Indonesia Design Week 2024 Kembali Digelar Bertujuan Mendorong Kolaborasi dan Inovasi Dalam Industri Desain

Anisha Saktian Putri diperbarui 16 Okt 2024, 12:01 WIB

Fimela.com, Jakarta Indonesia Design Week (IDW)2024 digelar pada berlangsung dari 10 hingga 20 Oktober di Pantai Indah Kapuk. Melalui acara ini, Indonesia Design District (IDD) siap mendorong industri home and living di Indonesia menciptakan kolaborasi, inovasi, serta keberlanjutan dalam komunitas desain. 

IDD berupaya untuk mengubah citranya dari sekedar ruang gayahidup ritel menjadi pusat desain yang dinamis dan hidup untuk sektor home and living—sebuah pusat yang secara aktif menghubungkan para pemangku kepentingan, mendorongkolaborasi, dan menggerakkan pertumbuhan yang berkelanjutan. 

Peluncuran IDW akanmelambangkan transformasi ini, menyediakan platform global bagi para profesional industri,pengrajin, desainer, dan konsumen untuk terlibat dalam dialog serta kemitraan yangbermakna.

Salah satu tujuan utama IDD adalah untuk mengedukasi pasar lokal tentang berbagai aspekdesain, termasuk desain interior, bahan bangunan, dan tekstil. Dengan menyatukan para ahlidan penggemar desain, IDD bertujuan untuk menjembatani kesenjangan pengetahuan danmemperkenalkan tren serta inovasi terbaru. Acara ini menampilkan bagaimana desain tidakhanya mempengaruhi estetika, tetapi juga keberlanjutan dan fungsionalitas. 

Acara ini menandai awal era baru, di mana desain di Indonesia tidak hanya terbatas padaproduk dan ruang, tetapi juga merangkul masa depan yang berkelanjutan, inovatif, dankolaboratif.

2 dari 2 halaman

Berkolaborasi dengan kurator Alvin Tjitrowirjo dan Santi Alaysius

Indonesia Design Week 2024 Kembali Digelar. dok. Indonesia Design District

Selain menghadirkan rangkaian acara yang menarik, IDW juga menjalin kolaborasi dengankurator ternama, termasuk Alvin Tjitrowirjo dan Santi Alaysius. Alvin merupakan seorangdesainer produk kenamaan asal Indonesia yang telah memenangkan berbagai penghargaan. Karyanya juga telah dipamerkan di berbagai pameran dunia, mulai dari Maison et Objet diParis, Salone del Mobile di Milan, Italia, hingga DesignArt Tokyo.

Ia juga dikenal dengan cirikhasnya dalam memadukan sentuhan khas lokal dalam desain furnitur internasional. Berkatpendekatan inovatifnya, deretan karyanya diapresiasi oleh industri desain global. 

Begitu pula dengan Santi Alaysius, salah satu pendiri Domisilium Studio, yang telah meraihberbagai penghargaan atas desainnya untuk hotel Waldorf Astoria Chicago. Lulusan ArtInstitute of Seattle dan Illinois Institute of Art ini telah menangani proyek-proyek bergengsi,termasuk rumah Jennifer Lopez di New York, Kosenda Hotel Jakarta, dan Artotel Yogyakarta. 

Dengan kreativitas visionernya, Santi konsisten menorehkan namanya di kancah desainglobal, sekaligus menetapkan standar baru bagi industri kreatif Indonesia yang terusberkembang. 

Turut memeriahkan event ini, para tenan IDD juga berpartisipasi dan menggelar berbagaiprogram acara dan instalasi seni di masing-masing galeri mereka.

Selain itu, kegiatankomunal juga akan berlangsung di beberapa IDD event space, seperti Town Hall, Market Hall,dan Mandapa Hall sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman event IDW yanginklusif. Mulai dari workshop, roundtable discussion, design talks, hingga instalasi interaktifdan pameran, setiap rangkaian acara akan menonjolkan potensi beragam dari lanskapdesain Indonesia.