OOTD 5 Menteri Perempuan Baru di Kabinet Merah Putih, Kenakan Kebaya hingga Baju Kurung Saat Dilantik Prabowo di Istana Negara

Anisha Saktian Putri diperbarui 21 Okt 2024, 16:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Prabowo Subianto resmi menjadi Presiden Republik Indonesia didampingi wakilnya, Gibran Rakabuming Raka. Di hari pertama bekerja, Prabowo lantik 48 menteri yang masuk Kabinet Merah Putih.

Pelantikan para menteri digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024). Para menteri pun sudah hadir sejak pagi, terlihat para menteri pria mengenakan jas warna hitam dipadukan dasi biru muda. Sedangkan untuk menteri perempuan mengenakan kebaya.

Diketahui, pada Kabinet Merah Putih memiliki lima menteri perempuan. Siapa saja mereka? Dan bagaimana tampilan mereka saat pelantikan? Yuk intip.

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani salah satu Menteri Perempuan Baru di Kabinet Merah Putih Saat Dilantik Prabowo. [@smindrawati]

Sri Mulyani Indrawati kembali dipercaya menjadi Menteri Keuangan di kabinet Merah Putih. Nama Sri Mulyani sudah tidak asing lagi, ia telah menjadi menteri sejak Kabinet Indonesia Bersatu pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas.

Namun setelahnya, Sri Mulyani dipindahkan menjadi Menteri Keuangan hingga Mei 2010.Di masa akhir jabatannya, Sri Mulyani memilih karir di tingkat internasional sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Namun pada tahun ketiga pemerintahan Jokowi, Sri Mulyani ditarik kembali ke Indonesia untuk menduduki lagi posisi Menteri Keuangan hingga berakhirnya era Jokowi. Kini, Sri Mulyani pun menduduki jabatan yang sama di era Prabowo.

Saat dilantik, ia pun mengajak keluarganya. Sri Mulyani tampil mengenakan baju kurung warna coklat dipadukan selendang batik dan bros silver. Serta bawahan kain batik coklatnya.

Melengkapi tampilannya dengan kalung. Ia pun mengenakan mules heels warna putih. Rambutnya ditata rapi ke belakang.

 

3 dari 6 halaman

2. Arifatul Choiri Fauzi

Arifatul Choiri Fauzi salah satu Menteri Perempuan Baru di Kabinet Merah Putih Saat Dilantik Prabowo. [Youtube MPR]

Arifatul Choiri Fauzi dipercaya mengisi posisi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menggantikan I Gusti Ayu Bintang Darmawati pada era Jokowi. Diketahui, Arifatul Choiri Fauzi merupakan Sekretaris Umum Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (PP Muslimat NU) dan aktif sebagai anggota Komisi Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (Infokom MUI).

Setelah resmi dilantik sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Arifah akan bekerja didampingi oleh Veronica Tan, sebagai Wakil Menteri PPPA.

Saat pengumuman menteri, Arifatul mengenakan atasan batik berkerah dipadukan kerudung coklat. Dipermanis dengan kalung layering putih.

Sedangkan saat pelantikan, terlihat di antara menteri lainnya ia mengenakan kebaya hijau dipadukan kerudung pinknya.

Arifatul Choiri Fauzi salah satu Menteri Perempuan Baru di Kabinet Merah Putih Saat Dilantik Prabowo. [Youtube MPR]
4 dari 6 halaman

3. Widiyanti Putri Wardhana

Widiyanti Putri Wardhana salah satu Menteri Perempuan Baru di Kabinet Merah Putih Saat Dilantik Prabowo.. [Dok. Istimewa]

Menggantikan Sandiaga Salahuddin Uno, Widiyanti Putri terpilih menjadi Menteri Pariwisata pada era Presiden Prabowo. Bukan sebagai politikus, Widiyanti  mengawali kariernya sebagai pengusaha, salah satu pendiri PT Teladan Resources yang memayungi berbagai unit usaha di sektor agribisnis, energi, industri, properti, dan media. 

Melansir Antara, saat ini ia menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) PT Teladan Resources, setelah sebelumnya ia juga pernah memegang posisi direktur di PT Teladan Prima Agro (TPA) dari 2012 hingga 2021, sebelum akhirnya diangkat menjadi komisaris. Kini ia pun memilih mundur dari jabatannya setelah sah menjadi menteri.

Di hari pelantikannya, Widiyanti tampil elegan mengenakan kebaya kutu baru hitam senada dengan selendang panjangnya. Dipadukan bawahan kain batik serta heels gold.Melengkapi tampilannya dengan kalung mutiara waena hijau mint serta bros di selendangnya.

Ia pun tampak mengenakan anting-anting. Dengan gaya rambut sanggulnya. 

5 dari 6 halaman

4. Meutya Hafid

Meutya Hafid salah satu Menteri Perempuan Baru di Kabinet Merah Putih Saat Dilantik Prabowo. [@meutya_hafid]

Meutya Hafid dipercaya Prabowo menjadi  Menteri Komunikasi dan Digital menggantikan Budi Arie Setiadi.

Sebelum terjun ke politik, perempuan asal Bandung ini merupakan seorang jurnalis televisi. Hingga akhirnya ia dipilih sebagai Ketua Komisi I DPR RI periode 2019-2024 dan berasal dari daerah pemilihan Sumatra Utara I. Dan kembali terpilih sebagai anggota DPR RI untuk periode 2024-2029 di dapil yang sama.

Saat pelantikan ia pun memboyong suami dan putrinya. Meutya tampil elegan mengenakan kebaya brokat ungu senada dengan selendang polos dihiasi bros keemasan dengan permata ungu. Melengkapi tampilannya dengan bawahan batik coklat. Serta anting-anting keemasan senada dengan model brosnya. 

6 dari 6 halaman

5. Rini Widyantini

Rini Widyantini salah satu Menteri Perempuan Baru di Kabinet Merah Putih Saat Dilantik Prabowo. [@nita_sepnita]

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) diisi oleh Rini Widyantini menggantikan Abdullah Azwar Anas. Karirnya berawal dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) hingga akhirnya ditarik untuk dilantik menjadi Menteri PANRB. Rini memulai karier di Kementerian PANRB sebagai analis kebijakan pada Asisten Deputi Urusan Pelaksanaan Kebijakan pada 2 Juli 1997.

Saat dilantik, Rini tampil mengenakan kebaya kutu baru panjang warna hitam dipadukan kerudung warna hijau. Melengkapi tampilannya dengan selendang batik dan bawahan batik pula. Ia mengenakan heels tertutup transparan warna hitam.