raka kembali melantik Wakil Menteri pada sore harinya di Istana Negara.

Dalam susunan kabinet merah putih, terdapat pula sembilan perempuan yang mengisi jabatan wakil menteri. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan jumlah menteri perempuan yang hanya lima orang.

Saat pelantikan, para wakil menteri perempuan pun tampil mengenakan kebaya dipadukan kain dengan beragam model dan warna. Siapa saja mereka? Mari kita bahas

 
 
2 dari 10 halaman

Ribka Haluk

Wakil Menteri Ribka Haluk. [Youtube Sekneg]

Ribka Haluk ditunjuk Prabowo menjadi Wakil Menteri dalam Negeri yang akan membantu menteri Tito Karnavian. Ribka merupakan perempuan pertama duduk di kursi Penjabat Gubernur Papua Tengah. Ia juga seorang birokrat Indonesia.

Saat pelantikan ia tampak elegan mengenakan kebaya putih dipadukan selendang dan bawahan kain warna merah dengan motif rumah khas Papua. Ia juga menyematkan bros emas pada selendangnya.

 
3 dari 10 halaman

Ni Luh Puspa

Wakil menteri Ni Luh Puspa. [@gracenat]

Ni Luh Puspa dipercaya menjadi Wakil Menteri Pariwisata mendampingi Widyanti. Diketahui perempuan asal Bali ini merupakan seorang presenter berita di salah satu televisi nasional. 

Berfoto bersma Grace Natalia yang juga pernah menjadi presenter berita, Ni Luh tampil tampilan sarba pink saat pelantikan. Ia mengenakan kebaya brokat pink kutu baru dipadukan belt pita fuschia dan menyematkan bros silver. Dipadukan kain songket Bali warna senada. Tampil cantik dengan anting-anting subengnya. 

 
4 dari 10 halaman

Veronica Tan

Wakil Menteri Perempuan saat Dilantik oleh Prabowo. [@veronicatan_official]

Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) diisi oleh Veronica Tan, ia akan membantu Arifatul Choiri Fauzi. Setelah bercerai dengan Ahok. Veronica memiliki bisnis kuliner dan bidang jasa. Ia juga aktif dalam kegiatan sosial.

Saat pelantikan, Veronica Tan memilih mengenakan kebaya panjang model kutu baru warna baby blue dipadukan selendang merah. Ia pun menyematkan bros pada bagian depan kebaya. Serta mengenakan obi biru dan bawahan kain batik putih.

 
5 dari 10 halaman

Christina Aryani

Christina Aryani wakil menteri. [Youtube Setneg]

Christina Aryani ditunjuk Prabowo sebagai Wakil Menteri Perlindungan Pekerja Migran/BP2MI mendampingi mendampingi Abdul Kadir Karding  Dia merupakan politikus Partai Golkar. Ia juga anggota DPR RI. 

Saat pelantikan dirinya memilih tampil dengan kebaya brokat hijay emerlad dipadukan selendang kuning bros keemasannya. Dengan mengenakan bawahan kain batik coklatnya. Melengkapi tampilannya dengan perhiasan kalung dan anting-anting keemasannya. 

 
6 dari 10 halaman

Dyah Roro Esti

Dyah Roro Esti wakil menteri. [@dyahroroestiwp]

Dyah Roro Esti Widya Putri resmi dilantik sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Kabinet Merah Putih periode 2024-2029. Politikus asal Golkar itu, disebut menjadi wakil menteri termuda dalam kabinet Prabowo-Gibran. Ia lahir 25 Mei 1993 dan kini usianya menginjak 31 tahun saat dipercaya mendamping Menteri Perdagangan Budi Santoso.

Saat pelantikan, Dyah Roro mengenakan kebaya coklat berpayet dengan kancing depan. Dipadukan selendang kain coklat disematkan bros emas. Dipadukan kerudung putih berlace. 

 
7 dari 10 halaman

Stella Christie

Stella Christie wakil menteri. [Youtube Setneg]

Stella Christie akan mendampingi Prof. Dr. Ir. Satryo Soemantri Brodjonegoro sebagai Wakil Menteri Pendidikan Tinggi Sains dan Teknologi. Stella merupakan akademisi di bidang cognitive science dan Guru Besar Tsinghua University, China. Ia merupakan lulusan Red Cross Nordic United World College, Norwegia, Fakultas Psikologi Harvard University, dan Doktoral di bidang psikologi kognitif di Northwestern University, Amerika Serikat.

Saat pelantikan dirinya tampil mengenakan kebaya encim berbordir warna beige dipadukan kain dan bawahan kain wastra nusantara. 

 
8 dari 10 halaman

Isyana Bagoes Oka

Isyana Bagoes Oka wakil menteri. [@isyanabagoesoka]

Isyana Bagoes Oka kini menjabat sebagai Wakil Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga mendampingi Wihaji. Sebelim menjadi politikus PSI, ia merupakan jurnalis di salah satu televisi nasional. 

Saat pelantikan ia mengenakan kebaya merah berpayet dan berbordir. Dipadukan belt kain songket dengan bros keemasan dipadukan bawahan kaon songket warna colorful. Ia pun mengenakan anting subengnya. 

 
9 dari 10 halaman

Diana Kusumastuti

Diana Kusumastuti wakil menteri. [Youtube setneg]

Diana ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU). Sebelumnya, dia menjabat sebagai Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Tata Ruang. Saat pelantikan, ia mengenakan kebaya panjang warna navy dihiasi bros warna keemasan. Dan kalungnya.

 
10 dari 10 halaman

Irene Umar

Irene Umar wakil menteri. [Youtube Setneg]

Irene Umar ditunjuk sebagai Wakil Menteri Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif. Ia memiliki pengalaman di perbankan yang melebar ke ekonomi kreatif, terutama game, teknologi, dan blockchain.

Saat pelantikan, Irene mengenakan kebaya encim putih dengan bordiran biru. Dipadukan bawahan kain bercoraknya.